Hasduk Putri Terbaru

Diposting pada
Hasduk (setangan leher) pramuka putri terbaru berbeda dengan pita leher yang sebelumnya dikenakan oleh anggota pramuka putri. Jika sebelumnya para pramuka putri mengenakan pita leher, seiring dengan diberlakukannya PP Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012, pramuka putri mengenakan hasduk, setangan leher, atau kacu leher yang bentuk dan ukurannya sama dengan yang dikenakan oleh pramuka putra.
Setangan leher pramuka, yang disebut juga sebagai kacu leher atau hasduk (scarf) yakni salah satu kelengkapan seragam pramuka yang juga termasuk bab dari Tanda Umum dalam Tanda Pengenal Gerakan . Bahkan kacu leher (scarf) telah menjadi ciri khas organisasi kepramukaan (scout) di seluruh dunia. Sering kali organisasi kepramukaan di suatu negara memakai warna-warna pujian negaranya atau warna-warna yang diambil dari warna bendera negaranya sebagai warna hasduk. Tidak terkecuali Gerakan yang memakai warna bendera Indonesia, merah putih, sebagai warna hasduknya.

Sekarang Hasduk Putra Putri Sama

 terbaru berbeda dengan pita leher yang sebelumnya dikenakan oleh anggota pramuka putri Hasduk  Putri Terbaru
Setangan leher untuk pramuka putri sama dengan putra
Semula antara pramuka putra dan putri di Indonesia mengenakan dua model hasduk yang berbeda. putra mengenakan setangan leher berbentuk segitiga yang dilipat sedemikian rupa, sedangkan bagi anggota putri mengenakan hasduk berbentuk pita memanjang dengan warna merah di sebelah kanan dan putih di sebelah kirinya.
Namun dalam keputusan Kwartir Nasional Gerakan terkait pakaian seragam pramuka yang terbaru (SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012), perbedaan hasduk putra dan putri tersebut ditiadakan. Baik pramuka putri maupun putra kini mengenakan setangan leher yang sama yaitu setangan leher berbentuk segitiga sama kaki dengan salah satu sudut bersudut 90 derajat. Bahan dasar berwarna putih dengan sepanjang sisi kaki segitiga diberikan lis berwarna merah selebar 5 cm.
Keterangan lebih terang mengenai bentuk, ukuran dan cara melipat setangan leher menurut PP Pakaian terbaru baca: Setangan Leher , Ukuran, dan Cara Memakai atau Melipat.

Kenapa Hasduk Putra dan Putri Harus Sama?

 terbaru berbeda dengan pita leher yang sebelumnya dikenakan oleh anggota pramuka putri Hasduk  Putri Terbaru
Pita leher usang untuk pramuka putri
Kenapa antara anggota pramuka putra dan putri kini mengenakan hasduk atau setangan leher yang sama?. Tidak ada keterangan resmi dari Kwartir Nasional terkait perubahan hasduk pramuka wanita menjadi sama dengan setangan leher anggota laki-laki.
Hal ini mengakibatkan munculnya banyak sekali dugaan di kalangan anggota. Ada sebagian pihak yang menyampaikan bahwa perubahan hasduk pramuka putri karena mengikuti tren kepramukaan di dunia di mana antara anggota putra dan putri umumnya mengenakan setangan leher (scarf) yang sama yakni berbentuk segitiga yang digulung. Pun ada yang menduga terkait dengan keluarnya Gerakan Indonesia dari keanggotaan WAGGGS (World Association of Girl Guides and Girl Scouts / Asosiasi Kepanduan Putri Sedunia) semenjak tahun 2001.
Konon karena bentuk scarf pramuka purti Indonesia yang berbentuk pita, menyulitkan anggota pramuka untuk saling bertukar scarf dengan anggota pramuka dari negara lain. Banyak anggota pramuka negara lain yang enggan bertukar kacu leher (scarf) dengan anggota putri Indonesia.
Perubahan hasduk, kacu leher, setangan leher, atau scarf bagi anggota pramuka putri bagi sebagian pihak pun masih mengundang perdebatan antara pihak yang pro (mendukung) dan kontra (menolak). Tentunya dengan banyak sekali argumen masing-masing baik dari segi historis maupun estetika. Namun menyerupai umumnya sebuah perubahan, pro dan kontra yakni sebuah hal yang biasa dari sebuah dinamika organisasi, apalagi dengan lingkup wilayah dan keanggotaan semacam Gerakan .