Ciri-Ciri Atau Karakteristik Model Pembelajaran Inovasi (Discovery Learning)

Diposting pada
Ciri-ciri model pembelajaran inovasi atau discovery learning ada tiga yaitu:
1. Mengeksplorasi dan memecahkan masalah.
Tujuan memecahkan duduk kasus ini ialah untuk membuat pengetahuan yang sama sekali baru, menggabungkan pengetahuan-pengetahuan yang sudah dimiliki, lalu menggeneralisasi ilmu pengetahuan.
2. Berpusat pada penerima didik.
Dalam pembelajaran berbasis penemuan, penerima didik harus aktif menemukan gosip yang lalu diolah menjadi pengetahuan. Mencari dari sumber-sumber gosip yang telah ada dan tersedia dalam banyak sekali bentuk. Baik berupa benda yang harus diamati, atau rujukan tertulis atau pun narasumber.
3. Adanya acara untuk  menggabungkan pengetahuan gres dan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.

Ciri pembelajaran inovasi ini menunjukkan adanya pengembangan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh siswa. Pengetahuan yang gres ditemukan digabungkan dengan pengetahuan siswa sebelumnya.

Selain mempunyai ciri-ciri di atas. Ciri-ciri pembelajaran berbasis inovasi atau discovery learning juga sanggup diketahui dengan adanya karakteristik berikut ini:
1. Guru berperan sebagai pembimbing;
2. Peserta didik (siswa) bertindak sebagai seorang penemu, peneliti, dan ilmuwan;
3. Bahan latih berupa informasi;
4. Peserta didik (siswa) melaksanakan acara menghimpun, mengategorikan, menganalisis, serta menyimpulkan gosip dan pengetahuan menurut gosip yang disajikan.
Jadi, ciri yang sangat menonjol dalam pembelajaran inovasi ialah siswa yang aktif menggali gosip dan data, mengolahnya, lalu menjadikannya pengetahuan gres menurut gosip yang sudah dimiliki sebelumnya.
Guru berperan sebagai pembimbing yang menyediakan sumber informasi, menunjukkan sumber informasi. Kemudian biarkan siswa yang mencari dan menggali gosip tersebut. Selanjutnya, guru berperan sebagai pembimbing untuk mengonstruksi pengetahuan siswa. Menggabungkan gosip yang sudah dimiliki lalu digabung, dan diperkaya dengan gosip baru.
Jika ciri-ciri pembelajaran inovasi ini sudah ada dalam proses pembelajaran berarti sudah menunjukkan adanya acara dengan model yang tepat, yaitu model pembelajaran inovasi (discovery learning).
Artikel Ciiri-ciri atau Karakteristik Model Pembelajaran inovasi ini tidak sanggup disalin-tempel (copas) namun sanggup diunduh dalam format pdf.

Silahkan klik di sini tautan berikut untuk mengunduh materi.

Salam Pustamun!
Silahkan cari gosip lain untuk memperkaya pengetahuan wacana model pembelajaran.