Manfaat Memakai Domain .Com Atau .Net Untuk Blogging

Diposting pada
Manfaat dotcom dan dotnet

Di Indonesia pengguna internet sudah mencapai 72,7 juta orang. Mereka memakai internet untuk banyak sekali keperluan dari sekedar membaca informasi dan informasi, bermedia sosial, mencari hiburan, mencari hal-hal yang gres dan belum dimengerti sampai menulis di blog atau yang lebih dikenal dengan istilah Ngeblog

Ngeblog bagi saya sudah menjadi bab tidak terpisahkan dalam kehidupan sehar-hari. Setiap hari minimal satu artikel yang saya tulis di blog pribadi atau blog komunitas. Perasaan menyerupai ada yang kurang pada ketika sehari saja tidak ngeblog. 

Walaupun ada kalanya saya tidak sempat menulis satu artikel pun lantaran banyak sekali acara yang sangat padat lantaran saya berprofesi sebagai guru. Juga lantaran sedang berada di luar rumah, ada pembinaan kependidikan, ada program tertentu, sampai ketika kesulitan mengakses internet atau ketika laptop sedang bermasalah maka sanggup dipastikan tidak ada postingan satu pun pada hari itu.
Postingan pertama berisi soal uji kompetensi

Awal mula saya ngeblog pada bulan Maret 2009 lalu, bahwasanya gara-gara ingin menyampaikan kiprah kepada penerima didik saya waktu saya mengajar di salah satu Sekolah Menengah kejuruan Perhotelan di Indramayu. Artikel pertama yang saya tulis pun perihal soal Uji Kompetensi Sekolah Menengah kejuruan (Sekolah Menengah Kejuruan). 
Artikel tersebut ternyata mendapat antusiasme yang tinggi tidak hanya dari penerima didik sendiri melainkan dari penerima didik dan guru dari sekolah lain melalui mesin pencari Google. Melihat hal tersebut semakin bertambah semangat untuk ngeblog. 
View terbanyak dari postingan pendidikan

Meningkatnya jumlah pengunjung blog dari puluhan ke ratusan sampai puluhan ribu pengunjung, belum menciptakan saya berpuas diri malahan semakin ingin tau dengan dunia blogging. Apalagi sesudah membaca tulisan-tulisan dari blog orang lain dan sering mengikuti kodar (Kopi darat) blogger dari kawasan lain, yang menyampaikan bahwa dari blog itu sanggup mendapat penghasilan. Baik dari job review, iklan, jual beli online dan lain sebagainya. 
Tetapi tidak semua blog sanggup mendapat job review, atau mendapat iklan lantaran banyak brand atau perusahaan yang menyeleksi blog-blog tertentu dengan banyak sekali persyaratan. Syaratnya selain pengunjung blognya ramai, juga kategori blognya sesuai yang diinginkan oleh brand atau perusahaan, dan yang paling utama blognya harus berdomain top level baik Dotcom atau Dotnet.
Google Adsense

Begitu juga ketika kita ingin mendaftar Google Adsense, blog yang berdomain lebih dipercaya dan cepat disetujui oleh Google bila sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku bila dibandingkan blog yang masih gratisan. Sehingga bila blog kita ingin didaftarkan ke Google Adsense maka disarankan untuk memakai top level domain terlebih dahulu. 
Karena alasan tersebut maka pada bulan Nopember 2019 karenanya saya menetapkan untuk membeli top level domain Dotcom untuk blog saya. Saya memakai nama sendiri Didno76 sebagai personal branding. Didno diambil dari nama orisinil saya dan 76 diambil dari tahun kelahiran saya. Awalnya ingin memakai domain didno.com tetapi nama domain tersebut sudah ada yang menggunakan. 
Domain dotcom

Blog yang semula gado-gado pun, perlahan-lahan mulai ditata dan fokus pada kategori blog gadget dan tekno plus pendidikan. Kategori pendidikan tidak saya hilangkan lantaran beberapa faktor selain profesi utama saya sebagai guru juga lantaran pengunjung dari goresan pena perihal pendidikan justru yang paling banyak pengunjungnya.

Saya mulai merasa asyik dengan dunia blog sesudah mengikuti lomba blog Cirebon Blogger Competition dan berhasil mendapat pengalaman yang sangat menyenangkan dengan memenangi lomba blog tersebut dan mendapat hadiah pertama berupa sebuah netbook. Selepas itu saya menjadi kecanduan untuk menulis blog dan mengikuti lomba blog.

Job review dari luar negeri

Selain mengikuti lomba blog, saya juga mulai mendapat proposal job review baik dari dalam maupun dari luar negeri, dari banyak sekali brand baik melalui pihak ketiga atau secara pribadi melalui e-mail. Rasanya sangat bahagia ketika pertama kali mendapat job review.

Menjadi blogger juga ternyata mengasyikan apalagi sering mendapat seruan atau mendapat hadiah berupa jalan-jalan ke luar daerah. Beberapa kali saya mendapat seruan dan juga hadiah berupa jalan-jalan menyerupai ke Belitung, Bali, Purwakarta, Semarang, Surabaya dan lain sebagainya.

Jalan-jalan ke banyak sekali kota di Indonesia gara-gara blog

Sebelum menjadi blogger, tidak terbayang sanggup keliling Indonesia apalagi memakai pesawat terbang gratis hanya bermodalkan tulisan. Tetapi dengan kemauan dan ketekunan ternyata sanggup mengubah semuanya termasuk sanggup keliling beberapa pulau di Indonesia.

Kini walaupun ilmu perihal blog masih sedikit tetapi ilmu tersebut sudah saya bagikan melalui pelatihan-pelatihan yang saya adakan melalui Komunitas Blog yang saya pimpin yakni Komunitas Blogger Indramayu. Berbagai pembinaan blog untuk pelajar, mahasiswa, guru, dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) pernah saya lakukan untuk memanfaatkan internet dalam hal yang positif.

Pelatihan blog untuk guru dan umum di Indramayu

Sebenarnya ada banyak sekali alasan kenapa saya lebih memakai domain dotcom dan kategori blog gadget dan tekno plus pendidikan. Berikut ini alasan penting dan keuntungannya memakai dotcom atau dotnet untuk blog :
Manfaat Dotcom atau Dotnet untuk Blogging
  1. Lebih dipercaya. Blog yang sudah berdomain Dotcom atau Dotnet lebih dipercaya oleh orang atau pembaca apalagi blog tersebut dipakai untuk mencari uang menyerupai jual beli online, menjual layanan jasa, dan lain sebagainyanya. Domain dotcom memang dipakai untuk tujuan komersial lantaran com sendiri merupakan singkatan dari commercial. Sementara untuk Dotnet, dipakai untuk situs network (jaringan) lantaran net merupakan abreviasi dari network. Domain Dotnet ini tentu sangat cocok untuk web jejaring sosial ataupun lembaga di internet. Dengan domain tersebut brand atau perusahaan akan lebih percaya untuk menyampaikan job. review atau memasang iklannya di blog kita. 
  2. Lebih profesional. Orang akan menilai blog itu profesional atau tidak, selain dilihat dari artikel-artikelnya yang original (asli tidak “copas”) dan menarik. Selain itu profesional tidak blog tersebut sanggup dilihat dari ekor blog tersebut. Apakah blognya masih memakai perhiasan blogspot, wordpress, wix atau sudah memakai domain sendiri. Saat melihat blognya sudah berdomain maka anggapan orang atau pengunjung bahwa blog tersebut sudah dikelola secara profesional. Karena pemiliknya sudah mengeluarkan biaya untuk membeli domain, atau mungkin juga membeli templatenya (tampilan blognya) dan juga mengatur supaya blognya lebih lezat dipandang dan cepat terindeks oleh mesin pencari. Apalagi di blog kita tersedia beberapa kata kunci yang diharapkan maka banyak brand atau perusahaan yang akan memasang iklan atau menyampaikan job review. Tetapi jangan lupa untuk menarik brand atau perusahaan memasang iklan di blog kita jangan lupa tulis identitas diri kita dalam “tentang kami” sebagai pemilik blog atau alamat email bila brand dari dalam dan luar negeri yang ingin berafiliasi dengan blog kita. Tentunya sesudah ada akad harga antara brand dan pemilik blog sebelum job review atau pemasangan iklan dibentuk atau dipublikasikan. 
  3. Lebih gampang diingat. Blog dengan top level domain menyerupai dotcom dan dotnet akan membantu pengunjung untuk mengingat nama blog tersebut. Karena namanya tidak terlalu panjang tidak menyerupai blog yang masih gratisan yang masih ada perhiasan di belakangnya menyerupai blogspot, wordpress, webs, wix, blogdetik dan lain sebagainya. Oleh alasannya itu ada baiknya menciptakan blog dengan nama yang gampang diingat supaya pembaca atau pengunjung blog lebih cepat hafal dan gampang dikenal. 
  4. Lebih cepat terindeks mesin pencari. Jika dibandingkan antara blog yang berdomain dan gratisan, blog yang berdomain lebih cepat terindeks oleh Google atau mesin pencari lainnya. Sehingga posisi blog kita lebih terkenal dan berada di halaman depan dibandingkan dengan blog yang masih gratisan. Apalagi kita sudah sanggup memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) di mesin pencari sehingga posisi goresan pena kita akan berada di halaman pertama mesin pencari yang otomatis akan meningkatkan jumlah pembaca di blog kita.
  5. Lebih aman. Bagi blogger yang sudah berdomain tentu Anda akan merasa kondusif dengan kebijakan platform situs penyedia layanan blog yang sering membanned (melarang) blog kita menampilkan iklan penyedia jasa iklan. Alasannya lantaran tidak sesuai dengan T.O.S (Term Of Service) atau Syarat dan ketentuan yang mereka tetapkan. Dengan domain berbayar yang kita miliki, semua dilema tersebut akan sanggup terhindari. 
  6. Lebih Keren. Dengan memakai blog berdomain tentu kelihatan lebih keren dibandingkan blog yang belum berdomain. Bahkan kita sanggup memamerkan blog yang sudah berdomain tersebut dengan menciptakan kaos yang dicetak di kaos, jaket atau bahkan menciptakan stiker sebagai sarana promosi blog kita supaya dikenal oleh masyarakat luas. 
  7. Investasi. Investasi bukan hanya berupa tanah, rumah atau di pasar modal saja, tetapi juga  dalam hal domain. Sekarang banyak blogger yang mencari domain yang potensial berharga tinggi atau mahal dalam beberapa waktu yang akan datang. Maka tidak heran ada beberapa blogger yang membeli domain tertentu untuk dijual kembali dengan harga yang sangat tinggi. 
Di Indonesia ada banyak penyedia jasa layanan pembelian domain untuk banyak sekali keperluan menyerupai UKM (Usaha Kecil dan Menengah), e-commerce atau blog. Salah satunya ialah layanan Dotcomforme. Layanan pembelian domain ini menyampaikan harga terbaik dengan sistem pembayaran yang gampang tidak hanya memakai kartu kredit tetapi memakai transfer bank. 

Layanan pembelian domain Dotcomforme juga merupakan kerjasama antara TRAM Digital Works dengan IDWebhost dan JogjaCamp yang merupakan registar domain ternama di Indonesia yang sudah terbukti kredibilitasnya. Kaprikornus kini sudah waktunya bagi Anda untuk mengubah blog Anda menjadi dotcom atau dotnet silakan membeli di Dotcomforme dengan memakai instruksi promosi blog100.

Sumber gambar : 
Dotcomforme dan dokumen pribadi