banner 728x250

Membuat Countdown Timer Soal Online Google Drive Dengan Aba-Aba Javascript

  • Share
banner 468x60

Pada posting sebelumnya sudah aku bahas bagaimana cara memberi batas-batas waktu pada soal online yang dibuat dengan google formulir yang ada pada google drive, fitur memberi batas-batas waktu ini bahu-membahu juga belum menjawab harapan para pengguna google formulir, yakni berupa cita-cita memberi batas-batas waktu dengan tanda waktu mundur mirip halnya pada soal online yang dibuat dengan aplikasi quiz creator. Disamping itu, fitur batas-batas waktu ini juga hanya tersedia jika kita menggunakan instruksi acara dari pihak ketiga yang terintegrasi dengan google formulir.

Saya bahwasanya masih suka memakai aplikasi ispring quiz creator yang memiliki fitur lengkap, suport HTML5 sehingga mampu diakses dengan perangkat handphone, (anda mampu menyaksikan koleksi soal online dengan ispring quiz creator di: TIK Sekolah Menengah Pertama Kelas 9, untuk soal-soal menggunakan aplikasi ispring quiz creator), aplikasi ini menyediakan fitur batasan waktu dengan perkiraan waktu mundur, berbagai model soal tersedia di aplikasi quiz creator, hanya saja Guru condong disibukkan dikala mau merekap hasil pekerjaan siswa, alasannya laporan terkirim ke email guru satu persatu, atau mesti mengevaluasi satu persatu tiap komputer siswa, disamping itu dikala aplikasi soal online mau dionlinekan akan butuh tempat penyimpanan/ hosting berbayar.

banner 336x280

Dengan banyak sekali pendapatdiantaranya akomodasi pembuatan soal opsi ganda, pengelolaan rekap hasil pekerjaan siswa, dan tentunya gratis selamanya, hasilnya untuk “saat ini” aku putuskan memaksimalkan google formulir untuk pembuatan soal online yang bisa dipakai selaku latihan siswa, mengerjakan soal-soal banyak sekali mata pelajaran, ulangan harian siswa, dll.

Salah satu keinginan aku saat ini adalah bagaimana cara menciptakan countdown timer soal online sehingga siswa akan tahu waktu pengerjaan soalnya, saya coba cari fitur-fitur di google drive, ternyata belum tersedia, lalu cari dikode komplemen dari pihak ketiga, ada yang menyediakan, tetapi modelnya bukan terintegrasi ke google drive, dan ini kurang menarik menurut saya, dan karenanya untuk mengobati impian ini, saya dapatkan instruksi java script countdown timer di stackoverflow.com, dengan sedikit editan suplemen css supaya sesuai cita-cita saya, jadinya Anda mampu melihat pola akhirnya pada artikel soal online Perguruan Tinggi Swasta BTIK disinianda bisa menyaksikan countdown timer  yang saya atur 20 menit, akan berlangsung mundur dikala soal online dengan google drive ini dibuka, dan terlihat terintegrasi dengan soal online google drive ini.

Jika anda berminat menggunakan Kode javascript  countdown timer ini, tentukan bahwa anda mampu menyematkan instruksi soal online di blog atau web anda, sebab instruksi ini melakukan pekerjaan tidak langsung di google drive, melainkan bekerja dikala diletakan di blog/ web, lalu untuk soal onlinenya anda pilih metode cantumkan, perhatikan langkah-langkahnya selaku berikut:

  1. Buatlah soal online mirip umumdi google drive, dengan menentukan fitur google formulir, sehabis final anda buat, silahkan anda klik tombol kirim/ send dan pilih sematkan HTML, dan copy script soal online yang ada.
  2. Login ke blog anda, dan buka entri gres/ posting gres, 
  3. Copy isyarat javascript dan isyarat css berikut di kolom postingan blog anda, tentukan dalam mode HTML (BUKAN compose):
    Waktu Pengerjaan: 20:00 menit!

  4. Kode javascript cuntdown timer dan arahan css di atas, yang perlu anda rubah adalah yang saya beri warna merah dan biru, untuk warna merah silahkan anda ganti dengan kode soal online anda, sedangkan untuk warna biru silahkan anda ganti dengan angka sesuai kebutuhan anda, acuan di atas yakni 20 menit. Contoh penerapan di blog, mampu anda lihat di gambar berikut:
  5. Klik publikasikan untuk menerbitkan soal online.

Mungkin pertanyaanya, apa yang hendak terjadi kalau waktu habis dan soal belum tamat dijalankan?

Jawabanya tidak ada agresi apa-apa bila anda hanya memakai arahan javascript countdown timer di atas, alasannya adalah memang kode diatas terpisah dengan soal online google drive ini. paling tidak dengan adanya countdown timer ini, bisa memberi batas-batas atau tanda pada penerima bimbing dalam menjalankan soal online yang telah anda buat di google drive ini.

Saya yakin, seiring berjalannya waktu google akan terus mengupdate fitur-fitur di google drive, dan kesudahannya hingga pada fitur sesuai dengan harapan kita selaku pengguna google formulir fitur kuis ini.

Demikian cara membuat Countdown Timer Soal Online Google Drive dengan Kode Javascript, Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
Baca juga:  Panduan Pengelolaan Situs Web Sekolah Dengan Cms Formulasi
banner 120x600
  • Share