Isyarat Tangan & Peluit Dalam Acara Kepramukaan

Diposting pada

Pengantar

Isyarat Tangan & Peluit merupakan alat pendidikan kepramukaan yang sangat menarik dan sanggup dijadikan sebagai media meningkatkan kemampuan banyak aspek menyerupai kemampuan konsentrasi, kerjasama, komunikasi dengan tanda, acara olah fisik, emosi (riang, gembira, berhasil, gagal, sedih, dll), dan banyak sekali kemampuan lainnya.
Penguasaan para Pembina terhadap Isyarat Tangan & Peluit juga akan menimbulkan latihan kepramukaan lebih menarik alasannya perintah atau kode tidak bersifat verbal. Kombinasi satu perintah  isyarat dengan perintah isyarat lain akan menimbulkan latihan pramuka menjadi dinamis dan tidak membosankan.

Isyarat Tangan

Berkumpul :

Kedua belah tangan direntangkan ke samping kemudian secara cepat disilangkan di depan dada menyerupai bersedekap. Ulangi beberapa kali sampaing seluruh regu berkumpul dengan rapi. (gambar 1).

Bubar/Berpencar :

Kedua tangan disilangkan di depan dada kemudian cepat direntangkan ke samping. Telapak tangan di buka dan menghadap ke bawah. Ulangi beberapa kali hingga seluruh regu bubar. (gambar 2)

Maju Terus/Ikuti Aku

Tangan kanan diacungkan lurus ke atas, kemudian digerakkan ke depan hingga setinggi bahu. Diulang beberapa kali hingga semua regu mengikuti perintah. (gambar 3).

Lari

Tangan kiri mengepal diacungkan lurus ke atas, kemudian digerakan ke bawah dan ke atas beberapa kali hingga setinggi bahu. Diulang beberapa kali hingga semua regu mengikuti perintah. (gambar 4).

Berhenti

Tangan kakan diacungkan lurus ke atas dengan telapak tangan terbuka. (gambar 5).

Kembalilah

Membuat bulat dengan tangan kanan, di atas kepala, berputar beberapa kali hingga semua regu sudah kembali di depan pembina. (gambar 6).

Berjongkoklah

Kedua tangan dengan telapaknya menghadap ke bawah, digerak-gerakan antara pinggang dan dada, diulang beberapa kali hingga semua anggota regu berjongkok sesuai perintah. (gambar 7).

 Bangun/Berdiri


 

Kedua tangan dengan telapaknya menghadap ke atas, digerak-gerakan antara pinggang dan dada, diulang beberapa kali hingga semua anggota regu bangun/bediri sesuai perintah. (gambar 8).

Berbaringlah

Tangan kanan di acungkan lurus ke atas dan kemudian dilambaikan ke depan hingga ke lutut, diulang beberapa kali hingga semua anggota regu berbaring sesuai perintah. (gambar 9).

Isyarat Peluit

Isyarat peluit ialah panggilan/informasi yang disampaikan melalui suara peluit. Para pramuka dilatih untuk memahami isyarat melalui suara peluit disamping untuk melatih banyak sekali kemampuan menangkap suara isyarat juga sanggup dipakai untuk menolong atau meminta pertolongan dikala sedang melaksanakan penjelajahan di alam terbuka.
Selamat berlatih. Salam Pramuka.