banner 728x250

Faedah Metodologi Observasi

  • Share
banner 468x60

Metode merupakan kerangka kerja dalam melaksanakan suatu aksi atau langkah-langkah. Bisa disebut juga sebagai kerangka berpikir dalam menyusun sebuah ide atau pemikiran yang terarah yang berkaitan dengan maksud dan tujuan yang ingin diraih.

Sedangkan sistem ilmiah merupakan proses keilmuan dan penelitian dalam mendapatkan wawasan secara sistematis dengan menurut bukti fisis yang benar-benar sesuai fakta.

banner 336x280

Suatu tata cara observasi yang sempurna akan memajukan kesuksesan suatu observasi. Salah satu poin penting dalam melakukan penelitian ialah merumuskan metodologi penelitian, dengan metodologi suatu observasi mesti tergambar secara terang dan sistematis.

Metode merupakan kerangka kerja dalam melakukan suatu aksi atau tindakan Manfaat Metodologi Penelitian

Pada dasarnya suatu metode yaitu bagian dari metodologi. Karena pada observasi kta menjelaskan cara-cara dan tahapan observasi ini mampu disebut dengan metodologi. Di dalam metodologi pasti terdapat tata cara, teknik ataupun perlengkapan yang kita gunakan dalam observasi.

Dapat disimpulkan bahwa metodologi ialah sebuah formula dalam penerapan observasi yang dimana pada dikala melakukan penelitian tersebut terdapat tahapan dan langkah-langkah serta hasil dari observasi yang dijalankan. Metodologi observasi dalam bidang ilmu komputer merupakan tindakan penyusunan rencana dengan memakai beberapa tata cara (misalkan tata cara pengembangan atau algoritma), teknik, perlengkapan dan perangkat serta dokumentasi dengan keinginan dapat membantu peneliti dalam meminimalisir resiko kegagalan dan lebih berkonsentrasi pada proses penelitian di bidang ilmu komputer.

Suatu metodologi mampu berbeda antar yang satu dengan yang lain, ini dikarenakan adanya aksentuasi yang berbeda-beda dalam melaksanakan observasi. Misalnya seperti berikut :

  • Penekanan pada pendekatan keilmiahannya
  • Penekanan pada pendekatan yang otomatis
  • Penekanan pada pendekatan yang prakmatis
  • Penekanan pada dimensi sosial manusia atau lingkungannya

Manfaat Metodologi

Metodologi penelitian pada dasarnya yakni operasionalisasi dari epistemologi yang mengkaji tentang urutan tahapan atau langkah-langkah yang dijalani biar pengetahuan yang ditemukan memenuhi patokan ciri-ciri ilmiah. Epistemologi akan memberikan pemahaman tentang cara  maupun teori dalam menemukan atau menyusun pengetahuan dari pandangan baru, materi maupun dari keduanya.

Baca juga:  Download Perangkat Kbm Bahasa Inggris Smp Kelas 7 (Vii) Kurikulum 2013

Metodologi juga mampu dilihat sebagai bab dari akal yang mengkaji kaedah penalaran yang tepat dan benar. Pada suatu metodologi hal yang tak kalah penting yakni asumsi atau pertimbangan yang melatarbelakangi aneka macam metode yang dipakai dalam observasi. Asumsi atau pertimbangan yang dimaksud ialah pendirian yang hendak dikembangkan para peneliti dalam kegiatan penelitian ilmiah mereka.

Dalam memilih suatu metodologi yang sempurna dan benar pada suatu penelitian, maka kita diharuskan mengembangkan suatu pengetahuan dasar perihal perlunya data-data dan gosip-berita tentang metodologi dan subyek observasi yang kebanyakan dipakai. Hal ini akan membantu para peneliti, sehingga pada dikala memeilih metodologi penelitian yang ada, mampu diketahui baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkungan formal mirip pekerjaan atau institusi pendidikan.

Manfaat Menggunakan Metodologi :

  • Metodologi menciptakan kita lebih berpengetahuan dan juga lebih berkhasiat dalam berargumen dikarenakan  senantiasa berdasarkan fakta bukan didasari opini sendiri atau berdasasrkan pada intuisi-intuisi belaka.
  • Metodologi bisa menciptakan kita lebih memahami penelitian yang dijalankan, lebih bertanggung jawab dan lebih responsible dan compfortable.
  • Dengan menerapkan metodologi pada observasi kita bisa dengan gampang menguraikan lebih banyak lagi gambaran berupa nasehat, masukan-masukan yang mampu di elaborate dan dipondasikan menurut fakta-fakta yang didapatkan dalam memuncukan pandangan baru-ilham gres.

Metodologi berisikan fase-fase dan subfase yang akan menuntun para peneliti menentukan tata cara, teknik dan prosedur apa yang sempurna dan peralatan atau perangkat apa saja yang akan digunakan sehingga setiap langkah-langkah peneliian dijalankan dengan benar dan tepat. Dengan metodologi para peneliti akan merasa terbantu dalam mempersiapkan, mengorganisir, mengatur, mengolah dan mengevaluasu setiap pertumbuhan pada penelitiannya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share