Jenis Pasak Tenda Dan Cara Memasangnya

Diposting pada
Jenis pasak tenda dan cara memasangnya tentu menjadi salah satu teknik kepramukaan yang wajib diketahui oleh semua anggota pramuka. Apalagi ketika mendirikan kemah atau tenda. Tentu sangat dibutuhkan pengenalan akan macam jenis pasak tenda sehingga sanggup menggunakannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Selain mengenal jenis-jenisnya pun sanggup mempraktekkan cara memasang pasak dengan baik dan benar. Jenis pasak dan cara pemasangan akan memilih pada kekuatan dan kerapian tenda yang didirikan.
Pasak tenda yakni sejenis paku yang terbuat dari besi, alumunium, kayu, bambu atau materi lainnya yang dipakai untuk menautkan tali pengekang tenda. Sehingga sanggup dikatakan pasak sebagai salah satu perlengkapan utama dalam mendirikan tenda di samping tenda dan tali. Pasak ini juga dipakai untuk mendirikan tiang bendera, gapura tenda, dan perlengkapan lainnya di perkemahan.
Mengingat pentingnya tugas pasak tenda dalam aktivitas kepramukaan, utama perkemahan, sudah selayaknya setiap pramuka mengenal macam jenis pasak dan sanggup memasak (memasang pasak) dengan baik dan benar.
 tentu menjadi salah satu teknik kepramukaan yang wajib diketahui oleh semua  Jenis Pasak Tenda dan Cara Memasangnya
sedang memasang pasak tenda

Macam Jenis dan Bentuk Pasak Tenda

Macam jenis pasak tenda sanggup dibedakan menurut materi dan bentuknya. Menurut materi pembuatnya, pasak tenda terdiri atas pasak yang terbuat dari besi, alumunium, kayu atau papan, bambu, dan ranting pohon. Pasak dari besi dan alumunium umumnya harganya lebih mahal namun mempunyai beberapa kelebihan antara lain lebih kuat, infinit dan sanggup dipakai berulang kali, serta mudah ketika digunakan, dibawa, maupun disimpan. Apalagi yang terbuat dari materi alumunium yang beratnya sangat ringan namun tetap kuat.
 tentu menjadi salah satu teknik kepramukaan yang wajib diketahui oleh semua  Jenis Pasak Tenda dan Cara Memasangnya
Gambar pasak yang terbuat dari besi dan alumunium

Pasak dari kayu, papan, bambu dan ranting pohon lebih murah dan sanggup dibuat sendiri dengan mudah. Namun mempunyai kelemahan menyerupai kekuatannya kurang, tidak tahan usang (untuk pemakaian berulang kali), gampang rusak, dan kurang mudah ketika membawa atau menyimpannya.


 tentu menjadi salah satu teknik kepramukaan yang wajib diketahui oleh semua  Jenis Pasak Tenda dan Cara Memasangnya
Gambar pasak tenda yang terbuat dari kayu dan bambu
Sedangkan bentuk pasak untuk tenda terdiri atas bab “kepala pasak”, “badan pasak”, dan “ujung pasak”. Kepala pasak yakni bab untuk menautkan tali sehingga dibuat sedemikian rupa biar tali sanggup tertambat dengan berpengaruh dan tidak gampang terlepas. Sedangkan ujung pasak dibuat lancip atau runcing untuk memudahkan ketika membenamkan pasak ke dalam tanah. Badan pasak sendiri umumnya berukuran antara 18 – 35 cm. Panjangnya ini diubahsuaikan dengan kondisi tanah daerah mendirikan tenda. 

Cara Memasang Pasak

Cara memasang pasak tenda yakni sebagai berikut:
  1. Tancapkan pasak pada tanah dengan posisi miring antara 300 – 450 berlawanan dengan arah datangnya tali. Jangan memasang pasak dengan posisi tegak, terlalu miring, atau bahkan miring ke arah tali (sejajar dengan tali) alasannya yakni akan mengurangi kekuatan sehingga akan gampang tercabut.
  2.  tentu menjadi salah satu teknik kepramukaan yang wajib diketahui oleh semua  Jenis Pasak Tenda dan Cara Memasangnya
    Posisi menancapkan pasak ke dalam tanah
  3. Tanam pasak sampai menyisakan bab kepala pasak dan sedikit tubuh pasak.
  4. Ikatkan tali pengekang tenda (tali sebelumnya telah diikat ke tenda atau tiang)  dengan memakai simpul pangkal.
  5.  tentu menjadi salah satu teknik kepramukaan yang wajib diketahui oleh semua  Jenis Pasak Tenda dan Cara Memasangnya
    Memasang tali pada pasak dengan simpul pangkal
  6. Atur sedemikian rupa biar tali terkekang dengan berpengaruh dan kencang.
  7. Pada tanah yang terlalu lunak atau dalam kondisi berangin kencang (yang dikhawatirkan pasak tidak kuat), sanggup memakai pasak ganda. Pasak kedua diletakkan disebelah depan pasak pertama. Cara menalinya; Tali dari tenda disimpul di pasak pertama kemudian ujung sisanya disimpul lagi di pasak kedua. Keduanya memakai simpul pangkal.
Cara menciptakan simpul pangkal sanggup dipelajari di: 

Menyimpan Pasak

Karena sebagai salah satu peralatan pokok dalam berkemah, sudah sewajarnya pasak dipelihara dan disimpan dengan benar. Sehingga pasak tenda ini sanggup dipakai setiap waktu dan tidak hilang. Diperlukan ketelitian ketika memakai dan mengambil pasak sehingga tidak ada pasak yang tertinggal yang kemudian menyebabkan pasak akan berkurang dari hari ke hari.

Itulah teknik kepramukaan terkait dengan pasak, macam jenis pasak, serta cara memasang dan merawat pasak. Semoga dengan menguasai teknik kepramukaan ini para pramuka sanggup berkegiatan, terutama berkemah dengan lebih menyenang