Ingin Produktivitas Bisnis Meningkat, Cek 4 Faktor Pendukung Kinerja Karyawan

Diposting pada
Produktivitas Kerja Meningkat

Ada quote bisnis terkenal yang menyebutkan bahwa, “happy employee is a productive employee”. Jika Anda mendambakan produktivitas perusahaan meningkat, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek sejauh mana kesejahteraan karyawan Anda. 

Tentu saja, divisi yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan kesejahteraan karyawan ini merupakan divisi HR (Human Resources). Sebelum menggenjot produktivitas bisnis, tidak ada ruginya untuk terlebih dahulu mengusut faktor–faktor pendukung kinerja karyawan ketika bekerja, sebagai berikut:
  1. Peralatan kantor/perlengkapan kerja. Karyawan akan bekerja lebih nyaman, bangga dan produktif kalau perusahaan sudah menyediakan alat–alat bantu yang mempermudah dan menyederhanakan kiprah mereka ketika bekerja. Sebagai contoh, di perusahaan ternama dunia, menyediakan segway atau run wheel semoga mobilitas karyawan sanggup lebih cepat dari satu area ke area lain di dalam lingkungan perusahaan. Contoh lain, mesin fotokopi. Daripada karyawan repot menghabiskan biaya dan tenaga ke luar kantor untuk fotokopi, lebih simpel kalau mempunyai mesin fotokopi milik perusahaan.
  2. Suasana kerja. Faktor pendukung produktivitas karyawan selanjutnya yaitu suasana atau lingkungan kerja. Tidak hanya problem desain ruang kerja atau kebersihan semata, teman–teman kantor juga sangat kuat terhadap produktivitas kerja. Bayangkan, kalau di kantor sering terjadi perselisihan tidak sehat, gosip, saling sikut dan mencari muka, lingkungan kerja yang jelek tentu menciptakan karyawan tidak betah. Jadi, kiprah tim HR memastikan apakah setiap karyawan sudah bekerja dengan nyaman. 
  3. Tanggung jawab kerja. Sekali lagi, keterlibatan karyawan sangat penting untuk menyalakan semangat dan antusiasme karyawan yang bekerja. Setiap hari mengerjakan kiprah yang sama secara monoton, tentu sanggup menimbulkan kejenuhan. Tim HR perlu merancang langkah–langkah yang lebih kreatif semoga karyawan merasa kembali berenergi dan melupakan kejenuhan. Misalnya, sanggup memperlihatkan jatah cuti liburan, penghargaan atau training motivasi semoga menjaga kekompakan dan passion mereka ketika bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.
  4. Bonus dan Insentif. Tidak sanggup dipungkiri, segiat apa pun karyawan bekerja akan sangat naif bila mengabaikan problem finansial. Memberikan bonus atau insentif yaitu salah satu langkah paling ampuh untuk menyuntikkan produktivitas karyawan. Mendorong semangat dan antusiasme karyawan dalam bekerja tidak sulit kalau tim HR dibekali software HRIS gratis maupun berbayar yang membantu menuntaskan kiprah – kiprah HR. 
LinovHR yaitu teknologi yang menerapkan HRIS untuk menunjang produktivitas bisnis Anda selalu unggul dan bersiap menghadapi persaingan. Manfaatkan software HRIS gratis, LinovHR untuk melakukan banyak sekali mekanisme HR yang rumit kalau dilakukan manual. Seperti perhitungan honor karyawan, lembur, THR, bonus dan insentif, sampai asuransi BPJS dan perhitungan pajak PPH 21, masih banyak fitur software hris LinovHR yang anda sanggup lihat disini. Software HRIS gratis, LinovHR menyajikan data secara transparan berbasis website yang lebih efektif dan efisien. Cobalah LinovHR kini juga tanpa biaya apa pun alias gratis.