banner 728x250

Mapel Tik Kembali Hadir Di Kurikulum 2013 Dalam Rancangan Gres

  • Share
banner 468x60


Mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sempat dihilangkan dalam Kurikulum 2013 dan diganti namanya menjadi Bimbingan TIK karena banyak sekali usulanmulai dari pertimbangan kemudahan yang tidak merata diseluruh Indonesia, dan juga dianggapnya mapel TIK tidak butuhdiajarkan di Sekolah, belajar TIK mampu sendiri di rumah, sehingga mengakibatkan kekhawatiran yang terus menerus dirasakan Guru TIK, mulai dari kekalutan akan nasib akseptor bimbing yang akan sangat minim dalam menerima materi TIK, juga kegundahan para Guru TIK yang banyak beralih fungsi mulai dari Guru menjadi Tenaga Administrasi alasannya adalah tidak menerima jam mengajar, ada juga yang menerima jatah mengajar yang tidak seharusnya diajar guru TIK mirip harus mengajar mata pelajaran Prakarya yang isinya banyak menciptakan kerajinan dan masak-mengolah makanan, Penjas Orkes, atau mata pelajaran lain yang bertambah jumlah jamnya dalam kurikulum 2013.

Menurut Kepala Balitbang Kemdikbud Ir. Totok Suprayitno, Ph.D bahwa mata pelajaran TIK akan berubah nama menjadi mata pelajaran “INFORMATIKA”, isi dari Mapel Informatika selaku wujud mapel TIK periode kini adalah Computational Thinking dengan materi STEM Computer Science / Coding / Computer Programming.

banner 336x280

Wow keren ya….?

Meskipun mapel Informatika ini bukan mapel wajib dan hanya menjadi opsi bagi sekolah-sekolah yang siap dengan computational thinking, mapel Informatika akan jadi lebih keren buat siswa, dan dibutuhkan mampu lebih baik kedepannya dalam mengimbangi laju teknologi yang sangat cepat meningkat ini, “KHUSUSNYA” siswa yang memang telah memiliki dasar wacana dunia komputer, atau siswa yang memang di rumahnya sudah memiliki komputer sendiri.

Bagaimana dengan siswa yang berasal dari sekolah pelosok, siswa dari keluarga yang kurang bisa? jangankan memiliki komputer sendiri, melihat dan mengenal komputer juga baru dinikmati pada jenjang pendidikan menengah pertama (Sekolah Menengah Pertama)?

Untuk menjawab pertanyaan ihwal nasib siswa yang sama sekali baru mengenal komputer di jenjang SMP, tentu Sekolah melalui Guru TIK-nya harus bisa menyesuaikan situasi dan kondisi di lingkungan sekolah masing-masing, jikalau memang peserta bimbing baru mengenal komputer, ya gampang saja kenalkan dahulu saja dari dasar, mirip bagaimana cara menyalakan dan mematikan komputer  yang benar, bagaimana cara memegang mouse yang benar, kenalkan juga acara-program office, gres sesudah itu mulailah mengenalkan dunia pemrograman dari yang sederhana. Tidak perlu repot dan serius-serius menanggapi persoalan ini, yang jelas Guru TIK mesti bisa bersyukur alasannya status selaku Guru TIK akan kembali jelas.

banner 336x280
Baca juga:  Ingin Menerima Uang Dari Blog / Situs Web, Baca Ini Dahulu
banner 120x600
  • Share