banner 728x250

Hati-Hati Penipuan Tagihan Pembayaran Domain

  • Share
banner 468x60

Penipuan semakin merajalela, offline, online sama saja, banyak sekali penipu berkeliaran mencari mangsa. Berawal dari iseng cek email yang masuk di kotak spam, saya lihat ada email dari Domain Service dengan subject mungbisnis.com Final Notice, subject email ini menciptakan aku ingin tau alasannya domain bisnis saya ini memang telah mendekati habis era aktifnya.

Saya baca isi tagihan pembayaran perpanjangan domain ini dan ternyata tagihanya $86,00 untuk 1 tahun, jikalau di rupiahkan dikala ini sekitar Rp. 1.310.124,-, WHAT’S!!! domain bisnis saya ini dimintai perpanjangan 1,3jt pertahun? padahal aku umumnya cuma mengeluarkan uang perpanjangan sekitar $10 saja. Membaca tagihan ini sebetulnya sudah sungguh mencurigakan, apalagi jika melihat info pengirimnya seperti pada gambar berikut ini:

banner 336x280

Pada informasi pengantaremail di atas diketahui bahwa email berasal dari domain @aubonick.xyz, dan ini jelas sangat tidak mungkin, dari namanya saja memakai email domain langsung .XYZ yang sedang promo hingga tamat tahun 2018 ini. 😁 Setelah saya cek status kurun aktif domain, ternyata hingga dengan tahun 2019 nanti, dan yang niscaya, harusnya tagihan itu berasal dari email dengan domain eksklusif @mungbisnis.com, lah wong saya selaku reseller domainya, dan domain mungbisnis.com itu ada di akun reseller domain aku. hehe….

Makara, penipuan dengan tujuan meminta tagihan pembayaran domain ini dinyatakan gagal total karena salah pilih sasaran. 😁

Kesimpulan dari tulisan ini yakni:

  • Jangan gampang percaya dengan kiriman email yang telah di tandai mesin email dalam hal ini gmail.com yang telah memfilter secara otomatis, memasukan email-email mencurigakan kedalam email spam.
  • Jika anda penasaran dengan email tersebut, secepatnya cek informasi pengirimnya, apakah anda mengenal email pengantartersebut? kalau mengenalnya, berarti email tersebut terfilter masuk ke kotak spam sebab mungkin mengandung kata/ kalimat atau link-link yang mencurigakan mesin email.  Namun kalau anda tidak mengenalnya, abaikan atau hapus secepatnya email tersebut.
  • Hati-hati… “Ingat, kejahatan terjadi bukan hanya alasannya adalah ada niat dari pelakunya. Tapi juga alasannya ada peluang. Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!
Demikian, semoga berguna.
banner 336x280
Baca juga:  Membuat Soal Online Dengan Google Drive Menjadi Pengganti Wondershare Dan Ispring Quiz Creator
banner 120x600
  • Share