banner 728x250

Download Permendikbud No 10 Tahun 2018 Perihal Juknis Penyaluran Tpp, Tk Dan Tpg

  • Share
banner 468x60

Pada posting ini berisi Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi (TPP), Tunjangan Khusus (TK), Dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (TPG).

Dalam Permendikbud ini ada beberapa perumpamaan yang perlu anda pahami, yakni:

  1. Guru yakni pendidik profesional dengan peran utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan memeriksa penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
  2. Tunjangan Profesi yakni dukungan yang diberikan kepada Guru yang memiliki akta pendidik selaku penghargaan atas profesionalitasnya.
  3. Tunjangan Khusus adalah dukungan yang diberikan kepada Guru sebagai kompensasi atas kesulitan hidup yang dihadapi dalam melakukan tugas di kawasan khusus.
  4. Tambahan Penghasilan yakni sejumlah duit yang diberikan terhadap Guru pegawai negeri sipil tempat yang belum bersertifikat pendidik yang menyanggupi tolok ukur sebagai akseptor aksesori penghasilan.
  5. Daerah Khusus adalah daerah yang terpencil atau ndeso, daerah dengan kondisi masyarakat adab yang terpencil, kawasan perbatasan dengan negara lain, daerah yang mengalami bencana alam, peristiwa sosial, atau daerah yang berada dalam kondisi darurat lain dan/atau pulaupulau kecil terluar.
  6. Pemda yaitu kepala daerah selaku bagian penyelenggara pemerintahan tempat yang memimpin pelaksanaan permasalahan pemerintahan yang menjadi kewenangan tempat otonom.
  7. Kementerian adalah kementerian yang mengadakan permasalahan pemerintahan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
  8. Menteri ialah Menteri yang menyelenggarakan masalah pemerintahan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Petunjuk teknis penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) merupakan pedoman bagi Kementerian dan Pemda dalam menunjukkan Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan terhadap Guru PNSD.

banner 336x280

Guru PNSD meliputi:

a. Guru;
b. Guru yang diberi tugas selaku kepala satuan pendidikan;
c. Guru yang mendapat peran embel-embel; dan
d. Guru yang diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan.

Lebih lengkapnya, silahkan anda baca Permendikbud No 10 Tahun 2018 Tentang Juknis Penyaluran TPP, Taman Kanak-kanak dan TPG di bawah ini:

Baca juga:  Lebih Dari 100 Ribu Pengguna Aplikasi Khutbah Jumat Nu Karya Mung Media
banner 336x280
banner 120x600
  • Share