banner 728x250

G-Suite Education Menjadi Opsi Untuk Kbm Online

  • Share
banner 468x60

Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu G-Suite Education domain sekolah SMPN 1 Kaliwungu Kab. Semarang dengan nama domain baru smpn1kaliwungu.sch.id dimana tempat saya melakukan pekerjaan telah aktif, ini artinya segudang fitur yang tersedia di G-Suite Education siap digunakan untuk menunjang kegiatan mencar ilmu mengajar dengan moda daring (dalam jaringan) atau sering dikenal dengan istilah elearning (pembelajaran jarak jauh dengan media internet) utamanya pada era pandemi covid-19 yang belum tau sampai kapan berakhirnya.

Proses aktivasi G-Suite Education saat ini cukup usang, menurut informasi dari pihak Google hal ini dikarenakan ajakan G-Suite Education diseluruh dunia meningkat drastis, sehingga proses approve perlu waktu yang cukup lama, adalah sampai 2 minggu.

banner 336x280

Sebenarnya tahun 2010 sekolah telah aku belikan domain smpn1klw.sch.id dan pada waktu itu aku akfikan G-Suite gratis kriteria (hingga kini masih aktif), dan hanya diberi jatah akun optimal 30 akun, aku coba untuk migrasi ke akun G-Suite Education yang bisa digunakan untuk semua siswa dan guru, ternyata gagal. Akhirnya domain tersebut aku daftarkan di Office 365 dan hingga kini masih aktif.

Untuk keperluan pembelajaran online, sekolah menentukan Google Kelas (Google Classroom) dengan berbagai pertimbangan, jadi untuk sementara Office 365 belum digunakan untuk pembelajaran online. Sementara yang masih terus digunakan dari office 365 ini yaitu aplikasi outlook untuk email resmi sekolah, dan kadang aku gunakan salah satu aplikasi office 365 yang lain yakni Microsoft Teams untuk video conference dengan siswa dan rekan-rekan guru biar bisa meraskan sensasi Microsoft Teams, disamping menjajal juga aplikasi zoom dan Google Meet.

Video tutorial mendaftar G-Suite Education:

Setelah proses pendaftaran dan setting tamat, selanjutnya silahkan langsung anda minta upgrade G Suite for Education dengan mengisi formulir melalui link berikut:
https://support.google.com/a/contact/nonprofit

banner 336x280
Baca juga:  Mapel Tik Kembali Hadir Di Kurikulum 2013 Dalam Rancangan Gres
banner 120x600
  • Share