banner 728x250

Download Pos Usbn Dan Un 2018/2019 Revisi Terbaru

  • Share
banner 468x60

Pada posting ini berisi POS USBN dan POS UN Tahun 2018/ 2019 Revisi Terbaru. Dalam POS USBN untuk jenjang SMP/ MTs dan yang sederajat, bahwa mekanisme Penyusunan Soal ialah selaku berikut:

Peran satuan pendidikan selaku berikut.

  1. Menerima soal USBN dari sentra (20%-25%) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota lewat aplikasi.
  2. Mengoordinasi guru-guru dalam penulisan soal USBN sebanyak 75%-80% berdasarkan indikator dari MGMP.
  3. Menugaskan guru mata pelajaran untuk melaksanakan uji coba dan telaah soal pada lembaga MGMP.
  4. Mengoordinasi guru-guru dalam perakitan master soal USBN lengkap sesuai ketentuan angka 1 dan angka 2 sekurang-kurangnya2 (dua) paket soal berisikan 1 (satu) paket soal utama dan 1 (satu) paket soal susulan. Dalam keadaan tertentu seperti terbatasnya sumberdaya guru dan/atau terbatasnya soal yang bermutu, perakitan soal dapat dijalankan bersama MGMP

Peran MGMP sebagai berikut.

  1. Menyusun dan menelaah indikator berdasarkan kisi-kisi USBN untuk seluruh mata pelajaran (daftar terlampir).
  2. Menelaah soal USBN yang disusun oleh guru-guru dari satuan pendidikan.

Bagaimana dengan Mata Pelajaran, Jumlah Butir Soal, dan Alokasi Waktunya?, 

  1. Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN mencakup seluruh mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang dipraktekkan masing-masing satuan pendidikan (daftar terlampir).
  2. Daftar mata pelajaran bentuk soal, jumlah soal, dan alokasi waktu dikelola sebagai berikut: Pendidikan Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial Soal pilihan ganda 40 soal, uraian 5 soal, waktunya 120 menit, sedangkan untuk mata pelajaran Matematika 30 soal pilihan ganda 5 sedangkan IPA 35 soal opsi ganda, 5 soal uraian.
  3. Untuk mata pelajaran Seni Budaya, PJOK/Penjaskes, Keterampilan/ Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prakarya serta Muatan Lokal, jumlah butir soal dan alokasi waktu ujian ditetapkan oleh masing-masing satuan Pendidikan.
  4. Untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (tunanetra, tunarungu, tunadaksa, dan tunalaras) waktu USBN dapat ditambah 45 menit. 
  5. Kisi-kisi cobaan praktik mata pelajaran lain di luar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya, Keterampilan/Prakarya, seperti mata pelajaran Agama, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris sepenuhnya disiapkan oleh satuan pendidikan mengacu pada kompetensi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  6. Soal USBN bagi penerima bimbing penghayat keyakinan terhadap Tuhan YME, kisikisi disiapkan oleh organisasi penghayat doktrin terhadap Tuhan YME.
Baca juga:  Landasan Aturan Buku 1 Kurikulum Smpn 1 Kaliwungu Dalam Situasi Pandemi Covid-19

banner 336x280

Bagaimana dengan Penggandaan Naskah Soal USBN?

Penggandaan naskah soal USBN dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (K-2006) atau Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti (K-2013) dikoordinir oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Jadwal USBN

Jadwal pelaksanaan USBN dan USBN Susulan ditetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota/Kantor Kementerian Agama sesuai kewenangannya berdasarkan zona/kluster MGMP. Penetapan jadwal USBN di masing-masing zona/kluster menimbang-nimbang beberapa hal berikut.
1. Ketuntasan kurikulum;
2. Kalender akademik di masing-masing satuan pendidikan;
3. Hari libur nasional/keagamaan;
4. Jadwal ujian nasional;
5. Jadwal pengumuman kelulusan; dan
6. Moda pelaksanaan ujian (berbasis kertas/komputer).

Moda Pelaksanaan USBN

USBN dapat dilaksanakan dengan moda cobaan berbasis kertas, ujian berbasis komputer atau variasi ujian berbasis komputer dan kertas. Pelaksanaan USBN berbasis komputer memikirkan beberapa hal sebagai berikut.
1. Soal USBN tetap harus meliputi bentuk soal pilihan ganda dan soal uraian;
2. Kesiapan infrastruktur;
3. Kesiapan aplikasi; dan
4. Kesiapan sumber daya.
Pengiriman nilai USBN ke Panitia UN Tingkat Pusat paling lambat seminggu sebelum pengumuman kelulusan dari satuan pendidikan memakai aplikasi dari Kemendikbud;

Berikut Tanggal-Tanggal Penting UN 2019

Ujian Nasional SMP/MTs
  1. Sinkronisasi UN SMP/MTs Jumat-Sabtu 19-20 April 2019
  2. UN SMP/MTs Senin-Kamis 22-25 April 2019 UN Sekolah Menengah Pertama/MTs Khusus di Provinsi Papua, Papua Barat, dan NTT Selasa-Jumat 23-26 April 2019
  3. Sinkronisasi UN Susulan Sekolah Menengah Pertama/MTs Sabtu-Minggu 27-28 April 2019
  4. UN Susulan Sekolah Menengah Pertama/MTs Senin-Selasa 29-30 April 2019
  5. Pemindaian UN dan UN Susulan Selasa-Senin 23 April-6 Mei 2019
  6. Pengiriman Hasil Pemindaian Selasa 7 Mei 2019
  7. Skoring Rabu-Jumat 8-24 Mei 2019
  8. Penyerahan Hasil UN ke Provinsi Sabtu 25 Mei 2019
  9. Pengumuman Hasil UN di Satuan Pendidikan Senin-Selasa 27-28 Mei 2019
Baca juga:  Pengumuman Hasil Seleksi Duta Rumah Mencar Ilmu Tahun 2018
Untuk lebih lengkapnya silahkan anda download POS USBN dan POS UN di bawah ini:
banner 336x280
banner 120x600
  • Share