Asus Zenbook Flip S (Ux731), Laptop Mutakhir Terbaru Yang Bisa Wujudkan Resolusi 2021 Gue

Halo sobat-sahabat! Enggak terasa ya sudah seperempat tahun 2021 kita lewati. 
 
Perayaan tahun baru memang sudah berlalu sih. Tapi bukan memiliki arti resolusi yang kita canangkan di simpulan tahun lalu atau awal tahun ini kita lupain gitu aja lho. Setelah melewati Maret, justru kita harus semakin semangat lagi dalam merealisasikan apa yang kita impikan.

Dulu sih gue senantiasa buat resolusi yang banyak setiap kali memasuki tahun gres. Tapi sejak pandemi berjalan, resolusi gue enggak muluk-muluk. Secara garis besar, resolusi gue sederhana saja: tahun 2021 gue pengen hidup lebih sehat dan lebih produktif dalam berkarya. 

Resolusi gue tahun 2021 (dokpri)

Sehat jadi tujuan utama alasannya kesehatan yaitu anugerah yang tak ternilai, apalagi pada era sekarang dimana penyebaran virus covid-19 sedang merebak. Namun sehat saja enggak cukup jikalau tidak memberikan arti. 

Biar tahun ini enggak sia-sia, makanya tahun ini gue kepengen lebih produktif lagi dalam berkarya. Maklum, tahun lalu gue kurang maksimal.

Ngomongin soal karya, selama ini gue menduga bahwa kesempatangue tuh cuman nulis doang. Tapi sesudah gue eksplor lagi, gue gres sadar bahwa ternyata gue juga memiliki peluang dalam kegiatan kreatif yang lain seperti bikin desain, video dan bahkan animasi. 

Sejak itu, gue mencoba aneka macam persaingan dan peluang yang berhubungan dengan bidang rancangan dan video. Keseringan kalah sih. Tapi alhamdulillah beberapa karya visual yang gue ciptakan mendapatkan apresiasi atau penghargaan. Salah satunya terjadi pada tahun kemudian dimana ketika itu gue terpilih sebagai pemenang lomba video Europe on Screen dengan karya yang dikirimkan berbentukanimasi.

Salah satu capaian gue dalam bidang animasi (dokpri)

Dengan raihan yang gue miliki, gue sadar bahwa gue punya peluangyang harus gue kembangkan. Sayangnya, gue punya satu urusan: spesifikasi laptop yang gue punya kini kurang mumpuni. Alhasil, gue masih punya kekurangan dalam menciptakan karya desain dan video.

Selain baterainya yang cepat habis, laptop gue juga suka lemot kalau dipakai untuk mengakses aplikasi yang memorinya besar. Bahkan kadang suka ngehang sendiri. Di samping itu, laptop gue yang kini juga enggak punya fitur stylus pen. 

Makara, bila gue mau buat animasi atau gambar, pasti lebih ribet sebab harus pake mouse. Ukurannya yang tebal juga membuat laptop gue yang kini kurang ringkes kalau mau dibawa kemana-mana.

Dari situ gue berpikir bahwa jika gue pengen lebih produktif dan lebih baik dalam berkarya, gue butuh laptop yang lebih canggih lagi nih. Enggak bisa terus-terusan ngan delin laptop yang kini. Gue pun kepikiran buat ganti laptop. 

Supaya tahu mana laptop yang tepat, gue pun melaksanakan riset di internet. Setelah gugling dan cari gosip ke sana kemari, karenanya gue terpesona sama satu laptop keluaran Asus. Namanya Asus ZenBook Flip S (UX731).

Asus ZenBook Flip S (UX371)
Gue pun makin kesengsem untuk memiliki Asus ZenBook Flip S (UX731) sehabis membaca deskripsi singkat berikut ini:

Komputer era kini memiliki penampilan berlawanan alasannya mereka memang berlainan. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda menerima kecepatan, keselamatan, ketahanan dan desain yang elok. Kami telah melakukan jajak usulan, dan risikonya, orang-orang lebih bahagia ketika berpergian dengan PC terbaru.

PC terbaru juga dilengkapi dengan pena digital yang mempunyai banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga mendapatkan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar saat mereka menggunakan pena digital untuk melakukan soal-soal sains. Tidak semua inspirasi berupa kalimat, sekarang saatnya untuk tuangkan inspirasi secepatnya dalam sketsa atau coretan pena digital di PC terbaru.

4 Alasan Kenapa Asus Zenbook Flip S (UX731) Mampu Wujudkan Resolusi Tahun 2021 Gue

Teman-sahabat mungkin mengajukan pertanyaan-tanya. Kok bisa sih gue terpesona sih sama Asus Zenbook Flip S (UX731)? Kan brand dan seri laptop banyak. Tapi kenapa gue malah milih seri tersebut?

Deskripsi singkat yang gue dapatkan memang menjadi salah satu aspek yang membuat gue mupeng dengan seri modern tersebut. Tapi itu bukan satu-satunya.

Dari spesifikasi yang dimiliki, seenggaknya gue memperoleh bahwa Asus ZenBook Flip S (UX731) ini punya 4 poin yang gue rasa bisa merealisasikan resolusi tahun 2021 gue:

1. Desainnya yang elegan menjadi penyemangat dalam produktif berkarya

Sebagai generasi milenial yang dinamis, gue menganggap bahwa tampilan suatu gawai itu penting. Memang bukan hal yang utama. Namun enggak bisa dipungkiri, tampilan sebuah gawai mampu memberikan impresi bagi siapapun yang melihatnya. Semakin cantik dan elegan tampilannya, maka kian baik pula impresi yang didapatkan.

Ngomongin soal tampilan, ini ia poin yang gue suka dari Asus ZenBook Flip S (UX731). Desainnya juara.

Dengan tepian diamond-cut berawarna merah tembaga dan finishing Jade Black yang awet, Asus ZenBook Flip S (UX731) tampakbegitu elegan. Hadirnya finishing brushed-aluminum di sepanjang tepian keyboard yang makin memanjakan mata lalu membuat laptop ini semakin cantik. Gue yakin, penampilan laptop ini yang ekslusif dan mewah mampu jadi penyemangat gue untuk terus berkarya.

2. Mendukung resolusi gue yang pengen tetap produktif namun juga penggemar rebahan

Gue punya dua sifat yang saling berlawanan. Di satu sisi gue pengen tahun ini hidup gue jadi lebih produktif. Tapi di sisi lain gue penggemar rebahan. Nah lo?!

Semula sih gue berpikir itu mustahil. Tapi setelah gue mengenal spesifikasi yang dimiliki oleh Asus Zenbook Flip S (UX731), gue balasannya sadar bahwa kedua hal yang bertentangan tersebut bekerjsama bisa dilaksanakan secara bersama-sama lho!

Kenapa? Jawabannya ialah alasannya adalah Asus Zenbook Flip S (UX731) didesain sebagai laptop convertible. Dengan fitur engsel Ergolift 360 derajat, laptop ini mampu dilipat dan diubah dalam 4 mode: mulai dari laptop, tenda, dudukan dan bahkan tablet. Wow!

Jadi kalau gue mau rebahan sambil ngedit video, desain atau melakukan kegiatan produktif lainnya dengan laptop ini, wah bisa banget! Asus ZenBook Flip S (UX731) mampu mewujudkannya alasannya bisa diubah layaknya tablet. Apalagi, Asus ZenBook Flip S (UX731) juga sudah dilengkapi dengan stylus pen sehingga gue bisa lebih puas dalam menggambar ataupun menciptakan animasi.

Bentuknya yang bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan juga bisa menyebabkan siapapun penggunanya, tergolong gue buat lebih produktif di mana pun dan kapanpun. Dengan begitu, enggak bakal ada waktu yang tersia-sia. Entah ada di dalam taksi, layanan kendaraan beroda empat sewa daring atau bahkan pesawat, produktivitas bakal terus berjalan!

3. Kecanggihan teknologinya bisa menyebabkan produktivitas gue dalam berkarya

Untuk bisa menciptakan karya seperti rancangan, video dan animasi gue butuh laptop dengan spesifikasi yang mutakhir. Nah, untungnya semuanya terjawab pada Asus ZenBook Flip S (UX731)!

Pertama, laptop ini dilengkapi dengan prosesor 11th Gen Intel Core modern dan Windows Home 10. Dengan prosesor yang diusung, kinerja laptop ini bakal berlangsung lebih maksimal karena menggunakan teknologi terkini.

Dari sisi SSD, gue enggak perlu ketakutan untuk kekurangan memori. Dengan ukuran SSD sebanyak 1TB, yang terjadi malah gue bakal termotivasi untuk bikin karya sebanyak-banyaknya. Mau ngedit video hingga begah pun juga bisa!

Hal yang gue enggak suka saat memakai laptop yaitu dikala laptop yang gue pakai datang-tiba ngehang atau lemot alasannya adalah pada umumnya buka aplikasi. Namun dengan Asus ZenBook Flip S (UX731), gue rasa gue enggak bakal ngalamin lagi. RAMnya yang besar banget ialah sebesar 16 GB mampu menciptakan gue lebih leluasa dalam berkarya.

Sebagai orang yang sering memakai laptop di luar rumah, gue butuh laptop dengan baterai prima. Untungnya fitur baterai yang tertanam pada laptop ini idaman sejuta umat. 

Dengan kapasitas sebesar 67wh, laptop ini mampu bertahan hingga maksimal 16 jam. Alhasil, gue bisa berkarya dimanapun tanpa harus sibuk-sibuk nyari kawasan yang ada stop kontak atau colokannya.

4.  Mendukung resolusi gue untuk hidup lebih sehat dan anti ribet-ribet club

Tak cuma membuat gue dalam merealisasikan resolusi untuk lebih produktif dalam berkarya, Asus ZenBook Flip S (UX731) juga mampu mewujudkan resolusi gue untuk hidup lebih sehat.

Tahu kenapa? Hal itu dikarenakan laptop ini dipersenjatai dengan teknologi layar khusus yang bisa meminimalisasi gelombang biru yang terpancar dan efek flickering. 

Selain itu, layar pada seri ini juga telah dilengkapi dengan sertifikat dari TÜV Rheinland. So, gue enggak perlu khawatir lagi dalam menatap layar alasannya adalah kesehatan mata gue bakalan terjaga.

Meski aman, enggak memiliki arti Asus melupakan mutu resolusi layarnya lho. Faktanya, Asus ZenBook Flip S (UX731) sudah mengusung panel OLED dengan resolusi 4k (3840×2160 px) dan 100% Srgb. Akurasi warnanya juga juara alasannya adalah mempunyai validasi PANTONE kelas pro sehingga menciptakan apa yang ditampilkan di layar akan terlihat lebih positif.

Rasa pegal dan kekauan otot sebab terlalu usang membawa tas terdiri dari laptop sering menjadi dilema utama yang gue alami ketika beraktivitas di luar. Namun dengan berat berukuran 1,2 kg dan ketebalan mencapai 13,9 mm,  hal itu enggak terjadi lagi jikalau gue punya Asus ZenBook Flip S (UX731). Sebab bebannya yang lebih ringan ketimbang laptop kebanyakan mampu menjaga kesehatan bahu gue. 

Makin tepat karena laptop ini juga mempunyai teknologi NanoEdge Display. Tampil dengan bezel yang sungguh tipis, membuat dimensi laptopnya terlihat lebih ringkas sehingga membuat gue lebih praktis dalam membawanya kemana pun.

Yang bikin gue suka lagi chargernya itu anti-mainstream. Pengisian dayanya memakai port USB Type-C sehingga gue enggak perlu lagi bawa charger pelengkap. Kita bahkan bisa mengisi daya laptop dengan menggunakan power bank sebagaimana mengisi daya pada smartphone.

Dengan fitur-fitur unggulan mirip ini, Asus ZenBook Flip S (UX731) tuh memahami banget keperluan generasi digital kayak gue. Enggak semata alasannya bebannya jadi menyusut dan otomatis bisa menjaga kesehatan pundak gue, tetapi juga cocok dengan gue yang anti ribet-ribet club.

Itu beliau beberapa poin yang gue suka dari Asus ZenBook Flip S (UX731). Dari keunggulan-kelebihan yang dipunya, gue yakin laptop mutakhir yang satu ini bisa mewujudkan resolusi 2021 gue. 

Nah, sahabat-sobat sendiri bagaimana dengan resolusi 2021nya? Apa ada kesusahan dalam merealisasikannya? 

Saran gue, coba deh kenalan lebih lanjut juga dengan seri Asus yang gue ceritain tadi. Kenali lagi lebih lanjut juga fitur-fiturnya dan coba  kaitkan juga dengan apa yang ingin lo gapai. Siapa tahu Asus ZenBook Flip S (UX731) enggak cuman bisa wujudin resolusi gue doang, tetapi juga mampu wujudkan resolusi lo juga tahun ini! Info selengkapnya ihwal Asus ZenBook Flip S (UX731) bisa di baca di sini ya.

***Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

Satelit Telkoms3 Berhasil Diorbitkan

Ada kabar terbaru dari teknologi info dan komunikasi dari Indonesia raya tiada lain ialah negara NKRI kita, kabar apakah itu..? Yaitu Satelit Telkom 3S berhasil diorbitkan kemarin (15/02) di Guyana. kabar baik ini tiba lumayan menghebohkan di jaringan komunikasi Khususnya Indonesia, Informasi yang kami dapatkan dari teman yang aktif mengikuti kemajuan di Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

 

Satelit Telkom Indonesia S3 berhasil diorbitkan

Satelit Telkom 3S yakni satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia. Satelit ini​ ​diposisikan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk​ ​lingkaran yang mempunyai sumbu rotasi sama dengan bumi. Satelit Telkom 3S akan meraih​ ​seluruh kawasan Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Satelit Telkom 3S didesain​ ​untuk dapat melayani siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan​ ​komunikasi seluler, serta broadband internet. Untuk vidio tentang klarifikasi devinisi Satelit Telkom 3S yang baru saja sukses diorbitkan ialah selaku berikut:

Kelebihan Satelit Telkom 3S

Dibandingkan satelit lain, Satelit Telkom 3S memiliki sejumlah kelebihan. Satelit Telkom 3S mampu memperlihatkan layanan dengan bit-rate lebih tinggi, sehingga menciptakan mutu komunikasi yang lebih baik. Selain itu Satelit Telkom 3S bisa mendukung siaran televisi bermutu tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, serta broadband internet yang mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur.

Dengan adanya Satelit Telkom 3S berhasil diorbitkan ini pastinya akan memberikan beberapa faedah bagi Negara Indonesia terutama baik bagi Pendidikan, Ekonomi dan lain sebagainya Khususnya untuk telekomunikasi, kami cukup gembira dengan pertumbuhan Teknologi yang berkembang di Indonesia ini dan Semakin cinta NKRI. Dengan berhasilnya satelit Telkom 3S ini untuk orbit di angkasa juga mampu turut serta Membangun indonesia Melalui Tik

Demikianlah informasi yang kami mampu agar bermanfaat bag pemirsa sekalian sebagaipenggiat bahan teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengirim Kecerdasan Buatan

Sejarah Kecerdasan Buatan

Pada tahun 1950-an Alan Turing yang merupakan pionir kecerdasan bikinan dan mahir matematika asal Inggris melakukan percobaan Turing yang dikenal dengan Turing Test, yakni sebuah komputer lewat terminalnya ditaruh pada jarak jauh. Di ujung yang satu ada terminal dengan acara kecerdasan buatan dan di ujung terminal lain ada seorang operator manusia. Operator tersebut tidak mengetahui kalau di ujung terminal telah dipasangi program kecerdasan bikinan. Mereka berkomunikasi dimana terminal di ujung menunjukkan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan operator, dan operator tersebut menduga bahwa dia sedang berkomunikasi dengan operator lainnya yang berada di terminal lain. Oleh karena itu Turing beranggapan bahwa jika mesin mampu menciptakan seorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas layaknya insan.

Definisi Kecerdasan Buatan

Kecerdasan bikinan atau dalam bahasa inggris Artificial Intelligence merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana menciptakan komputer mampu melakukan pekerjaan seperti manusia bahkan diharapkan dapat lebih baik dibanding dengan dikerjakan oleh manusia.
Pada dasarnya kecerdasan produksi merupakan ilmu komputer yang sangat luas, oleh alasannya itu kecerdasan bikinan memiliki aneka macam cabang seperti pada gambar di bawah ini.
Supaya sebuah komputer bisa cerdas layaknya manusia, maka perlu diberi bekal pengetahuan dan memiliki kemampuan untuk menalar atau mempelajari hal-hal gres. Terdapat dua bagian utama yang diharapkan untuk aplikasi yang memiliki kecerdasan bikinan, yaitu basis pengetahuan dan motor inferensi.
  1. Basis Pengetahuan (Knowledge Base) : Berisikan fakta-fakta, teori, pedoman dan korelasi antara satu dengan lainnya.
  2. Motor Inferensi (Inference Engine) : kesanggupan mempesona kesimpulan menurut wawasan yang diperoleh.

Perbedaan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alami

Kelebihan Kecerdasan Buatan

  • Sifatnya permanen, kecerdasan produksi tidak berganti selama tata cara komputer maupun aplikasinya tidak menggantinya.
  • Mudah untuk diduplikasi dan disebarkan, Kecerdasan produksi tersebut bisa disalin dari suatu komputer atau aplikasi yang satu kepada komputer atau aplikasi lainnya.
  • Lebih murah, hal ini dikarenakan menyediakan layanan komputer akan lebih hemat biaya dibanding dengan mendatangkan seseorang untuk menjalankan sejumlah pekerjaan dalam rentang waktu yang lama.
  • Dapat didokumentasikan, setiap keputusan yang dibentuk dapat didokumentasikan dengan mudah melalaui melacak setiap kegiatan dari metode tersebut.
  • Kecerdasan bikinan bersifat konsosten dan teliti dibanding dengan kecerdasan alami yang selalu berganti-ubah sesuai keadaan dan suasana orang tersebut.
  • Dalam beberapa pekerjaan kecerdasan buatan bisa mengerjalan beberapa peran lebih cepat dan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.

Kelebihan Kecerdasan Alami

  • Lebih inovatif dibanding dengan kecerdasan buatan karena mempunyai kesanggupan untuk memperkaya pengetahuan dari sisi apapun, sedangkan kecerdasan produksi wawasan yang diperoleh hanya sebatas yang sebelumnya diputuskan dikala pembangunan sistem.
  • Pemikiran kecerdasan alami mampu dipakai secara luas, sedangkan kecerdasan produksi sungguh terbatas area penggunaanya.
  • Memungkinkan menggunakan pengalaman atau pembelajaran secara langsung, sedangkan kecerdasan bikinan mesti menerima masukan berupa inputan simbolik.

Perbedaan Kecerdasan Buatan dengan Program Konvensional

 

Kecerdasan Buatan

Program Konvensional

Fokus pemrosesan

Konsep simbolik/numerik (wawasan)

Data dan Informasi

Pencarian

Heuristik

Algoritma

Sifat Input

Bisa tidak lengkap

Harus lngkap

Keterangan

Disediakan

Umumnya tidak disediakan

Struktur

Kontrol dipisahkan dari wawasan

Kontrol terintegrasi dengan informasi atau data

Sifat output

Kuantitatif

Kualitatif

Kemampuan Menalar

Ya

Tidak

Kecerdasan Buatan pada Aplikasi Komersil

Terdapat beberapa desain kecerdasan buatan yang diterapan pada aneka macam aplikasi komersil, diantaranya selaku berikut yang dibagi berdasarkan lingkup utama kecerdasan buatannya :

Sistem Pakar (Expert System)

Pada sistem pakar komputer berguna sebagai sarana dalam menyimpan wawasan para spesialis sehingga komputer mempunyai kemampuan dalam menuntaskan permasalahan dengan memalsukan keahlian yang dimiliki oleh pakar.

Pengolahan Bahasa Alami (Naturan language Processing)

Dalam hal ini kecerdasan buatan bisa berkomunikasi dengan pengguna lewat penggunaan bahasa sehari-hari. Contohnya seperti pengguna metode memperlihatkan perintah dalam bahasa sehari-hari, misalnya untuk menghubungi seseorang, pengguna cukup memberikan perintah “Halo Google, Telepon Andi” maka metode mentranlasikan perintah bahasa alami tersebut menjadi bahasa komputer sehingga tata cara mampu menghubungi kontak Andi.

Pengenalan Ucapan (Speech Recognition)

Manusia mampu berkomunikasi dengan komputer memakai suara, salah satu misalnya yaitu banyak produsen ponsel pintar yang menyediakan fasilitas alat bantu untuk tunanetra yang mempunyai masukan berupa teks dan mempunyai keluaran berupa ucapan dari teks tersebut.

Robotika dan Sistem Sensor

Sistem yang dibekali sensor dan mekanika robotika, mirip lampu ruangan yang dibekai sensor untuk mendeteksi keberadaan seseorang tersebut sehingga lampu di ruangan tersebut dapat menyala secara otomatis dikala ada manusia di dalamnya sedangkan bila tidak ada seseorang didalam ruangan tersebut lampu tersebut akan mati dengan sendirinya.

Computer Vision

Computer vision ialah sistem yang mampu menginterpretasikan gambar atau objek-objek tertentu melalui komputer. Salah satu misalnya ialah mendeteksi contoh pada sidik jari seseorang.

Kuota Belajar Telkomsel Bisa Digunakan Untuk Apa Saja? Ini jawabannya!

Kuota Belajar Telkomsel Bisa Digunakan Untuk Apa Saja?  Berbagi Kuota Belajar 10 GB Telkomsel membuat heboh masyarakat setelah beredar luas di SMS dan juga WhatsApp beberapa waktu lalu. Mengutip website Telkomsel, paket internet ini bukan hoax dan tersedia untuk masyarakat umum.
“Aktifkan kuota belajar 10 GB hanya dengan Rp 10 untuk menikmati akses Ilmupedia dan layanan konferensi, serta ratusan e-learning di kampus atau sekolah,” tulis Telkomsel dalam keterangan terkait kuota.

Aplikasi Telkomsel Belajar 10 GB

Ilmupedia tersedia dalam Kuota Belajar Telkomsel melalui aplikasi Google Classroom, Zenius, Rumah Belajar, Quipper, Cakap, Bahaso, AyoBlajar, Kippin School 4.0, mu, Udemy, Duolingo dan Birru. Adapun konferensi, itu termasuk Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, Microsoft Teams, dan CloudX.

Telkomsel juga menjelaskan syarat dan ketentuan bagi yang ingin menggunakan kuota belajar 10 GB Telkomsel. Kondisi tersebut adalah:

  1. Biaya kuliah berlaku mulai 21 Agustus hingga 31 Desember 2020
  2. Hanya dapat dibeli satu kali selama periode program.
  3. Berlaku hanya untuk pelanggan yang belum membeli paket Ilmu pedia 10GB dengan harga Rp 10.

Dengan ketentuan tersebut, dapatkah Anda menggunakan Telkomsel Learning Sharing for WhatsApp atau mengakses Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube? Pada bagian Friendly Questions, Telkomsel menjelaskan bahwa paket hanya bisa digunakan di aplikasi virtual.

Kuota Belajar Telkomsel Bisa Untuk Zoom

Telkomsel menulis: “Kuota belajar 10 GB hanya dapat digunakan untuk aplikasi belajar yang disebutkan di atas. Pastikan Anda telah menginstal / menginstal aplikasi di smartphone untuk menggunakan kuota belajar.”

Telkomsel merekomendasikan agar pengguna kuota belajar 10 GB tetap menyediakan kuota dasar dan tidak terhubung ke VPN. Biaya dasar diperlukan jika aplikasi mengacu pada unggahan ke Facebook, Instagram, Twitter, atau YouTube. Penggunaan kuota master juga diperlukan jika Anda menggunakan platform yang tidak disebutkan dalam daftar layanan aplikasi. Platform ini termasuk Google Documents, Google Cloud, Google Drive, dan Google Analytics.

Jika pengguna Kuota Belajar Telkomsel menggunakan aplikasi selain yang disebutkan, maka akan berlaku aturan kuota internet biasa. Harga dasar biaya internet reguler adalah Rp120/20KB untuk prabayar, termasuk simPATI, KARTU As atau Loop.

Telkomsel membagikan kuota belajar 52GB, dan inilah cara mendapatkannya!

Telkomsel terus mendukung Program Bantuan Biaya Internet Gratis Pemerintah dengan membagikan paket dan menawarkan paket perdana murah untuk belajar online bagi pelajar.

Menurut Direktur Penjualan Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit, pihaknya akan tetap menyerap Program Bantuan Kuota Internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk periode September hingga November 2021.

“Keikutsertaan Telkomsel dalam Program Bantuan Kelas Internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI merupakan salah satu upaya nyata kami untuk mendukung perubahan perilaku masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, melalui teknologi.” , Dia berkata.

Rencananya Telkomsel akan mendistribusikan dukungan kuota internet gratis hingga 15 GB, mulai tanggal 11 sd 15 September 2021, 11 sd 15 Oktober 2021 dan 11 sd 15 November 2021. Kuota data internet yang diberikan berlaku selama 30 hari sejak diterimanya.

“Semua bantuan kuota internet saat ini merupakan kuota publik yang dapat digunakan untuk mengakses semua halaman dan aplikasi, kecuali platform yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” kata Seagate.

Untuk memastikan paket sudah diterima atau belum, pelanggan Telkomsel dapat mengecek status registrasi nomor handphonenya melalui UMB *363*844# dan mengecek kuota data yang diterima melalui UMB *888# atau aplikasi MyTelkomsel.

Jangan cuma kasih kuota internet gratis

Telkomsel tidak hanya bertindak sebagai distributor saham. Perusahaan juga menawarkan paket pemula belajar Merdeka dan paket biaya belajar bulanan.

Telkomsel mendistribusikan Merdeka Learning Toolkit ke banyak sekolah dan kampus yang bekerjasama dengan Telkomsel. Merdeka Learning terdiri dari paket internet premium murah dan paket perdana dengan kapasitas hingga 52GB.

Kuota 52 GB dibagi menjadi 11 GB dengan rincian kuota dasar 1 GB dan kuota belajar 10 GB otomatis teraktivasi di paket perdana. Kemudian tambahan 11 GB dibagi menjadi 1 GB kuota dasar dan 10 GB bimbingan belajar senilai Rs 5.000.

Paket ini bisa didapatkan melalui *844*363#, MyTelkomsel atau toko terdekat. Kemudian ada tambahan biaya belajar sebesar 30GB untuk 10 rupee yang dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel.

Paket selanjutnya adalah biaya belajar. Paket internet terjangkau ini menawarkan biaya kuliah hingga 30 GB mulai dari Rp 30 ribu.

Paket Kuota Belajar dilengkapi dengan fungsi JAGA PULSA, dimana pulsa pelanggan tidak akan dipotong ketika mengakses di luar aplikasi yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kuota Belajar Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

Kami berharap paket ini dapat membantu siswa, guru, mahasiswa dan dosen untuk melakukan belajar jarak jauh (PJJ) atau belajar online. Bagi yang ingin mengetahui informasi mengenai paket tersebut dapat mengunjungi website resmi Telkomsel. Jika tidak bisa menggunakannya, silahkan hubungi CS Telkomsel segera

 

Apa Sih Smart City Itu? Manfaat Dan Ulasan Cyber Physical Social System

Smart City akhir-akhir ini digadang-gadang dijadikan selaku terobosan sebuah kota untuk tampil lebih maju dan lebih baik dengan membangun berbgai unsur infrastruktur di sebuah kota. Tak cuma itu Smart City ialah induk dari konsep E Goverment yang memberikan pelayanan yang bagus bagi publik utamanya warga masyarakatnya. Simak juga perbedaan antara Smart City dan E Goverment dengan mendatangi tautan tersebut.

Makna Kata Smart City

Istilah Smart City atau dalam bahasa Indonesia diketahui dengan istilah Kota Cerdas. Untuk dapat mengetahui definisi atau pengertian dari Smart City pertama-tama mari kita identifikasi apalagi dahulu makna dari katanya, kata pertama yakni Smart dan kedua ialah kata City. Kata Smart atau Cerdas bisa dimaknai sebagai kemampuan untuk mencicipi, menangkap dan memproses pesan atau data inputan dan menunjukkan respon secara cepat dan sempurna. Apabila diumpamakan seperti dengan kecerdasan seorang manusia yang bisa menangkap berbagai data dari lingkungan disekitarnya lewat panca indera yang dimilikinya serta memperlihatkan tanggapansecara cepat dan sempurna. Misalkan ketika mata kamu melihat suatu mobil yang mau menabrak kamu, maka secara cepat dan tepat otak akan berpikir untuk memerintahkan tubuh kamu untuk menghindarinya.

Sedangkan kata City atau Kota berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 2 Tahun 1987 Pasal 1 menyebutkan Kota ialah sebuah pusat pemukiman dan kegiatan masyarakatyang mempunyai batasan administrasi yang sudah dikelola dalam perundang-permintaan serta pemukiman yang sudah memberikan budbahasa dan ciri kehidupan perkotaan. Berdasarkan makna setiap kata penyusun dari ungkapan Smart City atau Kota Cerdas tersebut maka mampu diartikan sebagai sebuah kota yang memiliki kemampuan pro aktif dalam mengidentifikasi dan mengumpulkan data-data dari banyak sekali bagian kota baik unsur fisik maupun sosial untuk berikutnya diproses dan memperlihatkan tanggapansecara tepat dan cepat.

Cyber Physical Social System

Smart City intinya ialah Cyber Physical Social System dalam ruang lingkup kota, adalah suatu metode yang mengintegrasikan metode fisik kota, metode sosial dan tata cara digital lewat media siber atau internet. Sistem fisik kota meliputi berbagai fasilitas dan prasarana pendukung kegiatan kehidupan kota, mirip jembatan, gedung, termina, jaringan listrik, stasiun, infrastruktur telekomunikasi dan lain sebagainya. Sedangkan metode sosial kota mencakup aneka macam lingkungan sosial insan dan individu yang ada di dalam kota meliputi pemerintah kota, masyarakat biasa , pasar, keluarga, warga kota, dan lain sebagainya. Sementara itu metode digital kota meliputi sensor, jaringan komputer, kontrol, data center atau pusat data, komputtasi dan lain sebagainya.

Cyber Physical Social System pada Smart City serupa dengan metode tubuh manusia. Suatu kecerdasan memerlukan media input atau masukan. Panca indera pada badan manusia mirip mata, telinga, hidung, lidah dan kulit ialah media yang bisa menjadi inputan bagi kecerdasan yang dimiliki oleh insan. Sementara itu dalam konsep Smart City fungsi dari media input bisa dijalankan dengan menggunakan CCTV atau sensor yang dipasang di aneka macam komponen sebuah kota. Seperti CCTV kemudian lintas, CCTV analisa objek, sensor polusi udara dan air, sensor ketinggian air sungai, sensor kepadatan lalu lintas, sensor kecepatan unuk mengukur kecepatan kendaraan dan lain sebagainya.

Untuk insan analogi otak untuk memproses dan menyimpan data-data inputan dari panca indera, sedangkan bagi Smart City pemrosesan dan penyimpanan  bisa dilaksanakan oleh prosesor, mikrokontroller, hard drive, digital video recorder, Sekolah Dasar Card dan lain sebagainya. Respon yang diberikan menurut hasil pemrosesan data inputan dalam analogi tubuh insan dapat berupa ucapan maupun gerakan badan, sedangkan dalam rancangan Smart City mampu berupa tampilan infoormasi dari layar LCD, keluaran bunyi dari speaker atau berbentukgerakan dari aktuator.

Definisi Smart City

Secara lebih dalam Smart City yakni sebuah kategorisasi kota sekaligus suau konsep pengembangan dan pengelolaan tata kota dengan mempergunakan teknologi gosip secara optimal dan intensif, tergolong jaringan komputer, internet of things (IoT), big data, cloud computing, data analytic, geographical information integration dan lain sebagainya, sehingga tata cara dapat diintegrasikan dengan insan selaku sistem fisik kota dan metode digital supaya kota dapat lebih kreatif dan kreatif.

Manfaat Smart City

Terdapat beberapa faedah yang bisa dirasakan berkat terpenuhinya pembangunan unsur Smart City secara menyeluruh, diantaranya selaku berikut :

  1. Memonitor kondisi infrastruktur penting kota, menyiapkan aktivitas-kegiatan perawatan dan peningkatan keamanannya.
  2. Meningkatkan efisiensi operasional dan layanan kota.
  3. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya kota secara efisien dan berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kenyamanan masyarakatuntuk tinggal.
  5. Meningkatkan kualitas atau kemakmuran hidup warganya.
  6. Peningkatan mutu layanan publik dan layanan kota seperti transportasi, listrik, kemanan, lingkungan hidup dan layanan keadaan darurat.
  7. Menangkap dan menawarkan respon akan keperluan warganya secara proaktif, cepat dan juga sempurna.
  8. Meningkatkan ketahan kota daam menangkal kriminal dan kesempatanresiko yang lain dan mempercepat pemulihan akhir tragedi.
  9. Menjaga kesetaraan bagi semua warga penduduk .
  10. Memastikan perkembangan dan keberlangsungan kota di era yang hendak tiba dan menyanggupi keperluan generasi yang mau datang baik secara sosial, ekonomi maupun lingkungan.
  11. Meningkat kesanggupan kota dalam berkompetisi.

Referensi
Smart City: Konsep, Model, & Teknologi – ITS

3 Emulator Android Yang Mampu Kau Coba Di Os Linux

Android tidak mampu dibantah lagi ialah salah satu metode operasi mobile yang paling populer. Bahkan dengan pesaing terdekatnya, yakni iOS sendiri pada tahun 2020 Android menguasai pangsa pasar sebanyak 70% lebih. Di tengah ketenaran Android, aplikasi-aplikasi untuk Android-pun bertambah banyak bermunculan dari mulai aplikasi penunjang acara sehari-hari seperti office, sosial media, chat, bahkan hingga games. Aplikasi Android pun tak sedikit yang membutuhkan spesifikasi smartphone yang powerfull supaya aplikasi tersebut mampu dimainkan.

Selain itu ketenaran aneka macam games di Android kian banyak orang yang menghabiskan ponsel pintar nya hanya untuk bermain game saja. Namun saat bermain game menggunakan smartphone yang menjadi urusan adalah baterai yang cepat habis dan resolusi layar kecil, terlebih ditambah penggunaan ponsel pintar sambil di charger akan memperburuk kondii baterai ponsel pintar. Oleh sebab itu menggunakan emulator Android di perangkat PC atau laptop bisa menjadi solusi. Emulator Android banyak bermunculan baik untuk platform Windows, Mac OS bahkan Linux sekalipun.

Pada postingan kali ini aku akan memberi anjuran emulator Android untuk sistem operasi Linux. Ada emulator apa saja yang bisa kau coba untuk mendapatkan sensasi yang berlawanan saat bermain games atau menggunakan aplikasi Android di perangkat PC. Berikut 3 emulator Android terbaik untuk Linux.

1. Genymotion

Sumber : reg.softking.com.tw

Emulator Android pertama yang bisa kau coba di tata cara operasi Linux adalah Genymotion. Genymotion Android emulator ialah salah satu emulator yang cukup terkenal, disamping itu Genymotion juga sering dipergunakan dilingkungan pengembangan atau developer android. Selain itu Genymotion juga mempunyai user interface yang cukup menarik dengan penampilan yang elok dan pastinya user friendly. Genymotion bisa kau gunakan ketika ingin menggunakan aplikasi-aplikasi Android. Genymotion juga merupakan salah satu emulator yang didukung oleh Android Studio.

2. Android-x86

Sumber : somagnews.com

Emulator Android selanjutnya yang mampu kamu coba atau dijadikan alternatif opsi di sistem operasi Linux yakni Android-x86. Android-x86 selain projek open source atau mampu kau gunakan secara gratis, Android-x86 juga cukup sering melakukan pembaruan. Sampai postingan ini ditulis emulator Android-x86 telah mendukung model Android Pie yang bisa kamu gunakan. Androidx86 mampu kamu pasang dengan memakai virtual mesin ataupun sebagai boot up opsi.

3. Anbox

Sumber : maketecheasier.com

Emulator android terakhir yang bisa kau coba yakni Anbox. Dengan motonya berupa “Android in a Box” ini bisa kamu pakai untuk menjalankan banyak sekali aplikasi. Emulator Android Anbox juga cukup responsif tetapi sayangnya Anbox belum dilengkapi dengan layanan Google mirip Play Store dan layanan Google lainnya. Belum lagi dikala kamu menginstal atau memasang aplikasi Android harus memakai adb install tidak bisa drag and drop. Namun Anbox tetap saja mampu dijadikan opsi berkat tanggapanyang cukup anggun.

Walaupun Android merupakan tata cara operasi mobile yang dikembagkan dari Linux, namun untuk emulator Android di Linux belum mempunyai fitur-fitur yang banyak seperti emulator Android di Windows. Dari beberapa pengalaman juga emulator Android yang cepat dan stabil ialah sistem operasi Android untuk PC seperti Remix OS atau Phoenix OS. Apalagi bagi perangkat komputer yang mempunyai spesifikasi persyaratan diusulkan untuk memakai tata cara android yang terpisah biar tidak menambah beban komputer dan sensasi menggunakan Android di perangkat komputer juga makin tanpa hambatan.

Ada saran emulator Android lain yang bisa dipakai di Linux? Coba tulis jawabanmu dikolom komentar dan juga kamu mampu berikan ulasannya.

Ai, Bahaya Ataukah Anugerah?

Perkembangan teknologi memang tiada henti-hentinya, banyak teknologi baru yang bermunculan dengan cita-cita membantu peradaban manusia lebih baik lagi dan beban manusia menjadi lebih ringan sebab ada beberapa teknologi yang mampu mengendorkan beban pekerjaan insan. Salah satu teknologi yang senantiasa menarik perhatian orang-orang adalah AI (Artificial Intelligence) atau dalam bahasa Indonesia yaitu kecerdasan produksi. Jika kamu belum tahu mengenai AI, mari kita simak bersama-sama.

Mengenal AI

AI atau kecerdasan buatan yaitu simulasi proses kecerdasan insan yang dimodelkan sedemikian rupa untuk mampu dipraktekkan pada mesin sehingga mesin dapat melaksanakan tindakan atau berpikir rasional seperti cuma manusia. Dengan kata lain AI merupakan tata cara komputer yang bisa berpikir mirip halnya manusia (thinking humanly), bertindak seperti halnya manusia (acting humanly), berpikir secara rasional (thinking rationally) dan bertindak secara rasional (acting rationally).

Pada dasarnya AI bukan termasuk teknologi baru, melainkan desain dari AI ini telah jauh-jauh hari ada. Namun seiring pertumbuhan teknologi, konsep AI kian membaik dan kiprahnya juga kian meluas. AI meerupakan ilmu pengetahuan yang sungguh luas, oleh alasannya adalah itu dikala berguru AI umumnya dikelompokan kembali dengan sub bidang yang lebih kecil mirip Machine Learning, Robotics, data mining dan lain sebagainya.

Perkembangan AI senantiasa menarik perhatian orang-orang bukan tanpa argumentasi, melainkan banyaknya buku dan film-film fiksi ilmiah yang membicarakan menganai AI banyak bertebaran, seperti Iron Man contohnya dengan AI Jarvis yang cukup populer di filmya. Jika diibaratkan mirip sekarang Jarvis layaknya tangan kanan virtual milik Google atau Siri dari Apple dan Alexa dar Amazon. walaupun tangan kanan virtual ssekarang belum memiliki kesanggupan mirip halnya Jarvis, namun pertumbuhan AI ajudan virtual ini disetiap pembaruan senantiasa mengembangkan kemampuannya. Bukan mustahil asisten virtual yang kini ada bisa mirip halnya Jarvis atau mendekati Jarvis kedepannya.

Apakah AI Akan Menjadi Ancaman?

Banyak orang yang menyampaikan bahwa AI akan menggantikan tugas insan. Ya, pernyataan tersebut memang benar adanya. Banyak profesi atau pekerjaan yang sebelumnya dilaksanakan oleh insan kini tergantikan oleh AI. Akan tetapi perlu kau garis bawahi juga AI akan menjinjing pekerjaan baru atau profesi gres yang sebelumnya tidak ada, profesi data scientist misalnya. Ada pernyataan yang mengatakan walaupun AI akan menetralisir banyak sekali profesi dan pekerjaan bagi insan sebab akan dilakukan oleh AI, tetapi AI akan lebih banyak membawa profesi dan pekerjaan gres lagi.

Dari sini kita tahu bahwa untuk mampu bersaing dengan AI adalah kita harus memiliki kemampuan atau kemampuan yang lebih dari AI, dengan kata lain kita harus tetap up to date kepada kemajuan teknologi agar kedepannya kita bisa mengikuti perkembangan teknologi bukan tergusur dengan adanya teknologi.

Salah satu kelebihan AI ialah mampu mencar ilmu terus menerus dan memperbaiki diri sendiri atau mengkoreksi diri sendiri, inilah yang banyak dilupakan oleh manusia. Kadang periode manusia lupa akan keharusannya mengoreksi diri sendiri melihat kesalahan yang dilaksanakan dan meperbaiki kesalahan tersebut. Belum lagi insan terkadang sungguh malas atau malah merasa cepat puas kepada kesanggupan yang dimilikinya sehingga tidak mau mencar ilmu lagi alasannya dirasa kemampuannya sudah terlampau cukup.

AI memang mesin yang dirancang untuk berguru sebab AI ialah irisan dari Machine Learning atau pembelajaran mesin. Jadi AI akan terus berguru secara terus menerus ketika ia digunakan, saat ia diberi data, dan ketika dia melaksanakan kesalahan AI akan melaksanakan self correction atau mengoresi diri dari kesalahan yang beliau perbuat.

Konsep Kerja AI

Sebagai pola, perlu kita tahu sebelumnya Google memiliki AI yang diberi nama AlphaGo. AlphaGO ini merupakan AI yang dirancang untuk bermain permainan Go. Saat permulaan dikembangkan Alpha GO diberi data berbentuk100ribu data pertarungan Go untuk beliau pelajari. Setelah AlphaGo mencar ilmu dari 100ribu data pertandingan GO tersebut, AlphaGo akan berguru kembali dengan bermain Go bareng dengan dirinya sendiri selama jutaan kali. Disetiap kali AlphaGo kalah bermain dengan dirinya sendiri dia akan mengkoreksi kesalahannya dan memperbaikinya.

Hal yang mempesona dari proses berguru AI milik AlphaGO tadi adalah ia mampu bermain dengan dirinya sendiri, bahkan beliau bisa mensimulasikan beberapa pertandingan Go untuk beliau mainkan dengan dirinya sendiri dalam satu waktu. Tentunya dalam hal ini manusia tidak bisa melakukannya, sehingga pengalaman bermain Go untuk AlphaGo bisa lebih banyak dibandingkan dengan insan. Hal ini terbukti saat AlphaGo diuji coba dengan bermain Go melawan juara dunia Go pada tahun 2016, AlphaGo mampu memenangkan pertandingan tersebut.

“Jika aku tidak mampu menang, setidaknya aku dilarang kalah” (AI)

Poin penting dari AI adalah AI sesungguhnya kolot di awal tetapi AI akan kian berakal setelah AI banyak berguru dan berlatih dan makin sering AI digunakan maka AI akan semakin bertambah pengalamannya. Dibalik bahaya yang dimiliki AI yang mampu belajar banyak hal dan mencar ilmu secara terus menerus sepanjang ia dipakai. Kita mustahil selaku manusia untuk melakukan hal yang mampu dilaksanakan AI seperti berguru dalam jumlah yang besar dalam satu waktu atau bisa mensimulasikan diri sendiri. Namun nyatanya kita dan AI mampu berhubungan.

Dari kerjasama antara kita dan AI mampu saja kita mampu menemukan sesuatu hal yang kalau manusia saja perlu membutuhkan waktu ratusan tahun, tetapi berkat AI hal tersebut mampu ditemukan dalam hitungan hari saja. Terlepas dari ancaman atau anugerah dari AI, intinya AI yaitu layaknya pisau kita bisa dipakai untuk langkah-langkah kejahatan atau tindakan yang konkret. sama seperti halnya AI, AI bukanlah ancaman sebab intinya AI diciptakan untuk membantu insan, namun manusia juga perlu tahu bahwa AI bisa saja mengambil alih tugas kau jadi yang perlu kamu kerjakan ialah terus mencar ilmu jangan cuma diam.Kita selaku insan jangan terlalu cemas perihal bahaya dari AI, melainkan kita seharusnya khawatir akan ketidakmampuan AI yang dimiliki kini.

Apa kesimpulan kamu tentang AI? Akankah menjadi ancaman ataukah anugerah yang menenteng peradaban manusia lebih baik lagi? Tuis jawabanmu dikolom komentar, ya!.

Sinergikan Marketplace Dengan Mempunyai Website Sendiri

Di tengah pertumbuhan teknologi internet yang semakin maju dan disokong perangkat smartphone yang semakin mutakhir dagangonline atau belanja online kian banyak digemari orang-orang. Dari mulai produk-produk elektronik, fashion, gadget bahkan sampai kebutuhan utama sehari-sehari telah mampu kau temukan dengan mudahnya di internet. Seiring waktu kemajuan marketplace di Indonesia sendiri kian menjamur dan telah banyak orang yang memakai marketplace sebagai media belanja atau berjualan produk mereka.

Beberapa marketplace yang cukup terkenal di Indonesia seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada dan marketplace lain banyak membantu dalam memudahkan pembeli untuk memperoleh produk yang mau ia beli, begitupun bagi pedagang mampu membuat lebih mudah untuk memperoleh sasaran konsumen atau pembeli produk mereka. Bahkan tak jarang pedagang yang memasarkan produk atau barangnya lewat banyak sekali marketplace sekaligus. Hal ini mungkin dimaksudkan agar mampu menjamah lebih banyak pembeli lagi pastinya.

Tak hingga disitu, penjual juga acap kali membuat akun Facebook dan akun Instagram untuk menyentuh pembeli di platform sosial media yang diarahkan ke marketplace untuk melakukan pembelian. Ada banyak sekali cara yang bisa dimaksimalkan oleh para pedagang supaya produk atau barang yang ia jual mampu dengan cepat terjamah oleh pembeli. Akan namun sebagian kelompok melupakan satu hal yang cukup penting untuk memaksimalkan hasil pemasaran, apakah itu?  Website. Ya, situs web langsung sering diabaikan oleh sebagian penjual online padahal website juga mempunyai tugas penting untuk meningkatkan intesitas penjualan.

Sebagian orang mungkin berpendapat dengan membuat website untuk toko atau produk yang ada di marketplace akan merogoh kocek dalam-dalam. Padahal nyatanya tidak, ada hosting murah dan domain murah yang mampu kamu sewa dengan kualitas dan pelayanan yang sangat bagus. Jika kamu masih bingung untuk memutuskan akan membuat situs web sendiri atau tidak, coba simak beberapa alasan kenapa kau harus mempunyai situs web sendiri.

Kenapa Mesti Memiliki Website Sendiri Bagi Penjual Online

Memiliki situs web sendiri bagi kamu yang sedang berdagang suatu produk atau barang di marketplace banyak menghadirkan faedah bagi keberlangsungan perjuangan kau. Lalu apa saja yang menjadi alasan kau mesti memiliki website sendiri, berikut beberapa alasannya adalah.

1. No Worries Akan Ancaman Penangguhan Akun

Ketika kamu memakai layanan marketplace untuk memasarkan produk atau barang maka kamu akan terikat dengan beberapa ketentuan dari pihak marketplace. Hal ini mirip halnya kau menyewa sebuah kendaraan beroda empat yang terikat dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Sama halnya dengan marketplace ketika kamu melanggar ketentuan pastinya akun marketplace yang kamu punya mempunyai ancaman berupa penangguhan akun atau bahkan lebih parah hingga di banned atau di blacklist.

Apalagi bagi akun marketplace kamu yang telah berkembang pastinya kau tak ingin kehilangan dari pembeli-pembeli setia kamu bukan? Oleh sebab itu mempunyai website sendiri untuk memasarkan produk atau barang kamu sangat perlu dijalankan. Seperti halnya yang dikerjakan oleh brand-brand atau toko-toko yang telah pesar, tentu saja mereka sudah mempunyai website sendiri biar terhindar dan mengurangi resiko yang ada.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Salah satu aspek pembeli saat berbelanja di marketplace adalah toko atau akun yang menjual produk tersebut selain memiliki ulasan yang aktual dan juga memiliki berita kontak toko yang mendukung. Dengan adanya website pembeli pastinya akan lebih yakin kepada toko kamu alasannya adalah tampakdari kesungguhan kau dalam berdagang dengan menyediakan isu-isu lain yang mendukung toko kamu.

3. Meningkatkan Kekuatan Brand

Apalagi bagi kau yang telah menjual produk kamu sendiri, biar merk yang kamu gunakan sanggup menerima amanah pembeli pastinya harus mempunyai tubuh atau info-gosip penunjang lainnya. Salah satunya ialah dengan menciptakan website merk itu sendiri. Berkat website tersebutlah bisnis online atau brand kau bisa direpresentasikan dengan lebih profesional.

Jadi, apa keputusanmu akankah kau memakai situs web untuk menjadi sinergi dari marketplace yang kamu punya? Untuk membuat situs web untuk kepentingan bisnis yang menyediakan info-informasi yang berhubungan dengan produk atau barang yang kau jua di marketplace dikala ini sungguh mudah untuk dijalankan, bahkan bagi orang yang tidak berkecimpung di dunia pemrograman mampu dengan gampang untuk menciptakan website.

Kamu tidak perlu mengeluarkan aggaran yang banyak untuk membuat situs web. Untuk situs web kamu mampu memakai fasilitas build website dengan hanya klik, drag and drop saja website sudah mampu kau berdiri, atau kamu juga bisa menggunakan layanan WordPress untuk dijadikan CMS pada situs web kamu. Kamu hanya perlu menyewa hosting dan domain saja maka situs web yang kamu berdiri telah mampu diakses oleh siapa pun di penjuru dunia.

Kamu tidak perlu cemas akan anggaran yang kamu keluarkan sebab kau bisa memakai layanan hosting dan domain dari Rumah Web dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan dengan budget ratusan ribu pertahun kau sudah bisa merasakan ketentraman dan manfaat dari sinergi antara marketplace dan situs web tersebut. Jika bisa dimaksimalkan, kenapa tidak.

Lezat App, Aplikasi Resep Favorit Mama

Di era serba digital mirip kini ini, banyak hadir aplikasi atau software yang banyak menolong manusia di banyak sekali bidang kehidupan, termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan adanya perangkat ponsel pintar atau lazimkita sebut dengan smartphone, makin menambah mobilitas aplikasi untuk digunakan dengan begitu mudahnya. Salah satu aplikasi yang banyak membantu para Mama dalam kehidupan sehari-hari yakni aplikasi Yummy App yang menyediakan resep-resep favorit untuk Mama.

Jika kau menyaksikan bertahun-tahun ke belakang, biasanya para Mama masih mengandalkan buku atau tabloid resep masakan. Namun untuk kini, kau tidak butuhmengandalkan buku atau tabloid kuliner lagi. Karena apa? kau bisa menggunakan aplikasi Yummy App untuk menerima aneka macam info resep kuliner disana sehingga mampu menyajikan makanan yang enak untuk keluarga di rumah. Hanya dengan memasang aplikasi Yummy App pada perangkat smartphone.

“Makanan bukan hanya kuliner yang hendak selsai di perutmu, melainkan sebuah petualangan yang layak dinikmati dan dihargai” (Winda Krisnadefa)

Kenapa Harus Yummy App?

Mama belum percaya mau coba memasang aplikasi Yummy App, nih berikut saya kasih beberapa fitur unggulan dan kelebihannya yang menjadi alasan kenapa Mama mesti memasang aplikasi Yummy App.

1. Rekomendasi Resep dari Bahan-materi yang Ada di Rumah

Salah satu fitur unggulan yang pertama ini sangat penting dan banyak dicicipi oleh para Mama. Untuk apa adanya resep kuliner namun bahan-bahannya tidak ada di rumah. Nah, fitur dari Yummy App ini akan membantu kamu memperoleh resep kuliner yang sesuai, menurut materi-materi kuliner yang ada di rumah. Mama cuma perlu mengiputkan bahan-bahan yang ada lalu aplikasi akan mengusulkan resep-resep masakan yang tepat dengan bahan yang Mama miliki.

2. Berbagi Resep dan Dapatkan Benefit

Mama punya resep kuliner unik? Atau ingin menyebarkan resep kuliner dengan pengguna lainnya? Mama bisa berbagi resep yang Mama punya dengan pengguna yang lain di aplikasi Yummy, disamping itu Mama juga bisa mendapatkan benefit berupa Yummy poin. Yummy poin ini mampu Mama tukarkan dengan uang saat meraih 2500 poin atau setara dengan 250 ribu rupiah. Setiap resep masakan yang Mama kirim dan lolos, maka akan mendapatkan 100 poin.

3. Resep Masakan dari Para Chef Terkenal

Ada banyak chef-chef profesional yang bisa Mama ikuti, untuk menerima aneka macam berita resep kuliner dan tips-kiat mengolah masakan. Salah satunya yakni chef Arnold Poernomo, ada juga chef Hana, chef Gilang dan masih banyak lagi yang bisa Mama ikuti.

4. Banyak Event atau Challenge

Apabila Mama suka dengan tantangan, Mama mampu mengikuti aneka macam event yang ditawarkan oleh Yummy. Seperti event Jago Masak yang gres-baru ini dikeluarkan mempunyai kado berupa uang 21,5 juta Rupiah dan juga ada grand prize berupa sepeda motor Honda Scoopy loh.

Jadi tunggu apa lagi, buruan Mama pasang aplikasi Yummy nya di perangkat ponsel pintar. Selain Mama bisa mendapatkan berbagai info resep kuliner maupun menyebarkan resep masakan, Mama juga bisa menerima benefit dari resep dan event yang ada. Selain fitur yang disediakan di atas Yummy juga memiliki banyak sekali macam resep kuliner, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Ada banyak resep yang mampu ditemukan mencakup makanan, cemilan, kuliner penutup, minuman, masakan pendamping dan lain sebagainya.

Cara Instalasi Aplikasi Yummy di Smartphone

Sudah tidak sabar ingin cepat-cepat pasang aplikasinya. Mama mampu memasang atau men download aplikasinya baik di perangkat Android maupun iOS dengan langkah-langkah yang nyaris sama, hanya berbeda penyedia aplikasinya saja. Apabila Mama memakai perangkat Android Mama mampu buka aplikasi Play Store sedangkan bagi pengguna iOS bisa buka aplikasi App Store.

Jika Mama masih kebingungan untuk instalasi Yummy ini, berikut saya kasih tahu cara pemasanganya. Aku asumsikan Mama sebagai pengguna Android ya, bagi pengguna iOS caranya hampir sama hanya berlainan pada langkah pertama. Langkah pertama bagi pengguna iOS adalah membuka aplikasi App Store.

1. Buka Aplikasi Play Store

Langkah pertama silahkan Mama buka aplikasi Play Store pada perangkat smartphone.

2. Pada Form Pencarian, ketikkan Yummy

Setelah aplikasi Play Store terbuka, kemudian ketikkan Yummy pada form pencarian di sebelah atas. Tunggu beberapa dikala hingga aplikasi Yummy sukses didapatkan seperti pada gambar di atas.

3. Kemudian Tekan Tombol Install

Langkah selanjutnya adalah tekan tombol “instal” untuk memulai proses instalasi, jika timbul izin susukan tekan tombol “terima” saja. Kemudian tunggu beberapa dikala hingga proses instalasi sukses dijalankan.

4. Buka Aplikasi Yummy

Setelah instalasi simpulan, maka akan ada aplikasi gres di menu yaitu aplikasi Yummy, itu artinya instalasi telah berhasil dilakukan. Sampai disini Mama sudah bisa memakai aplikasi Yummy dengan membukanya apalagi dulu.

Bagaimana cukup gampang bukan? Sekarang Mama telah bisa mendapatkan isu resep kuliner, kiat mengolah makanan, mengembangkan resep dan mampu mengikuti event yang ada. Bahkan untuk resep masakan berbentukMPASI untuk bayi juga ada disana, yang mampu dengan mudah Mama peroleh. Ada satu hal lagi nih, buat para Mama yang ingin mendapatan berita perihal bayi, balita atau kehidupan berkeluarga Mama mampu juga kunjugi popmama.

Ulasan Para Mama Tentang Yummy

Sudah banyak para Mama yang menimbulkan Yummy App sebagai aplikasi resep favoritnya. Berikut ulasan para Mama mengenai aplikasi ini yang saya rangkum dari ulasan pengguna di Play Store.

“Aplikasi ini elok banget buat yang mau mencar ilmu masak, yang akan cari cari resep dari chef manis banget” (Jessica Kevin)

“Resepnya lezat, tutorialnya singkat, padat, terang sehingga gampang dipraktekan” (Suratmi Dede)

“Dengan ada nya aplikasi enak aku jadi lebih gampang kalau mau masak, ga bingung harus masak apa….. Bisa berkreasi lagi, dengan menciptakan resep, berhasil y aplikasi enak” (Irma Yanti)

“Aplikasi ini sungguh bermanfaat untuk menerima pandangan baru inspirasi kreatif dalam mamasak, menjadi sumber terbaik untuk setiap kuliner keluarga” (Nurlinda Wahyuni)

Walaupun aplikasi ini favorit bagi para Mama, namun bagi kamu yang ingin mengawali belajar mengolah masakan atau hobi memasak aplikasi ini juga tetap cocok untuk kau pilih. Aplikasi Yummy App ini banyak menolong para Mama dan kau yang hobi memasak untuk memperoleh resep dan membuatkan resep serta mampu menyalurkan kesanggupan memasak untuk menjadi pundi-pundi duit.

Makara apa keputusanmu, tertarikkah untuk mencoba aplikasi Yummy App? Dan resep masakan apa yang kamu ingin kau bagikan di Yummy App? Jangan sungkan, tulis jawabanmu di kolom komentar, ya!.

Peran Data Mining Pada Bidang Bisnis Dan Big Data

Saat ini di dunia teknologi sedang diramaikan oleh machine learning dan kecerdasan bikinan atau dalam bahasa Inggrisnya Artificial Intelligence (AI), teknologi machine learning dan artificial intelligent ini mampu menolong perkembangan bisnis dan memilih arah bisnis di abad yang mau tiba. Irisan ilmu wawasan dari artificial intelligent dan machine learning salah satunya ialah data mining. Data mining intinya memiliki keterkaitan yang panjang dari bidang ilmu mirip kecerdasan produksi, machine learning, statistika dan juga basis data.

Sumber : Pexels

Data Mining

Data mining yaitu perumpamaan ataupun desain yang dipakai untuk memperoleh gosip baru yang tersembunyi di dalam sebuah data yang besar, dalam proses ekstraksi dan mengidentifikasi info berpotensi dan berguna yang tersimpan di dalam suatu data yang besar data mining menggunakan teknik statistika, matematika, kecerdasan bikinan dan juga machine learning.

Data mining sekarang ini memiliki peran penting dalam memperlihatkan berita yang berkhasiat untuk menentukan arah bisnis perusahaan di abad digital bahkan dengan adanya persoalan big data mirip kini ini. Pada periode digital dan pertumbuhan teknologi makin pesat perusahaan sebagai pelaku bisnis dituntut untuk selalu berinovasi dalam memperluas jangkauan bisnisnya dan juga menangani persaingan antar pelaku bisnis yang makin kompetitif dan ketat untuk memasuki dan mempertahankan segmentasi pasar bisnisnya.

Perusahaan sebagai pelaku bisnis pastinya menginginkan usahanya tumbuh dan berkembangan, tetapi tidak mampu disangkal juga ada perusahaan yang menutup perusahaanya sebab tidak dapat bersaing dengan kompetitornya ataupun tidak mendapatkan pasar sebagai sasaran usahanya. Oleh karena itu keputusan bisnis berupa penyusunan rencana yang strategis dan sistematis dengan tujuan membentuk dan berinovasi ihwal perjuangan yang dilakukan dalam melakukan acara usahanya.

Dalam mendukung keputusan bisnis peran teknologi utamanya data mining seperti diungkit sebelumnya data mining mempunyai peran penting terlebih dalam beberapa masa waktu terakhir kemajuan data dalam bidang bisnis kian membesar baik itu dari segi data kuantitas maupun penggunaanya. Data yang besar atau bisa disebut juga dengan data warehouse ini ialah data yang disimpan dari hasil penggunaan sebelum-sebelumnya. Bisa dibayangkan berapa jumlah data yang tersimpan dari hasil penggunaan dari tahun-tahun sebelumnya tentunya niscaya sungguh banyak bukan. Untuk mengatasi dan mengekstraksi data dalam jumlah yang sangat besar pastinya sudah tidak berhubungan dengan memeriksa secara manual atau cara tradisional, maka dari itu data mining ialah solusi dari permasalahan big data ini.

Data mining terbagi menjadi beberapa bab atau teknik berdasarkan fungsi dan peran yang dapat dikerjakan ataupun tujuan yang dapat dihasilkan, secara garis besar data mining memiliki beberapa teknik atau bab diantaranya sebagai berikut :

1. Classification

Klasifikasi ialah teknik data mining dengan meninjau pada kelakuan dan atribut dari kelompok data yang telah didefinisikan. Teknik ini mampu memperoleh klasifikasi pada data gres dengan memanipulasi data yang ada dan memakai karenanya untuk menunjukkan sejumlah aturan penjabaran. Salah satu contoh tata cara pembagian terstruktur mengenai yang cukup terkenal ialah Decision Tree dikarenakan gampang untuk diinterpretasi.

2. Association

Asosiasi ialah teknik data mining yang dipakai dalam mengenali pola dari kejadian-insiden atau peristiwa dimana kekerabatan perkumpulan muncul pada setiap kejadian. Salah satu acuan metode asosiasi yang cukup terkenal yakni Apriori sebab mampu mengecek kemungkinan seseorang untuk berbelanja item atau produk secara berbarengan bila dalam suatu perniagaan.

3. Clustering

Pengklusteran merupaka teknik data mining yang dipakai dalam menganalisa pengelompokan terhadap data sehingga item mampu dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan aturan yang ditemukan pada proses mining, mungkin terkesan seperti dengan penjabaran, hanya saja pada pengklusteran pengelompokan belum didefinisikan. Salah satu teladan tata cara ckustering yang cukup terkenal mirip metode neural network, K-Means dan lain sebagainya.
Secara luas teknik data mining dalam memeriksa atau menggali data memiliki beberapa teknik lain seperti estimasi, prediksi dan deskripsi. Teknik data mining dapat diadaptasi dengan tujuan apa yang ingin dicapai atau dicapai pada dikala proses data mining kepada data yang berjumlah besar tersebut.

Tidak cuma berfaedah untuk memperlihatkan berita atau insight bagi perusahaan selaku pelaku bisnis, data mining juga bisa digunakan untuk kepentingan-kepentingan lain, seperti politik, contohnya PoliticaWave pernah melakukan evaluasi data di jejaring sosial Twitter, Facebok berhubungan dengan penyeleksian gubernur di Jawa Barat. Untuk kepentingan kesehatan misalkan analisa data kepada jenis masakan yang dimakan kepada salah satu penyakit tertentu.

Penerapan Data Mining

Secara tidak sadar mungkin kita pernah merasakan pengaruh atau faedah dari proses data mining, mirip misalkan ketika kita membeli salah satu produk secara daring pada salah satu marketplace maka kita akan diusulkan beberapa produk-produk yang berkaitan dengan produk yang hendak kita beli. Produk yang diusulkan oleh penyuplaimarketplace tersebut tidak hanya asal nebak saja, namun berdasarkan data-data transaksi pemasaran sebelum-sebelumnya yang dianalisa dan diolah kembali dengan data mining sehingga ditemukan berita baru yang bermanfaat. Misalkan berita yang dihasikan bahwa dari data-data sebelumnya produk sikat gigi sering dibeli secara berbarengan dengan produk pasta gigi, maka nanti dikala ada pembeli yang mau membeli sikat gigi metode akan menunjukkan usulan berbentukproduk pasta gigi dan produk lain yang memiliki peluang untuk dibeli secara bersamaan bareng sikat gigi.

Selain itu hasil data mining pernah kita rasakan pada iklan di sosial media atau di internet, kadang kala iklan-iklan tersebut sesuai atau berkaitan dengan apa yang kita telusuri internet, situs yang dikunjungi ataupun produk yang pernah kita datangi di marketplace. Iklan-iklan yang tampil di sosial media atau di internet tersebut tentunya hasil proses pengolahan data mining tentang data-data riwayat kita dikala menjelajah di internet sehingga iklan-iklan yang dimunculkan berhubungan sebab mempunyai keterkaitan dengan apa yang kita telusuri di internet sebelumnya sehingga iklan tersebut sesuai dengan segmentasi pasar yang diseleksi dan mengembangkan peluangiklan tersebut diklik. Data-data yang dikumpulkan hasil dari penelusuran atau menjelajah di internet disimpan sebagai anonim untuk tetap menjaga privasi penggunanya.

Data mining memang mempunyai peran yang cukup sentral bagi perusahaan sebagaipelaku bisnis selain sebagai penunjang isu dalam mendukung keputusan bisnisnya juga menawarkan berita yang bisa memajukan intensitas acara usahanya, mirip penerapan data mining pada marketplace yang menganjurkan produk-produk yang memiliki peluang untuk dibeli secara serentak oleh pembeli, dengan begitu diharapkan maka semakin banyak pembeli yang membeli produk lain dari produk hasil usulan tersebut sehingga marketplace tersebut dapat terus meningkat dan berkembang usahanya.

Data mining memberikan solusi perihal persoalan big data atau data yang menumpuk sangat banyak yang terlihat tidak berharga dan tidak berguna alasannya tidak diketahui info apa yang ada di dalamnya karena belum dianalisis dan digali data tersebut untuk menghasilkan sebuah gosip baru yang berfaedah dan berharga proses ekstraksi berita atau wawasan baru perlu menggunakan rancangan data mining supaya lebih cepat, efisien dan efektif dibanding dianalisa secara tradisional dikarenakan jumlah data yang begitu sungguh banyak.

Setiap data tentunya berharga alasannya tanpa data tak akan ada berita, sudah seharusnya setiap data yang dikumpulkan terjaga kerahasiaanya untuk tetap menjaga ketentraman pengguna tentang hak privasinya.