Kepengurusan Kwarnas, Periode Bakti 2003 – 2019 : Visi, Misi Dan Strategi

Diposting pada
Visi, Misi & Strategi Kepengurusan Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2003-2019

Visi:
Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah-masalah kaum muda. 

Misi:

1. Mempramukakan kaum muda

  • Yang dimaksud dengan mempramukakan tidak berarti bahwa seluruh kaum muda itu dimasukkan sebagai anggota Gerakan Pramuka tetapi lebih pada tataran jiwa dan sikap kaum muda yang sesuai dengan pramuka sebagai bab dari masyarakat Indonesia.

2. Membina anggota yang berjiwa dan berwatak Pramuka, berlandaskan akidah dan taqwa
    (Imtaq)  serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

  • Bahwa semua sendi jadwal pendidikan yang dilaksanakan Gerakan Pramuka harus dilandaskan pada akidah dan taqwa dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga apapun yang dilakukan perlu mengikuti perkembangan yang diubahsuaikan dengan kebutuhan pada eranya.

3. Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang mempunyai jiwa bela negara.

  • Gerakan Pramuka mempunyai salah satu kiprah yakni menyiapkan kader bangsa sehingga dibutuhkan adanya pendidikan yang khusus. Untuk itu, disadari bahwa perlunya pendidikan bela negara sebagai bab dari kebutuhan bangsa dan negara.

4. Menggerakkan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka biar peduli dan tanggap 
    terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.

  • Hal ini dilakukan untuk memantapkan jati diri Gerakan Pramuka melalui isyarat kehormatannya dan sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan pada lingkungan sekitarnya.

Strategi:

1. Meningkatkan gambaran Pramuka

  • Hal ini dibutuhkan untuk sanggup lebih dipahami dan sekaligus diminati oleh kaum muda untuk sanggup ikut berpartisipasi di dalamnya dan sekaligus sanggup menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi secara internal dan eksternal Gerakan Pramuka.

2. Mengembangkan aktivitas kepramukaan yang sesuai karakteristik dan minat kaum muda

  • Hal ini dibutuhkan alasannya yaitu Gerakan Pramuka pada hakikatnya yaitu aktivitas kaum muda yang mempunyai karakteristik dan minat yang khas, dan sekaligus sebagai motivasi bagi anggota Pramuka dalam mengisi diri untuk selanjutnya dikembangkan sebagai bab dari pembagian terstruktur mengenai jadwal Pramuka secara menyeluruh.

3. Mengembangkan Program Pramuka Peduli

  • Bahwa jadwal aktivitas Pramuka Peduli dimaksudkan untuk membuat kader yang mempunyai sopan santun sosial dan dedikasi masyarakat yang tinggi dalam rangka kepedulian terhadap banyak sekali persoalan kemasyarakatan.

4. Memantapkan organisasi, kepemimpinan dan sumber daya Pramuka

  • Bahwa untuk meningkatkan kiprah dan fungsi organisasi secara struktural dibutuhkan adanya konsolidasi yang baik dan teratur dan mendapat penyegaran organisasi sehingga dengan sendirinya akan kuat pada kepemimpinan dan kesiapan sumber daya Pramuka.

Sumber :

  • Renstra Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2003 – 2019