banner 728x250

Masuk Ekosistem Grab – Emtek, Bukalapak Fasilitasi Pinjaman untuk UMKM – Startup – lagikepo.com – LAGIKEPO

  • Share
Masuk Ekosistem Grab - Emtek, Bukalapak Fasilitasi Pinjaman untuk UMKM - Startup Katadata.co.id
banner 468x60



LAGIKEPO |

Grab dan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) memperkuat ekosistem dengan menggaet Bukalapak dalam program Festival Kota Mapan. Bukalapak pun menggandeng teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) Modalku untuk memberikan pinjaman kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

banner 336x280

Mitra UMKM Bukalapak bisa memanfaatkan pinjaman dari Modalku hingga Rp 500 juta. Lama pinjaman atau tenor bisa mencapai 60 hari.

Untuk mendapatkan pinjaman, mitra perlu masuk ke layanan BukaPengadaan. Pelaku UMKM kemudian bisa memilih produk pinjaman, seperti invoice financing atau PO financing.

“Fasilitas ini memberikan tambahan pilihan pembiayaan bagi pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19,” kata Direktur BukaPengadaan Hita Supranjaya mengatakan bahwa kolaborasi dengan Modalku dalam siaran pers, Rabu (18/8).

Pelaku UMKM  juga dapat mengakses laman Modalku secara langsung untuk mengajukan pinjaman. “Bersama BukaPengadaan dari Bukalapak, kami berkomitmen memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis dalam hal pengadaan barang,” ujar Head of Growth and Partnership Modalku Arthur Adisusanto.

Selain Modalku, BukaPengadaan dari Bukalapak menggandeng penyelenggara fintech lending lain seperti Modal Rakyat dan Alami. Dengan Modal Rakyat, BukaPengadaan memfasilitasi pinjaman kepada UMKM hingga Rp 2 miliar.

Dengan fintech lending syariah Alami, Bukalapak menyediakan fasilitas pendanaan syariah ke mitra dan pelanggan BukaPengadaan.

Tahun lalu, BukaPengadaan ditunjuk sebagai mitra operator oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dalam meningkatkan kapabilitas UMKM menjadi penyuplai untuk pengadaan pemerintah. Selain itu, bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk mendistribusikan 50 ribu bantuan.

Selama pandemi corona, BukaPengadaan mencatatkan pertumbuhan produk terjual dua kali lipat.

Bukalapak digaet oleh Grab dan Emtek dalam program Festival Kota Mapan. Acara ini akan digelar pada September.

Grab, Emtek, dan Bukalapak memperkuat ekosistem lewat integrasi layanan. Bukalapak akan terintegrasi dengan GrabExpress. Lalu produk video on-demand (VoD) Vidio.com masuk ke platform Grab.

Baca juga:  Waspada! Sistem Keamanan Rumah Kini Rawan Dijebol Hacker!

Mereka juga menerapkan strategi bundling atau paket untuk beberapa layanan. Salah satunya, konsumen bisa mengakses GrabFood dengan promo subscription Vidio.com atau layanan lainnya.

President Director Bukalapak Rachmat Kaimuddin menyampaikan bahwa perusahaan sudah lama bermitra dengan Grab. “Banyak kerja sama dari sisi logistik, costumer product, dan lainnya,” kata dia saat konferensi pers virtual terkait IPO Bukalapak, dua pekan lalu (6/8).

Selain itu, Emtek merupakan salah satu investor Bukalapak. “Kami berharap bisa melanjutkan (kerja sama) dengan Emtek sebagai satu ekosistem, dan teman-teman lain, termasuk Grab,” katanya.

Namun ia tidak memerinci bentuk kerja sama yang mungkin digarap oleh Bukalapak dengan Emtek dan Grab dalam waktu dekat.

2021-08-18 07:39:00

Source link

banner 336x280
banner 120x600
  • Share