Contoh Laporan Aktivitas Bumdesa Jawa Timur

Diposting pada
 LAPORAN KEGIATAN
(Progress Report)

 BUMDesa Sukamakmur
BADAN USAHA MILIK DESA SUKAMAKMUR
DESA SUKAMAKMUR
KECAMATAN AJUNG
JEMBER


PENDAHULUAN
Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk menjalankan jadwal pembangunan berkelanjutan. Maka dari itu, Pemprov Jawa Timur selalu berbagi penemuan jadwal yang sanggup diakses oleh seluruh masyarakat seluruh Jawa Timur, baik yang ada di kota maupun di desa.
Salah satu jadwal yang dilaksanakan ialah Jalin Matra PK2 (Jalan Lain Menuju Sejahter Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan). Sukamakmur ialah salah satu wilayah yang mempunyai kerentanan kemiskinan, tetapi mempunyai potensi yang layak untuk dikembangkan guna mendukung peningkatan tingkat kesejahteraan dan perokonomian warganya. Khususnya warga yang rentan miskin.

TERBENTUKNYA BUMDesa SUKAMAKMUR
Sukamakmur terpilih sebagai salah satu Desa yang menjadi lokasi jadwal Jalin Matra PK2 Povinsi Jawa Timur. Pelaksanaan Program Jalin Matra PK2 Provinsi Jawa Timur diwujudkan dengan dibentuknya Badan Usaha Milik Desa Sukamakmur sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor 04/412.31/17.2001/2019 pada tanggal 22 April 2019.
Adapun pengurus BUMDesa Sukamakmur ialah sebebagai berikut:
Ketua                     : M. Irmal Haki
Sekretaris              : Cak Mun
Bendahara             : Ulya Muniroh
Penetapan pengurus tersebut menurut hasil Pra Rembug Warga dan Rembug Warga yang dilaksanakan pada 22 April 2019 bertempat di Desa Sukamakmur.
ANALISIS POTENSI DESA
Setelah BUMDesa Sukamakmur terbentuk, langkah yang dilakukan selanjutnya ialah analsis potensi desa. Dari hasil analisis potensi desa yang dilakukan oleh pengurus BUMDesa Sukamakmur bersama dengan stakeholders dan pihak terkait. Maka, diketahui di desa Sukamakmur, terdapat potensi di bidang pertanian dan bidang perdagangan. Ha ini sebab sebagian besar penduduk Sukamakmur bermata pencaharian sebagai petani, selain itu juga mempunyai kecakapan dalam dunia perdagangan.
PEMBENTUKAN KELOMPOK MASYARAKAT
Setelah BUMDesa Sukamakmur dibuat dan pengurusnya ditetapkan, Pengurus BUMDesa bergerak cepat dengan melaksanakan acara verivikasi dan evaluasi kelayakan perjuangan dari warga yang telah mengajukan. Berdasarkan hasil verifikasi tersebut sanggup diketahui bahwa yang mengajukan permohonan pinjaman sebanyak lima kelompok, tetapi menurut hasil verifikasi, kelompok yang layak untuk diberi pinjaman modal perjuangan para anggotanya hanya ada empat kelompok.
Masing-masing kelompok tersebut adalah:
          Mangaran 1
          Mangaran 2
          Plalangan 1
          Plalangan 2
Masing-masing kelompok tersebut mempunyai sepuluh anggota. Jadi, anggota BUMDesa Sukamakmur sebanyak 40 orang.
Pembentukan Kelompok Masyarakat peserta jadwal Jalin Matra PK2 BUMDesa Sukamakmur  sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor: 06/412.31/17.2001/2019 tanggal 11 Mei 2019.
PERSIAPAN PENCAIRAN DAN PENCAIRANNYA
Dalam perkembangannya, proses pencairan dan pengajuan pemohonan diibutuhkn biar sanggup mencairkan pemberian yang ditujukan untuk desa Sukamkmur.
Adapun jaminanan (agunan) yang diberikan kepada peminjam ialah dalam bentuk saling percaya dan menjaga kepercayaan.
Pelaksanaan pencairan dana kepada anggota kelompk msyarakat dilaksanakan padah hari Sabtu, 27 Agustus 2019. Penyaluran dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahapa pertama BUMDesa menyerhkan kepada Ketua Pokmas untuk kemudian disalurkan kepada seluruh anggotanya. Dalam proses pembuatan berkas dan proses pencairannya, tidak sama sekali kendalaha atau keslutian yang dialamai oleh beberapa orang.
TAHAP PENGEMBALIAN
Adapun dikala ini, BUMDesa Sukamakmur sedang mengelola pembiayaan yang  melibatkan dana dalam jumlah yang besar.  Maka dari itu, Pengurus BUMDesa Sukamakmur berusaha sekat tenaga biar tingkat pengembalian kredit di tingkat tertinggi yaitu seratus persen semua.
Adapun, tingkat pengembalian kredit yang sudah dilakukan ialah sebanyak seratus persen. Dalam proses pengembalian sepenuhnya, Pengurus BUMDesa Sukamakmur sempat mendatangi dan memantau acara perekonomian yan dilakukan oleh membersihkan saluran iriggasi yangi iku memperbaiki mutu layanan pendidikan yang ujung-ujungnya meningkatkan skesejahteraan.
PENUTUP
Demikian laporan singkat mengenai perkembangan dan keadaan BUMDesa Sukamakmur ini dibuat.  Laporan ini semoga sanggup dipakai sebagaimana mestinya adan akan dilakukan perbaikan sepenuhnya jka terjadi kesalahan.
Atas perhatian semua pihak, kami ucapkan terima kasih.
Ajung, November 2019
Ketua BUMDesa Sukamakmur
M. Irmal Haki