Contoh Soal Teks Sastra Dan Non-Sastra Beserta Kunci Tanggapan Dan Pembahasannya

Diposting pada
Berikut ini merupakan Contoh Soal  Pilihan Ganda Teks Sastra dan Non-Sastra yang terdapat dalam dalam Soal UN. Sekaligus ditulis Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat dan sanggup diunduh alias di-download dengan mudah.
Soal Nomor 4
Bacalah teks berikut!
Jenderal Besar Soedirman, lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliau merupakan salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia.  Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan ulet di kepanduan Hizbul Wathan. Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah
a. Seorang guru HIS Muhammadiyah
b. menjadi Jenderal dikala usianya 31 tahun
c. pejuang dan hero Muhammadiyah
d. pemimpin perang gerilya melawan musuh

KUNCI JAWABAN: B
PEMBAHASAN:
Yang ditanyakan dalam soal di atas yakni berkaitan dengan keistimewaan tokoh. Jawaban A, C, dan D sama benarnya berdasarkan bacaan. Tetapi kurang sempurna jikalau disebut istimewa. spesial yakni hal yang tidak sanggup dimiliki atau sangat sulit dilakukan oleh orang lain. Perbedaan  Keistimewaan dan hal yang sanggup diteladani dari tokoh sanggup dibaca di sini. Maka, hal yang tidak mungkin dilakukan oleh orang lain yakni menjadi Jenderal di usia yang masih sangat muda, yaitu usia 31 tahun.
Baca Juga: Contoh Soal Keistimewaan Tokoh dan Biografi Tokoh

SOAL NOMOR 6


Bacalah teks berikut!
Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan menggelar pemusatan latihan di Eropa. Ternyata, ada beberapa sajian wajib yang dibwa oleh Evan Dimas dan kawan-kawan ke salah satu negara benua biru tersebut. Kecap jadi ‘barang’ yang wajib dibawa. Kecap sebagai penyedap makanan kondusif untuk dikonsumsi Timnas U-19.
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah…
a. Jadwal Pemusatan Latihan Timnas U-19 di Indonesia.
b. Persiapan yang dibawa Evan Dimas dan kawan-kawan.
c. Kecap yakni makanan kesukaan seluruh Timnas U-19.
d. Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan latihan di Eropa
KUNCI JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Jawaban nomor satu salah alasannya yakni latihan akan dilaksanakan di Eropa. Jawaban B salah alasannya yakni yang dibahas dalam teks soal di atas berkaitan dengan jadwal latihan, dan sajian yang dibawa bukan membahas persiapan yang dibawa oleh Evan Dimas. Pernyataan Kecap sebagai sajian kesukaan juga tidak terdapat pada teks bacaan soal alasannya yakni hanya disebutkan wajib dibawa alasannya yakni penyedap makanan yang aman.
SOAL NOMOR 8
Bacalah teks berikut!
Kebersihan lingkungan sekolah yakni hal yang tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan sekolah. Dengan kebersihan lingkungan sekolah menjadi nyaman. Kenyamanan mereka menjadi faktor penunjang keberhasilan mencar ilmu bagi siswa. Dengan kenyamanan itu pula, para guru lancar menjalankan tugasnya.
Kebersihan lingkungan sekolah juga mendukung kesehatan warga sekolah. Dengan lingkugnan yang bersih, sekolah terbebas dari banyak sekali penyakit. Penyakit berat maupun ringan tidak akan menyerang warga sekolah.
Ringkasan teks tersebut adalah….
a. Kebersihan lingkungan sekolah menciptakan warga sekolah menjadi nyaman dan sehat.
b. Kebersihan lingkungan tidak terpisahkan dengan kesehatan warga sekolah yang nyaman.
c. Kebersihan lingkungan sekolah mendukung keberhasilan kesehatan seluruh warga sekolah.
d. Kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi penjamin kesehatan dan keberhasilan warga sekolah.
KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Yang ditanyakan dalam soal di atas yakni ringkasan teks. Ringkasan teks harus meliputi inti seluruh bacaan. Teks di atas terdiri dari dua paragraf, maka masing-masing paragraf harus terwakili wangsit pokoknya. Ide pokok paragraf pertama yakni kaitan keberhasilan lingkungan sekolah dengan kesehatan warga sekolah. Paragraf kedua membahas kaitan kebersihan sekolah dengan keberhasilan warga sekolah. Jadi, yang sangat mungkin yakni tanggapan C, dan D. Jawaban C lebih sempurna dari tanggapan D alasannya yakni dalam tanggapan C, kebersihan disebut sebagai pendukung, sesuai dengan teksnya. Bukannya penjamin.
SOAL NOMOR 12
Bacalah teks berikut!
(1) Secara umum, saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang menyampaikan bahwa game online memiliki imbas negatif. (2) Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji  secara akademis. (3) Banyak juga imbas positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jikalau mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab. (4) Untuk itu, para orang renta dalam memperlihatkan isyarat dan bimbingan wacana kewajiban mencar ilmu dan kesadaran pemenuhan hobi harus mempertimbangkan porsi masing-masing. (5) Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. (6) Penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Kalimat yang menyatakan persetujuan terdapat pada kalimat nomor….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
KUNCI JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Yang ditanyakan dalam soal di atas yakni letak persetujuan dalam teks. Wujud persetujuan adan mengiyakan, tidak menolak, dan bersepakat. Maka, pilihan tanggapan yang paling mungkin yakni tanggapan nomor satu alasannya yakni sudah terperinci dalam kalimat terdapat kata sepakat.
SOAL NOMOR 13
Bacalah kalimat berikut!
Gambar itu memakai warna dasar putih kebiru-biruan.
Makna kata dasar pada kalimat tersebut adalah….
a. tanah di bab bawah.
b. latar yang menjadi alas.
c. bab yang paling bawah.
d. landasan yang paling utama.
KUNCI JAWABAN: B
PEMBAHASAN:
Kata dasar dalam KBBI mempunyai sepuluh arti. Masing-masing pilihan tanggapan yakni makna dasar sesuai kamus. Akan tetapi tidak semuanya sesuai dengan konteks kalimat dalam soal di atas. Pilihan A terperinci salah alasannya yakni disebutkan tanah sementara dalam soal disebutkan warna. Pilihan B sempurna alasannya yakni warna berkaitan dengan latar atau background dalam bahasa Inggris.  Jawaban C tidak sempurna alasannya yakni kata dasar yang bermakna bab paling bawah berkaitan dengan tumpukan. Sementara tanggapan D juga tidak sempurna alasannya yakni kata dasar yang berkaitan dengan makna tersebut berkaitan dangan ilmu  dan hukum, contohnya dasar negara.
SOAL NOMOR 14
Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Riwayat Sang Pemimpin
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit     : PT Remaja Rosda Karya Bandung
Keunggulan         : Penggunaan bahasa gampang dipahami
Kelemahan          : Banyak salah dalam penulisan kata
Paragraf yang sempurna berdasarkan data buku tersebut adalah….
a. Isi buku ini bercerita wacana keadilan dan budi Sang Pemimpin menjadi raja. Tulisannya cukup terperinci dan dicetak dengan benar.
b. Bahasa yang dipakai dalam buku ini sanggup dipahami dan komunikatif, tetapi pembaca tertanggu alasannya yakni banyak kata yang tercetak salah.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi dongeng sehigga gampang dimengerti. Walaupun demikian, buku ini harus dilengkapi dengan kata-kata baku.
d. Buku berjudul Riwayat Sang Pemimpin karya Ismail Pamungkas dengan penerbit PT Remaja Rosda Karya Bandung memakai bahasa yang gampang dipahami walaupun banyak kesalahan penulisan kata.
KUNCI JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Sebuah resensi buku mengharuskan isu yang lengkap sesuai dengan data buku. Jawaban yang paling sesuai dengan data buku ada pada pilihan D. Hal ini alasannya yakni data yang lengkap dan pernyataan yang sesuai. Sementara pilihan tanggapan yang lain tidak sesuai dan tidak selengkap tanggapan D.
SOAL NOMOR 16
Bacalah kutipan dongeng berikut!
“Maaf, Bu!” pintaku santun kepada Bu Laras “Saya mengantuk, Bu”.
“Tidak apa-apa, Sab. Silakan basuh muka kalau kau mengantuk, Sab!”
Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatkau aib serta kesal pada diriku sendiri. Leherku terasa sakit alasannya yakni menahan tangis kekesalanku.
“Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu dikala kalian sanggup saja mengantuk.” Nasihat Bu Laras dengan lembut dan tenang.
Konflik kutipan novel tersebut adalah…
a. usul maaf Sab kepada Bu Laras.
b. Bu Laras mempersilakan Sab mencuci muka.
c. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
d. Bu Laras menghibur Sab yang kesal.
KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Inti dari konflik yakni permasalahan. Sebuah problem belum tentu menjadi permasalah (konflik). Permasalahan yang muncul dalam teks sastra di atas yakni Sab yang kesal alasannya yakni ditertawakan. Bahkan diceritakan bahwa Sab hingga mencicipi sakit di lehernya alasannya yakni menahan kesal. Berarti itu yakni maslah yang pelik.
SOAL NOMOR 21
Bacalah teks dongeng berikut!
Berbagai pikiran jelek menghantui kepala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak menuruni lereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke puncak atau berjalan berputar-putar mengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana hingga habis tenaganya.
Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah…
a. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
b. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lembah.
c. Pencarian terhadap tokoh dilarang alasannya yakni lelah.
d. Pencarian terhadap tokoh dilarang alasannya yakni tokoh tewas.
KUNCI JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Tokoh Flo masih belum ditemukan alasannya yakni masih ada pertanyaan, kemanakah engka gadis kecil? Hal ini mengindikasikan bahwa yang bersangkutan (tokoh Flo) masih dicari. Adapun berkaitan dengan latar tempat, itu masih ada dalam pikiran pengarang, masih bisa saja jadi masih belum pasti. Pernyataan pencarian dilarang juga tidak terdapat dalam teks sastra di atas. Pilihan tanggapan yang terakhir juga salah alasannya yakni tidak ada pernyataan tokoh flo tewas.
SOAL NOMOR 24
Bacalah teks berikut!
Tidak biasa saya berlibur dengan keluarga. Kepergian ini hanyalah alasannya yakni anak yang hidup di tengah keramaian Jakarta, yang berangkat subuh dan pulang tengah malam dari kantornya. Ada kejenuhan dalam tugasnya yang rutin, menciptakan ia mengambil keputusan berlibur ke Bali bersama orang tua. Aku yang biasa masuk kantor dan pulang kantor selama puluhan tahun, kerapkali lupa cuti alasannya yakni tidak tahu apa yang harus dilakukan waktu cuti. Dan kini, saya duduk di tepi Laut Hindia, menyaksikan ombak  memukul-mukul pantai, senja turun ke tepi laut, matahari memerah dan bundar, cahaya keindahan Tuhan sangat mengesankan ratusan orang dari banyak sekali bangsa terpaku di atas batu-batu.
Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah….
a. bekerjalah dengan ulet untuk mengejar kerier
b. dalam bekerja jangan melupakan orang tua
c. perlu ada waktu untuk beristirahat
d. berlibur dibutuhkan setiap saat
KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Nilai moral dalam sebuah teks sastra sanggup diketahui melalui pembacaan secara menyeluruh. Juga harus diubahsuaikan dengan teks yang dibaca. Dalam teks sastra di atas diceritakan bahwa tokoh saya yakni pekerja keras yang hingga lupa cuti. Di bab simpulan teks, disebutkan bahwa tokoh saya sedang menikmati pemandangan ciptaan Tuhan. Jadi, yang paling sempurna yakni C. Jawaban A tidak sesuai alasannya yakni tidak membahas dengan kesuksesan karier. Sementara dalam teks sastra juga tidak membahas hubungan dengan orang tua. Jawaban D juga bukan sebuah nilai moral alasannya yakni sangat tidak  mungkin untuk berlibur setiap saat.
SOAL NOMOR 25
Bacalah teks berikut!
TEKS 1
“Chendy, Chendy, Chendy, bangun, Nak!” Teriak Ibu Sulyem, Ibunda Chendy dari luar kamar. Ketika tidak ada tanggapan Ibu Sulyem masuk dan menggoyangkan tubuh Chendy. Ibu Sulyem tekeju. “Hah! Badanmu panas sekali. Cepat bangun, kita eksklusif ke dokter saja.” Seisi rumah menjadi hboh. Ayah, Mahendra, Kakak Chendy, dan Dicki supir keluara Chendy ikut panik.
TEKS 2
Gunung Marbela sudah usang tidak memperlihatkan aktivitasnya. Gunug in dijadikan objek wisata oleh massyarakat sekitarnya. Selain pemandangannya indah di Gunugn Marbela juga tumbuh bunga langka yang hanya tumbuh di Gunung Marbela. Tidak mengherankan dikala liburan, banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.
Perbedaan pola pengembangan kedua teks di atas adalah….
TEKS 1
TEKS 2
A
Dimulai dengan lokasi
Dimulai dengan aksi
B
Dimulai dengan aksi
Dimulai dengan lokasi
C
Dimulai dengan garis besar masalah
Dimulai dngan aksi
D
Dimulai dengan lokasi
Dimulai dengan garis besar masalah
KUNCI JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Untuk mengerjakan tipe soal pembandingan dua teks menyerupai ini, maka yang harus dilakukan yakni menelaah satu teks terlebih dahulu. Misalnya, teks 1 yang diamati. Dibandingkan dengan pilihan jawabannya. Maka sanggup diketahui bahwa pilihan tanggapan yang paling memungkinkan yakni dimulai dengan lokasi. Karena bab awal dongeng menyebutkan bahwa, Ibunda Chendy dari luar kamar jadi lokasinya ada di luar kamar. Pilihan tanggapan yang mungkin yakni A dan D. Sementara teks yang kedua yang paling pas yakni D alasannya yakni kalimat pertama merupakan wangsit pokok keseluruhan teks.

Semoga Contoh Soal dan Pembahasannya ini bermanfaat untuk menambah refernsi teks sastra dan teks non sastra untuk persiapan Ujian Nasional. Silahkan diunduh alias di-download untuk latihan soal.