banner 728x250

Dongeng Faktual: Saldo Atm Ayah Saya Habis Dikuras Penipu

  • Share
banner 468x60

Halo, apa kabar? Pada artikel kali ini aku akan sharing peristiwa yang dialami oleh keluarga aku sendiri yaitu ayah saya yang terkena tindak kejahatan penipuan. Penipuan yang di maksud bukanlah penipuan online atau lainnya namun penipuan yang langsung terjadi di area mesin ATM. Silahkan simak hingga habis ya dan nanti jangan lupa dishare postingan ini semoga teman, kerabat dan orang yang lain mampu terhindar dari langkah-langkah kejahatan yang serupa. Berdasarkan pengalaman ini juga aku akan berikan kiat untuk menghindari tindak penipuan seperti ini.

 Pada postingan kali ini saya akan sharing kejadian yang dialami oleh keluarga saya sendir Kisah Nyata: Saldo ATM Ayah Saya Habis Dikuras Penipu
Cerita cerita positif korban penipuan kartu ATM di mesin ATM saldo hilang menyusut habis

Awal dongeng tertipuĀ 

Oh ya, sebelum aku bercerita saya perlu menyatakan Disclaimer bahwa pihak mini market, klinik dan bank yang aku sebutkan pada artikel ini tidak terlibat dalam tindak penipuan dan penipuan ini murni dikerjakan oleh penipu tanpa melibatkan mini market, klinik dan bank.

banner 336x280
Baiklah aku mulai ceritanya, aku ceritakan kembali pada Anda sesuai dengan apa yang diceritakan oleh ayah aku pada saya.
Pada pagi hari itu, Minggu tanggal 06 Septermber 2020, ayah saya mirip lazimnya berolahraga jalan kalem berkeliling area sekitar rumah. Semenjak pandemi ini ayah tiap hari berolah raga sambil berjemur. Pada kesempatan berolah raga itu ayah saya memutuskan untuk pergi mengambil uang di ATM BCA yang ada di mini market Alfamart.
Saat datang giliran antrian, ayah saya mulai memasukkan kartu ATM ke mesin ATM. Ternyata dikala memasukkan kartu ATM, kartu ATM milik ayah aku tidak mampu masuk ke dalam.
Saat itulah ada seorang pria yang menyampaikan “kebalik itu pak kartunya” ke ayah aku tetapi ayah saya tetap yakin kartu ATMnya tidak terbalik. Pria itu meminta ayah saya untuk mundur. Pria itu membantu memasukkan kartu ATM ayah aku. Ternyata kartu ATM juga tidak bisa dimasukkan. Karena ayah aku curiga maka ayah aku meminta kartu ATMnya kemudian pergi pindah ke ATM lain untuk mengambil duit di sana.
Saat ayah saya datang di ATM BCA yang ada di pom bensin (SPBU), ayah saya memasukkan kartu ATMnya dan ketika memasukkan kartu ATMnya ke mesin ATM, kartu ATMnya mampu masuk namun saat memasukkan nomor PIN, salah hingga dua kali. Saat itulah ayah saya sadar bahwa kartu ATMnya telah ditukar. Menurut ayah saya, ayah aku tak maumemasukkan nomor PIN sampai tiga kali karena nanti kartu ATMnya akan tertelan ke mesin ATM.
Setelah mengenali hal tersebut lalu ayah saya pulang ke rumah dan menceritakannya pada aku. Langsung aku bantu ayah saya untuk memblokir kartu ATM via aplikasi mobile banking BCA milik ayah aku. Kaprikornus sehabis kartu ATM diblokir, kartu ATM yang ada di tangan pencuri tersebut otomatis tidak akan dapat digunakan lagi.

Gerak-gerik penipu

Menurut ayah saya, setelah diingat-ingat, ada keganjilan dikala ayah aku hendak masuk ke dalam mini market. Saat ayah aku hendak masuk ke pintu mini market dari luar, dari arah dalam ada perempuan (customer Alfamart) yang akan keluar namun ketika ketika ayah aku hendak masuk, tiba-datang dari belakang tiba seorang laki-laki yang masuk serentak dengan ayah aku berdampingan masuk hingga menciptakan sang perempuan di depan tidak dapat keluar.
Setelah masuk, laki-laki tersebut langsung mendahului ayah saya dan sengaja memposisikan dirinya di depan ayah aku dalam antrian ATM BCA. Saat pria di depan ayah aku itu datang gilirannya ke mesin ATM, pria itu seolah bertransaksi di mesin ATM tetapi kepalanya menengok ke kanan ke kiri seolah mencari tahu apakah ini kondusif atau tidak. Orang itu menurut ayah aku tidak konsentrasi ke transaksinya.
Setelah orang yang menengok kiri kanan itu selesai bertransaksi di ATM, giliran ayah saya maju ke mesin ATM. Ayah saya menjajal memasukkan kartu ATMnya namun gagal. Lalu orang yang di depan ayah tadilah mengatakan “kartu atmnya terbalik”.
Makara orang yang masuk ke Alfamart mendahului ayah saya, orang yang memposisikan dirinya bangun di dalam antrian di depan ayah aku, orang yang menengok kanan kiri ketika di mesin ATM dan orang yang mengatakan pada ayah saya “kartu atmnya terbalik” dan juga menolong memasukkan kartu ayah aku adalah orang yang serupa.
Itulah ternyata tujuan si laki-laki tersebut bergegas masuk ke dalam mini market adalah ingin berada di depan ayah aku dan sengaja membuat kartu ATM ayah saya tidak dapat masuk ke dalam mesin ATM.

Cara penipu mendapatkan nomor PIN ATM

Entah bagaimana pria penipu itu memperoleh nomor PIN ATM ayah saya. Apakah beliau memasang alat pemindai ATM saat ayah saya memasukkan kartu ATM yang dapat mengcopy PIN ATM ayah saya, atau penipu tersebut dengan segera mempengaruhi ayah aku untuk meminta PIN ATM. Yang tentu saja ayah aku merasa ketika memasukkan kartu ATM gagal, ayah aku belum sempat memasukkan atau menekan nomor PIN ATM dan ayah saya tidak usang berada di mesin ATM Alfamart (langsung pergi ke ATM BCA yang ada di SPBU).
ATM yang kini berada di tangan ayah aku (yang ditukar oleh penipu itu) sama persis warna dan coraknya dengan kartu ATM milik ayah aku. Kartu ATMnya juga sama-sama terdapat logo GPN. Itulah mengapa ayah saya tidak merasa curiga dengan kartu yang ditukar. Sepertinya (mungkin), sebelumnya mereka (bisa jadi tidak cuma satu orang) selama ini memantau gerak-gerik ayah, kapan ayah ke ATM, dan memperhatikan kartu ATM corak apa yang digunakan dan mungkin sebelumnya mereka juga sudah mengawasi cara ayah memencet tombol PIN sehingga nomer PIN ayah saya mereka peroleh.

Cara penipu menyedot saldo ATM

Sempat aku cek mutasi rekening ayah saya di aplikasi mobile bangking BCA, penipu itu dua kali menawan uang tunai lewat ATM bank lain di daerah lain (bukan di lokasi daerah menipu ayah saya). Mungkin supaya aman penipu itu secepatnya pergi dari ATM BCA Alfamart biar kalau ayah saya kembali ke Alfamart ayah saya tidak mendapatkan si penipu.
Penipu itu menarik uang di ATM non BCA yang berada di klinik akrab mini market Alfamart dan cuma menyisihkan uang di saldo ATM ayah aku di bawah Rp 50.000. Penipu itu menawan duit di tanggal yang sama eksklusif sehabis berhasil menerima kartu ATM ayah saya.

Bagaimana tips atau cara biar terhindar dari penipuan di ATM

Dari pelajaran di atas, mampu kita pelajari bahwa
  • Seperti halnya pria yang menyelak dikala masuk ke mini market, waspadai gerakan orang di sekeliling Anda saat berada di mesin ATM
  • Jangan pernah mendapatkan bantuan orang lain di mesin ATM
  • Hafalkan nomor kartu ATM Anda. Jika kartu Anda ditukar Anda akan tahu bahwa kartu itu bukan milik Anda yang dapat Anda diketahui dari nomor kartu ATMnya
  • Jika kartu ATM Anda hilang atau Anda merasa kartu ATM Anda di tangan pencuri/penipu, secepatnya blokir kartu ATM Anda agar pencuri/penipu tidak mampu menyedot uang Anda baik menarik duit tunai, transfer ke bank yang sama atau ke bank lain, atau untuk dipakai untuk berbelanja dengan cara debit. Penipu tidak menghiraukan berapapun jumlah duit saldo Anda, sedikit pun berapapun akan dihabiskan oleh mereka.
    Anda dapat memblokir kartu ATMnya dengan cara memblokirnya melalui aplikasi, atau Anda mampu langsung menelepon call center bank Anda
  • Jika Anda mengambil duit atau melakukan tarik tunai, baiknya dicoba mengambil di ATM yang berbeda supaya anda terhindar dari penipu yang mempelajari jadwal anda ke ATM
  • Jika anda selalu mengambil uang di mesin ATM yang serupa, baiknya random atau acak jam anda ke ATM supaya lagi-lagi anda tidak mudah dipantau oleh penipu
  • Rubah nomor PIN ATM anda secara terencana
Ayah saya merasa tidak perlu melaporkan hal ini ke pihak berwajib dan telah mengikhlaskannya. Saat artikel ini dibentuk ayah aku sudah melaksanakan penggantian ATM ke bank BCA terdekat.
Demikian cerita singkat ini mengenai penipuan tukar kartu ATM. Semoga anda dan keluarga terhindar dari tindak kejahatan dan senantiasa dalam lindungan Tuhan YME
banner 336x280
Baca juga:  Cara Menangani Duduk Perkara Aplikasi Gboard, Voice To Text Tidak Aktif
banner 120x600
  • Share