Interlocked Andon System Untuk Meningkatkan Efisiensi Manufaktur

Diposting pada

Andon system yaitu metode terkenal untuk mencapai efisiensi dan produktivitas melalui pengelolaan visual penghentian dan waktu henti. Sistem andon merupakan lampu sinyal ataupun alarm peringatan yang terperinci memerlukan tindakan cepat dan merupakan alat yang efektif untuk meminimalkan duduk kasus produksi.

Selama bertahun-tahun sistem andon yang dipakai beruapa manual maupun otomatis, akan tetapi seiring dengan perkembangannya andon system yang digunakanpun semakin hi-tech, yaitu dengan memanfaatkan jaringat internet dan nirkabel sebagai alat untuk mendukung penerapan lean manufacturing menjadi lebih gampang dan salah satu cara meningkatkan efisiensi produksi. Lalu apa itu interlocked Andon system.

“Sistem Andon yang terkoneksi” atau interlocked andon system yaitu sistem terpadu untuk membuat duduk kasus terlihat, memulai respon cepat terhadap duduk kasus untuk keduanya manual dan proses auto serta menuntaskan duduk kasus dengan segera.

Dengan menerapkan sistem andon yang terkoneksi memungkinkan visibilitas manufaktur yang lebih baik dalam data real time untuk pemecahan duduk kasus dan produktivitas yang optimal untuk meningkatkan kualitas produk sambil menurunkan biaya dan waktu produksi. Penerapan system andon yang saling terhubung juga sanggup melacak respon dan waktu perbaikan secara otomatis.

Tujuan Penerapan Andon System Terkoneksi

Sistem nirkabel bekerja pada jaringan nirkabel untuk membuat proses lean manufacturing, melalui 4 langkah sederhana, yaitu:

  1. Lampu sinyal memperingatkan duduk kasus produksi dan efisiensi.
  2. Sensor nirkabel mengangkut pesan ini ke perangkat lunak yang diadaptasi secara khusus.
  3. Perangkat lunak ini membuat tampilan grafis status untuk analisis langsung.
  4. Tim teknik sanggup dengan cepat mengidentifikasi duduk kasus diagnosis dan berupaya mengatasinya.

Adapun tujuan penerapan andon system dengan memakai jaringan nirkabel, yaitu:

1. Sistem eskalasi pemecahan masalah

Menyediakan sistem eskalasi pemecahan duduk kasus bagi anggota tim untuk mengkomunikasikan potensi duduk kasus yang mungkin terjadi pada isu-isu spesifik, seperti:

  • Proses.
  • Bahan.
  • Mesin atau spart part.
  • Isu kualitas
  • Keselamatan

2. Capture real time

“Menangkap” data sesungguhnya dan secara konkret terhadap permasalahan Down time yang menjadikan produksi/layanan terganggu, sehingga menyebabkan 7 pemborosan, salah satunya yaitu waktu tunggu.
Deangan men-capture data sebetulnya dikala terjadi downtime, maka akan mendorong serta memotivasi karyawan dalam melaksanakan perbaikan secara terus menerus (kaizen).

3. Membangun ISQ dan Pemecahan duduk kasus secara praktis

Interlocked andon system juga sanggup dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan dan membuat budaya peduli kualitas di area kerja dengan penerapan In-Station Quality (ISQ), lantaran dengan adanya respon cepat serta penanganan duduk kasus yang dilakukan sesegera mungkin, akan menumbuhkan kebudayaan pemecahan duduk kasus secara praktis.

Masalah Umum Dalam Penerapan Sistem Andon

Andon system yang diterapkan untuk mendukung peningkatan produktivitas serta menumbuhkan budaya perbaikan secara berkelanjutan dengan respon cepat dan melalui metode ilmiah ibarat mengidentifikasi downtime, sering terkendala oleh beberapa hal, seperti:

  • Pencatatan waktu yang kurang akurat, dikarenakan adanya proses manual yang harus dilakukan, ibarat mencatat. Dan jikalau pencatatan downtime tidak mempunyai kontrol baik, maka yang akan terjadi yaitu kurang akurasinya data yang didapat.
  • Respon yang lama. Ketika memakai andon system secara manual, memungkinkan terjadinya penundaan terhadap perbaikan yang disebabkan oleh duduk kasus produksi. Penundaan terjadi lantaran sistem andon tidak terdengar/terdeteksi oleh tim teknik yang berada diluar area produksi.
  • Kurangnya tanggung jawab. Ketika sistem andon diterapkan dengan memakai manual ataupun otomatis, akan tetapi tidak terintegrasi, memungkin seseorang mengabaikan signal yang diberikan oleh sistem andon tersebut. Hal ini sanggup terjadi dikarenakan tidak adanya kontrol pihak lain ataupun atasan, ketika terjadinya satu duduk kasus di area produksi.

Untuk menghadapi permasalahan tersebut, maka diperlukannya penerapan sistem andon yang saling terkoneksi.

Alur Andon System Terkoneksi

Demikian goresan pena kami wacana Interlocked Andon System Untuk Meningkatkan Efisiensi Manufaktur. Semoga dengan goresan pena ini sanggup bermanfaat bagi anda yang sedang mencari rujukan wacana lean terutama bagi pengunjung setia blogcoretangw.blogspot.com.
Kami ucapkan terimakasih telah menyediakan waktu untuk berkunjung serta membaca goresan pena yang terdapat pada , jikalau ada pembahasan yang terlewatkan dari goresan pena kami ataupun ada wangsit maupun masukkan yang terkait dengan goresan pena kali ini, silahkan anda tulis pada kolom komentar yang terdapat pada blog ini.