banner 728x250

Kenapa Saya Menulis Di Wikipedia?

  • Share
banner 468x60

Saya suka sekali dengan acara menulis. Selain menulis di blog dan situs netizen, aku juga aktif menulis artikel di wikipedia Bahasa Indonesia. Sebenarnya sih aku udah tertarik menulis di wikipedia sejak pertengahan kuliah. Namun aku gres menetapkan untuk bergabung menjadi salah satu kontributor pada September 2017. 

Kalau ditanya permulaan awalnya gimana, jawabannya adalah sebab aku pengen pergi ke Jerman selama sebulan! Eh, maksudnya?

banner 336x280

Kaprikornus, sekitar 3 tahun lalu Wikimedia Indonesia berkolaborasi dengan Goethe-Institut menyelenggarakan Proyek Ganesha, sebuah kompetisi menulis postingan bertemakan ilmu sosial di wikipedia. Enggak mirip persaingan menulis pada umumnya yang sekali nulis pribadi final, proyek ganesha ini terdiri dari 10 misi yang harus dilalui oleh setiap peserta dalam waktu kurang lebih selama 3 bulan. 

Saya suka sekali dengan kegiatan menulis Kenapa Saya Menulis di Wikipedia?
Malam penganugerahan Proyek Ganesha Wikipedia 2017 (dokpri/difoto oleh Linz)

Setiap misi memiliki tantangan yang berlawanan-beda. Semakin tinggi misinya maka makin sukar tantangan yang harus dituntaskan. Berhubung sponsornya yaitu Goethe, maka pada beberapa misi setiap peserta wajib menulis postingan ihwal Jerman.

Yang bikin menawan, kado dalam Proyek Ganesha ini bukan kaleng-kaleng. Bagi satu orang pemenang terbaik akan menerima hadiah berupa kesempatan mencar ilmu bahasa Jerman selama sebulan di Jerman pribadi. Semua ongkos yang diperlukan akan ditanggung. Wow!

Pas tahu hadiahnya ke Jerman, aku mupeng dong. Tergiur dengan kado yang disediakan, aku pun menetapkan untuk ikut kompetisinya. Namun alasannya saya belum paham sama gimana caranya menulis di wikipedia, saya lalu mengikuti wikilatih yang ketika itu diadakan pada September 2017. Wikilatih sendiri yakni suatu pembinaan menulis bagi kontributor wikipedia, umumnya ditujukan bagi pemula. 

Saya suka sekali dengan kegiatan menulis Kenapa Saya Menulis di Wikipedia?
Wikilatih 2017 (dok. Wikimedia Indonesia)

Singkat cerita, saya sukses menuntaskan 10 tantangan yang diberikan. Atas raihan tersebut, saya terpilih sebagai salah 1 dari 7 orang yang masuk akhir sehingga berhak mengikuti malam penanugerahan para juara dan finalis yang berlangsung pada Februari 2018 di Goethe-Institut. 

Nah, dari situlah aku mulai berkenalan dengan wikipedia dan sudah menulis beragam postingan di sana. Sejak itu, aku sering membagikan pranala artikel wikipedia yang dibentuk ke media umum pribadi.

Baca juga:  4 Argumentasi Kenapa Kita Harus Makan Di Huk Family Resto

Nulis Wikipedia Dapet Duit?

Seiring berjalannya waktu, hasilnya sebagian sahabat saya (utamanya sesama bloger) mengenali bahwa aku yakni kontributor wikipedia. Terkadang mereka menanyakan terhadap aku seputar menulis di wikipedia. 

Dari aneka macam pertanyaan, ada satu pertanyaan mempesona yang sering aku dapatkan. Pertanyaan tersebut yakni, “Nulis di wikipedia ada duitnya enggak sih?” 

Aku cinta uang! (dok. DaBaby)

Lucu aja sih mendengar pertanyaan kayak gitu. Tapi saya maklum sih kenapa ada yang menanyakannya. Mungkin karena mereka menyaksikan aku tekun menulis di wikipedia, mereka berpikir bahwa saya mampu uang dari sana. Padahal jika ditanya ada duitnya atau enggak, jawabannya enggak!

Pada mulanya, aku memang menulis di wikipedia murni alasannya ngincer hadiahnya yakni pergi ke Jerman. Namun selepas itu, saya menyebabkan acara menulis di wikipedia selaku kegemaran. Intinya sih senang aja gitu nulis di wikipedia.

Kalau nggak ada duitnya, terus kenapa masih nulis? 

Jawabannya karena seneng aja dan tidak semua kesenangan mesti berpatokan pada uang. Kalau maksudnya mampu duit, tentu aku enggak bakal sama sekali nulis di wikipedia. Saya menulis di sana alasannya adalah mempunyai beberapa argumentasi tertentu yang tidak bisa ditukar dengan materi.

1. Mempermudah Masyarakat dalam Mengakses Informasi

Sebagai ensiklopedia digital terbuka yang bisa diakses oleh semua orang, wikipedia berperan penting dalam membuat lebih mudah penduduk untuk mengakses gosip, apalagi di periode digital mirip sekarang. Ketik saja isu yang kita perlukan di google, dijamin, wikipedia hampir selalu muncul di urutan pertama pertama.

Memang enggak semua postingan yang ditulis di sana dapat dipercaya 100% kebenarannya karena wikipedia dapat disunting oleh siapa saja. Tidak semua postingan di wikipedia lengkap dan netral pula. Wikipedia juga bukan wadah mutlak dan satu-satunya tolak ukur suatu gosip.

Tapi tak bisa disangkal juga bahwa wikipedia menjadi wadah yang paling banyak diakses dalam memperoleh berita sehingga keberadaannya amat dipertimbangkan. Terlebih, wikipedia adalah postingan yang membicarakan suatu topik dari aneka macam sumber berlawanan sehingga wikipedia ialah tanggapan bagi mereka yang ingin mengenali suatu keseluruhan topik dengan lebih praktis.

Meski sering dijadikan teladan, sayangnya masih banyak topik yang belum tersedia di wikipedia utamanya pada wikipedia bahasa Indonesia. Perkembangan zaman yang begitu dinamis sehingga mengakibatkan senantiasa ada hal yang gres di dunia setiap harinya serta masih minimnya kontributor yang bergabung menjadi beberapa penyebabnya

Baca juga:  Pencapaian Saya Selama 2020

Nah, dari situlah saya termotivasi dalam menulis artikel wikipedia. Satu per satu postingan saya tulis sampai tak terasa karenanya jumlahnya sudah banyak. Saya ingin masyarakat Indonesia jadi lebih gampang dalam menemukan gosip yang benar. Harapannya, biar orang-orang Indonesia yang berwawasan luas ke depannya kian banyak

Namun aku tidak asal menulis. Kualitas dan sumber terpercaya ialah hal utama. 

2. Melatih Kemampuan dalam Menerjemahkan Tulisan dan Memperkaya Wawasan Diri Sendiri

Eits, jangan kira menulis di wikipedia bermanfaat bagi orang lain. Bagi aku, menulis di wikipedia juga bisa berfaedah bagi diri sendiri.

Sebagai alumnus sastra Inggris, aku terbiasa dengan hal-hal yang berkaitan dengan bahasa Inggris, mulai dari menulis, mengatakan sampai mengevaluasi tulisan-goresan pena berbahasa Inggris. Sayangnya, semenjak lulus aku jarang melakukannya lagi alasannya adalah lingkungan tidak menuntut saya untuk melakukan hal tersebut.

Kemampuan berbahasa yaitu salah satu kesanggupan yang mesti dikembangkan dari waktu ke waktu. Nah, agar kemampuan bahasa Inggris saya terus berkembang dan gak tumpul, penting bagi aku untuk mengasahnya. Salah satu cara yang bisa aku kerjakan ialah dengan menulis di wikipedia. 

Apa kaitannya?  

Saat menuliskan artikel wikipedia bahasa Indonesia, bahu-membahu saya tidak 100% menulis sih. Pada kenyataannya, aku lebih cenderung terhadap menerjemahkan postingan berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia ketimbang menulis artikel bahasa Indonesia dari 0. Yang sungguh-sungguh nulis ada, tetapi sedikit.

Kenapa? Hal itu sebab kebanyakan topik telah tersedia di wikipedia bahasa Inggris tetapi belum ada di wikipedia bahasa Indonesia. Kalau menulis artikel bahasa Indonesia dari nol kan bakalan lebih usang ya. Biar lebih praktis, maka yang saya kerjakan ialah dengan menerjemahkan postingan-postingan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Baca juga:  Download Pola Kwitansi Nota Pemasaran Sederhana Dengan Microsoft Excel

Meski dahulu kuliahnya bahasa Inggris, enggak semua kata dalam bahasa Inggris telah aku pahami juga. Kadang ada kata-kata yang saya lupa artinya apa, kadang juga saya belum mengetahuinya sama sekali. 

Jadi ketika saya tamat menulis sebuah artikel, sebetulnya saya juga berguru memperluas kosakata bahasa Inggris sekaligus berguru menerjemahkannya dengan baik. Selain itu, aku juga berkesempatan untuk memperluas pengetahuan aku sendiri. Soalnya tidak semua topik yang aku tulis telah saya ketahui sehingga saya mesti memahaminya terlebih dulu.

Seru sih. Bagi aku ini bagaikan peribahasa “Sambil Menyelam Minum Air”. Nyatanya, aku tak cuman nerjemahin saja, tapi juga memperbesar ilmu wawasan dari artikel wikipedia bahasa Inggris yang aku baca untuk kemudian saya tulis ke dalam bahasa Indonesia.

3. Berpeluang mampu kado mempesona

Menulis di wikipedia memang enggak dapat duit. Namun bukan mempunyai arti kita enggak bisa dapat sesuatu yang sifatnya materi lho.. Soalnya wikimedia Indonesia sendiri sering mengadakan tantangan atau persaingan menulis di wikipedia dengan iming-iming hadiah menawan, mirip hadiah kursus bahasa Jerman selama sebulan di Jerman mirip yang aku ceritakan di atas dan potensi untuk menghadiri wikimania 2021 di Padang.
Memang enggak semua kado di wikipedia itu nominalnya besar atau wah. Ada pula yang tidak terlalu besar atau mungkin lazimsaja, mirip hadiah pulsa Rp200.000, tas punggung, kaos dan merchandise wikipedia. Namun saya bahagia sebab selain wikipedia selalu berupaya menawarkan apresiasi bagi para kontributornya yang terlibat dan menuntaskan suatu proyek, hadiahnya juga terbilang ekslusif.
 
 
Itu dia beberapa alasan kenapa saya menulis di wikipedia. Bagi kau yang ingin berkontribusi dalam membebaskan wawasan, enggak ada salahnya buat gabung jadi kontributor wikipedia. Cara nulisnya mampu dipelajari di youtube atau kamu mampu mengikuti wikilatih jika suatu hari nanti diadakan kembali. Percayalah, satu postingan atau satu editanmu amat berarti bagi literasi penduduk Indonesia.
banner 336x280
banner 120x600
  • Share