Karang Pamitran

Diposting pada

Wadah silaturahmi bagi Pembina Pramuka, menambah wawasan dan saling bertukar pengalaman dalamm membina para Pramuka. Wadah ini merupakan salah satu upaya penyegaran, tukar menukar pengalaman, pengembangan wawasan dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas metode dan latihan kepramukaan. Karang Pamitran bukan merupakan jenis jenjang kursus.

Karang Pamitran sanggup dilaksanakan dalam bentuk perkemahan maupun bukan perkemahan, bersifat satuan terpisah antara Pembina Putra dan Pembina Putri, pelaksanaannya dikelompokkan menurut kelompok Pembina Pramuka Siaga, kelompok Pembina Pramuka Penggalang dan Kelompok Pembina Pramuka Penegak dan Pandega. Karang Pamitra dibedakan antara Karang Pamitran tingkat ranting, cabang, kawasan dan nasional yang syarat-syarat penerima diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

Bentuk acara Karang Pamitran, antara lain : ceramah, diskusi, lokakarya, seminar, praktek permainan ketangkasan, dan ketrampilan, bakti sosial, acara keagamaan, acara seni budaya dan olah raga, acara penanaman kesadaran berbangsa dan bernegara, serta acara – acara lain dengan topik-topik yang faktual baik dalam lingkup pendidikan kepramukaan, isu-isu kebangsaan, inovasi gres dalam bidang pendidikan, isu-isu global, dsb.

Kegiatan Karang Pamitra disusun secara menarik dengan menerapkan acara partisipatif, rekreatif dan inspiratif sehingga mammpu memperlihatkan pengalaman dan semangat gres bagi para pesertanya.

 menambah wawasan dan saling bertukar pengalaman dalamm membina para Pramuka Karang Pamitran Print this page