Macam-Macam Batas Lempeng Bumi Berdasarkan Para Ahli

Diposting pada
Macam-macam Batas Lempeng Bumi Menurut Para Ahli | Kepulauan Indonesia apabila dilihat dari tinjauan geologisnya berada di pertemuan antara tiga lempeng tektonik yaitu lempeng Eurasia, lempeng Hindia–Australia, dan lempeng Samudra Pasifik. Hal inilah yang memungkinkan posisi Indonesia sangat rentan terjadi gempa bumi baik secara vulkanik ataupun tektonik.
Menurut hebat geologi, ada tiga macam batas lempeng, yakni divergen, kovergen, dan sesar.
1. Batas Lempeng Divergen
Batas antarlempeng disebut divergen apabila lempenganlempengan kulit bumi bergerak ke arah yang saling berlawanan, sehingga sanggup mengakibatkan naiknya magma ke permukaan. Naiknya magma ke permukaan sanggup mendesak permukaan bumi, sehingga memungkinkan terjadinya pembentukan lapisan permukaan baru.
2. Batas Lempeng Konvergen
Batas lempeng bumi disebut konvergen apabila lempenganlempengan saling bertumbukan, sehingga salah satu lempeng tertekuk dan masuk ke bawah lempeng lainnya. Salah satu pola terjadinya gempa akhir pergerakan lempeng secara konvergen yaitu gempa bumi yang menjadikan terjadinya gelombang tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam pada 26 Desember 2004.
3. Batas Lempeng Sesar
Selain batas lempeng divergen dan konvergen, lapisan-lapisan kerak bumi juga memiliki lempeng yang berbatasan sejajar dan selalu bergerak.
Apabila lempengan-lempengan bumi saling bergesek dalam posisi yang sama datar, disebut batas lempeng sesar. Gerakan lempeng sesar terjadi apabila kedua lempeng yang saling berbatasan bergerak saling berlawanan secara sejajar.

Demikian pembahasan mengenai Macam-macam Batas Lempeng Bumi Menurut Para Ahli, biar sanggup bermanfaat.
Sumber acuan :

Suprihartoyo, Djuminah, Esti Dwi Wardayati. 2019. Ilmu Pengetahuan Sosial 1 : untuk Sekolah Menengah Pertama dan MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
bse.kemdikbud.go.id