Facebook Segera Perkenalkan Fitur Tombol Reaksi

Diposting pada
Fitur Tombol Reaksi di Facebook

CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengkonfirmasi bahwa jejaring sosial miliknya akan segera mengeluarkan tombol reaksi ke seluruh penggunanya. Facebook Reaction atau Tombol Reaksi Facebook sebelumnya hanya ada “like” atau “suka”. Kini akan bertambah lagi dengan enam tombol reaksi. Keenam tombol reaksi tersebut yakni “Love” atau “Cinta”, “Haha”, “Yay”, “Wow”, “Sad” atau “Sedih” dan “Angry” atau “marah”. 

Tombol reaksi yang sudah diluncurkan pertama kali pada bulan Oktober 2019 tersebut sedang diujicoba di Spanyol, Irlandia dan beberapa negara lainnya. Facebook siap untuk meluncurkan fitur “Reaksi” gres tersebut ke seluruh dunia, sehingga penggunanya yang telah mencapai 1,6 miliar pengguna tersebut akan mempunyai banyak cara yang cepat untuk mengungkapkan perasaannya di jejaring sosial terbesar di dunia tersebut. 

Kehadiran tombol reaksi ini mengingat filosofi di balik pembuatannya alasannya yakni facebook hanya mempunyai satu tombol “like” atau “suka”. Ketika ada isu murung cita yang disebar melalui facebook yang ada hanya tombol “suka” maka dianggap teman-temannya menyukai hal itu padahal maksudnya mereka ikut merasa sedih. 
Fitur Reaksi Facebook tersebut akan muncul saat seseorang menekan di bawah tombol menyerupai pada ponsel, atau menekan mouse di atasnya pada versi desktop. Status pengguna kemudian menampilkan counter untuk setiap reaksi berapa banyak orang yang suka, sedih, dan lain sebagainya. 
Tetapi banyak pengguna Facebook yang kecewa dengan Zuckerberg alasannya yakni menentukan untuk tidak memperkenalkan tombol “tidak suka”. Padahal banyak pengguna yang menginginkan tombol tidak suka di facebook. Zuckerberg menyampaikan bahwa ia telah mengesampingkan undangan tombol tidak suka alasannya yakni ia khawatir hal itu akan menyebabkan hal negatif.