Lirik Dan Video Lagu Dasadarma

Diposting pada
Lirik dan video lagu pramuka Dasadarma. Lagu berjudul dasadarma (dasa dharma) ini merupakan salah satu lagu pramuka yang arransement dikemas secara kontemporer. Hal inilah yang menyebabkan lirik dan syair lagu ini sangat cocok bagi anggota pramuka yang nota bene kawula muda.
Sesuai judulnya, lagu yang dicipta dan dinyanyikan oleh grup musik Thankyou ini berkisah perihal poin-poin dalam dasadarma. Bahkan kesepuluh poin dasadarma dituliskan secara gamblang dalam lirik lagu ini. Dengan itu lagu ini akan menyegarkan ingatan para pramuka akan poin-poin dalam dasadarma pun sanggup memotivasi para anggota gerakan pramuka untuk mempraktekkan nilai-nilai yang terkandung dalam dasadarma tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, lagu pramuka Dasadarma sanggup menjadi media sosialisasi yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat umum yang belum mengenal pramuka.
Dasadarma sendiri merupakan sepuluh ketentuan adab (bagian dari kode kehormatan) bagi pramuka penggalang, penegak, pandega, dan anggota pramuka dewasa. Kesepuluh ketentuan adab ini menjadi pemikiran perilaku, kewajiban, hukum dasar, dan kebajikan yang wajib dilaksanakan oleh setiap anggota pramuka golongan penggalang, penegak, dan pandega dan anggota cukup umur baik di dalam maupun di luar acara pramuka. Selengkapnya mengenai Dasadarma baca artikel: Dasadarma (Dasa Dharma ).
 yang arransement dikemas secara kontemporer Lirik dan Video Lagu  Dasadarma

Lirik dan Video Lagu Dasadarma

Sebagaimana telah disampaikan di awal tulisan, lirik lagu ini sangat sempurna untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam dasadarma bagi segenap anggota Gerakan . Apalagi dikemas dengan aransemen musik yang lebih kontemporer.
Namun agak disayangkan terdapat lirik lagu perihal suara dasadarma yang urutannya kurang sesuai. Adalah dasadarma keenam dan kedelapan yang urutannya saling terbalik, entah disengaja atau bukan. Pun sepertinya untuk menyesuaikan dengan aransemen terdapat beberapa poin dasadarma yang terpaksa dipenggal (tidak utuh).
Adapun video lagu pramuka berjudul Dasadarma tersebut ialah sebagai berikut:

Sedangkan lirik lagunya ialah sebagaimana berikut:
Dasadarma
Nyala nyala api kita 
Seru dasadarma
Bangkit Indonesia
Tegakkan jiwamu
Getarkan dunia
Semangat Pancasila
Taqwa kepada Tuhan
Cinta alam dan kasih sayang
Patriot yang sopan dan ksatria
Patuh dan suka bermusyawarah
Rela menolong dan tabah
Disiplin berani dan setia
Hemat cermat dan bersahaja
Rajin terampil dan bergembira
Bertanggung jawab dan sanggup dipercaya
Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan
Ayo muda mudi kita galakkan dasadarma
Untuk maju bangsaku untuk maju Indonesia kita tercinta
Mari satukan tekadmu hormati benderamu
Maju majulah maju maju Indonesia
Ayo tepuk
Semua tepuk
Mari semuanya tepuk pramuka
Terlepas dari beberapa kekurangan yang dipunyainya, lagu ini tetap menjadi sebuah karya berharga bagi pramuka. Saya yakin akan memperlihatkan manfaat yang besar dalam mengenalkan pramuka dan kepramukaan terhadap masyarakat umum serta menanamkan nilai-nilai dasadarma pada setiap anggota Gerakan .