banner 728x250

Lebih Mutakhir! Inilah 10 Fitur Telegram Yang Belum Dimiliki Whatsapp

  • Share
banner 468x60

Beberapa ahad yang lalu Aplikasi WhatsApp mengeluarkan kebijakan yang cenderung merugikan pengguna, yakni ketentuan dan kebijakan privasi modern untuk pengguna. Salah satu hal penting dari kebijakan gres ini yaitu WhatsApp membagikan data pengguna dengan Facebook. Data yang dibagikan tersebut meliputi Phone Number, Email Address, Contacts, Coarse Location, Device ID, User ID, Advertising Data, Purchase History, Product Interaction, Payment Info, Crash Data, Performance Data, Other Diagnostic Data, Customer Support, Product Interaction, Other User, Content, Metadata.

Kebijakan tersebut tentu akan menyebabkan pro dan kontra, imbas buruknya WhatsApp jadi ditinggalkan penggunanya, banyak yang beralih ke aplikasi alternatif lain mirip telegram dan signal.

banner 336x280

Berkah buat aplikasi telegram karena berdasarkan gosip yang dipublikasikan pihak telegram, aplikasi chatting telegram kebanjiran pengguna gres, dalam 72 jam terakhir ada 25 juta pengguna gres, wow… mantabb bukan? dan sekarang mempunyai 500 juta pengguna aktif.

Telegram surpassed 500 million active users. In the past 72 hours alone, more than 25 million new users from around the world joined Telegram.

Secara teknis sebenarnya antara WhatsApp dan Telegram mempunyai kesamaan, ialah sama-sama selaku aplikasi chatting. Namun, dari segi fitur kedua aplikasi ini memiliki beberapa perbedaan. Pada postingan kali ini aku akan sajikan 10 Fitur Telegram yang belum dimiliki WhatsApp.

1. Multiple Account/ Banyak Akun dalam satu Aplikasi

Fitur canggih dan keren yang pertama ini ialah mengelola banyak akun dalam satu aplikasi (dikala ini maksimal 3 nomor berlawanan dalam satu aplikasi), anda bisa menyaksikan contoh pada performa layar di atas, aplikasi telegram yang aku install di laptop ini saya tambahkan satu akun gres dengan nomor berlawanan, dan saya beri nama berbeda pula, informasipesan akan terus masuk, dan anda mampu dengan mudah beralih dari satu akun ke akun yang lain, tentu saja fitur ini gak bakalan ada di WhatsApp.

2. Multiple Device/ Aktif di banyak perangkat

Nah, fitur keren yang kedua ini terperinci tidak akan anda temui di WhatsApp, kecuali suatu ketika nanti WhatsApp mengganti sistemnya, fitur yang tergolong saya sukai ini yakni dapat masuk ke Telegram dari sebanyak mungkin perangkat yang Anda suka pada ketika yang bersama-sama. Cukup gunakan nomor ponsel utama Anda untuk masuk ke mana pun, dan kerennya adalah ponsel utama anda tidak mesti aktif dan terkoneksi internet setiap ketika. Hal ini tentu berlainan kalau anda menggunakan WhatsApp di banyak perangkat yang mengharuskan ponsel utama tetap terkoneksi internet.

3. Telegram Bot

Telegram bot yakni sebuah bot atau robot yang diprogram dengan banyak sekali perintah untuk melakukan serangkaian isyarat yang diberikan oleh pengguna. Telegram bot ini mampu dibuat oleh pengguna individu, perusahaan atau bahkan pihak telegram sendiri, dengan banyak sekali fungsi dan tujuan. Contoh telegram bot yang dibuat oleh Mung Media, botnya diberi nama @mungbot, bot ini mampu menyambut member baru di group telegram, merespon kata kunci tertentu baik dengan teks maupun dengan gambar,  dll, Ada juga telegram bot yang dibuat untuk menawarkan berita cuaca, bot untuk pembelajaran, dan masih banyak lagi yang lain, anda cukup cari saja di penelusuran telegram telegram bot sesuai dengan harapan anda.

4. Group Super Jumbo

Anda tidak perlu cemas dikala menciptakan group di telegram, karena telegram mendukung sampai dengan 200.000 anggota group, tidak seperti group di WhatsApp yang hanya memuat maksimal 257 orang saja.Wow..!! mantapp bukan?

5. Secret Chat/ Obrolan Rahasia

Telegram memiliki fitur unggulan berjulukan Secret Chat. Ruang obrolan di Secret Chat bahwasanya sama saja dengan ruang dialog biasa, bedanya yakni Secret Chat memiliki metode keamanan berlapis yang mengurangi ruang obrolan disusupi, dan juga Secret Chat ini tidak tersimpan di servernya telegram, dan akan terhapus otomatis sesuai pengaturan yang ditentukan pengguna.

6. Server proxy

Masih berkaitan dengan fitur ke-2 di atas, kepedulian Telegram terhadap privasi pengguna tidak berhenti di fitur obrolan rahasia saja. Lebih lanjut, Telegram juga menawarkan pilihan bagi pengguna untuk menertibkan server proxy yang mampu menyembunyikan lokasi pengguna layaknya VPN. Untuk mengaturnya, pengguna hanya perlu pergi ke Settings > Data Storage > Proxy Settings, lalu memasukkan detail yang diperlukan.

7. Chat Folder 

Salah satu fitur aplikasi Telegram yang tidak dimiliki oleh aplikasi jenis lain yaitu anda bisa menciptakan pengelompokan chat dengan fitur folder. Selayaknya penyimpanan di komputer, anda bisa mengelompokkan grup dan akun ke dalam folder tertentu. Dengan adanya fitur ini, bagi anda pengguna telegram yang mempunyai banyak group dan sobat, mampu dengan mudah membuat folder dengan kategori sesuai dengan keperluan. Misalnya anda ingin memisahkan antara sobat sekolah, sahabat seprofesi, kumpulan group hoby, dll. Setelah sukses menciptakan folder, Telegram akan membuat sebuah tab baru yang mampu anda pilih dengan gampang.

8. Slow Mode

Slow Mode memungkinkan admin group untuk menghalangi adanya pesan spam di dalam grup. Dengan Slow Mode, admin grup dapat mensetting waktu tunggu dari setiap pengantaran pesan oleh anggota group.

9. Schedule Messages dan Chat Senyap

Fitur Telegram yang ke sembilan ini yaitu Schedule Messages dan Send Without Sound. Dengan Schedule Messages, pengguna dapat menjadwalkan pesan yang ingin dikirim, berdasarkan tanggal dan waktu. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya perlu mengetik pesan yang mau dikirim, kemudian, tekan agak lama ikon kirim pesan sampai opsi Schedule Messages atau Send Without Sound tampil. Jika menggunakan Schedule Messages, pilih jam dan tanggal untuk pesan ini dikirim. Sedangkan Send Without Sound akan langsung mengirim pesan tanpa suara notifikasi di penerima.

10. Kirim Dokumen Tanpa Kompresi

Dengan fitur ini pengguna bisa mengirim beragam jenis dokumen dengan ukuran orisinil atau tanpa kompresi. Baik dalam bentuk foto, video, dokumen, rekaman bunyi dan file lainnya, semua bisa diantardengan kualitas terbaik. Batasan maksimal ukuran file yang mampu diantardi telegram adalah 2GB. Wow ini betul-betul mantapp!.

Nah, keren dan canggih kan fitur-fiturnya? selamat menggunakan aplikasi telegram yang keren dan mutakhir ini, Semoga bermanfaat.

banner 336x280
Baca juga:  Review Film Trumbo (2015), Fenomena Narrative Transportation
banner 120x600
  • Share