banner 728x250

Mapel Informatika Pengganti Tik Dijatah 2 Jam Pelajaran Perminggu

  • Share
banner 468x60

Guru mata pelajaran teknologi isu dan komunikasi kesannya mampu kembali masuk kelas sehabis 5 (lima) tahun gundah dengan statusnya. Pemerintah memutuskan menghadirkan kembali mapel TIK namun dengan konsep dan nama gres yakni INFORMATIKA.

Rencananya mapel Informatika ini akan dipraktekkan untuk jenjang SMP dan SMA sederajat mulai tahun pedoman baru 2019/2020.

banner 336x280

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (PUSKURBUK) Kemendikbud Awaluddin Tjalla menjelaskan, di jenjang SMP Informatika 2 jam pelajaran per minggu sedangkan di jenjang SMA Informatika masuk klasifikasi mata pelajaran opsi dengan takaran 2 hingga dengan 3 jam pelajaran perminggu.

Ada sejumlah tantangan dalam penerapan mapel informatika di antaranya ialah Jumlah guru yang hanya sekitar 40.000 orang, dari jumlah itu guru Informatika yang bersertifikasi serta linier jalur kuliahnya cuma sekitar 20.000 orang, itu artinya baru separohnya saja, di satu sisi belum ada penambahan guru CPNS gres untuk mengisi mata pelajaran Informatika nantinya.

Saat ini Kemendikbud masih mempersiapkan dokumen implementasi mata pelajaran Informatika yaitu berbentukkompetensi dasar mapel Informatika yang masih yang terus dikaji, divalidasi dan diuji coba. namun masih belum ditentukan Apakah mapel Informatika ini akan langsung dipraktekkan secara menyeluruh atau dijalankan secara bertahap.

Masih banyak yang mesti diperhitungkan pemerintah selaku pengambil kebijakan, antara segera mengeluarkan permendikbud tentang penerapan mapel Informatika, dan nasib BTIK, bisa timbul beberapa kemungkinan dihapusnya permendikbud no 45 wacana BTIK dan menggantinya pribadi dengan mapel informatika, atau membiarkan pelaksanaan BTIK dan menimbulkan mapel Informatika sebagai mapel pilihan.

Harapannya dengan lahirnya mata pelajaran Informatika ini para siswa tidak lagi belajar cara memakai komputer seperti pada saat mata pelajaran masih bernama TIK, namun para siswa harus bisa memecahkan dilema berpikir kritis berinovasi serta membangun jiwa kolaborasi Untuk mempergunakan teknologi.

Baca juga:  Download Perangkat Pembelajaran K13 Ips Smp Kelas 8

Untuk kepastiannya tentu saja mari kita tunggu permendikbud wacana mata pelajaran (mapel) Informatika diberlakukan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share