banner 728x250

Cara Setting Custom Domain Blogspot Dengan Domain .Id Terbaru

  • Share
banner 468x60
Domain Indonesia (.id) diatur resmi oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang ialah badan hukum dibuat oleh perwakilan dari komunitas teknologi info dan sudah menyanggupi syarat sebagai badan hukum di Indonesia. Saat ini untuk mendapatkan domain-domain .id mesti lewat reseller domain .id, PANDI tidak menerima pribadi pendaftaran domain, salah satu contohnya anda bisa berbelanja domain .id ini lewat reseller. (baca: Pengertian Domain dalam artikel Memahami Nama Domain di Internet)

banner 336x280
Domain .id yang tersedia dan bisa dibeli oleh warga Indonesia adalah: .id, .co.id, .web.id, .or.id, .ac.id, .sch.id, .biz.id, .my.id, .ponpes.id, untuk standar menerima domain tersebut mampu anda baca disini, secara lazim syarat terutama yaitu anda harus memiliki KTP aktif.
Kita lanjutkan bimbingan kali ini yaitu bagaimana Cara Setting Custom Domain Blogspot dengan domain .id, (saya anggap anda sudah berbelanja domain .id dan sudah aktif).

Langkah #1

Login di akun blogger anda, klik hidangan Setelan – geser ke bawah cari dan klik Domain Kustom

masukan nama domain id anda lengkap dengan www, contoh: www.mung.id, lalu klik tombol simpan, akan keluar arahan unik yang diberikan blogger untuk memverifikasi kepemilikan nama domain dan menghubungkan domain .id dengan blogspot anda, pola tampilanya mirip gambar berikut:

Pada gambar di atas yang aku beri kotak warna biru, fokus pada teks yang ada dalam kurung (Nama: www, Tujuan: ghs.google.com) dan (Nama: xuesqanzmu3f, Tujuan: gv-qsocgu45d35wot.dv.googlehosted.com) instruksi inilah yang nantinya akan kita masukkan dalam pengaturan domain yang telah kita beli.

Sampai tahap ini kita akan pindah ke settingan domain panel .id dimana anda berbelanja domain untuk memasukan instruksi unik yang didapat dari blogger tersebut.

Langkah #2

Silahkan anda login (klik menu Customer Login) di domainid.mungbisnis.com dengan memakai email dan password yang terdaftar.

Setelah berhasil login, klik menu My Domains yang ada di sebelah kiri, dan klik nama domain anda, perhatikan gambar berikut:

Langkah #3

Klik pilihan Manage DNS seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini:

 Akan tampil penampilan mirip gambar berikut, kita akan fokus pada pengaturan di A record dan CNAME record domain id anda.

Langkah #4

Silahkan anda masukan IP Google dibawah ini untuk mengisi A Record:

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Caranya klik pada tombol Add record dan klik tombol A, masukan pada kolom pertama nama domain tanpa www, untuk kolom kedua diisi dengan IP google diatas, lalu klik tombol Create, kerjakan hal yang serupa sampai 4 kali.

Langkah #5

Masukkan instruksi unik yang diberikan blogger (Langkah#1) kedalam CNAME record seperti ditunjukan pada gambar berikut:
Kolom satu diisi nama domain dengan www, teladan: www.mung.id, lalu untuk kolom kedua diisi dengan ghs.google.com, klik tombol Create, 

amati gambar di bawah ini:

Tambah CNAME record berikutnya dengan memasukan isyarat unik yang didapat dari blogger, contohnya: kolom pertama diisi xuesqanzmu3f.mung.id dan kolom kedua diisi: qsocgu45d35wot.dv.googlehosted.comklik tombol Create, perhatikan gambar di bawah ini:

Langkah #6

Setelah menanti sekitar 30 s/d 60 menit, silahkan anda kembali kepengaturan blogspot mirip pada Langkah #1, anda pribadi klik tombol Simpan, kalau tidak ada kendala maka akan tersimpan, dan blog anda sudah bisa diakses dengan menggunakan domain .ID.

Jika dalam waktu 1 jam masih belum disimpan, anda mampu bersabar tunggu sampai 2 jam, baru anda simpan kembali, tetapi bila memang hingga 2 jam pun tidak bisa tersimpan, mungkin ada yang salah pada pengaturan domain ID anda, silahkan dicek kembali.

Dengan cara ini, anda tidak butuhmenyewa hosting dan mengeluarkan uang sewa tahunan, tapi anda cuma cukup membeli domain saja, sehingga akan sangat berhemat untuk biaya tahunanya, anda mampu membuat blog sekolah dengan domain resmi .sch.id, menciptakan blog eksklusif, blog universitas, blog perusahaan, dll.

Semoga Bermanfaat. 

banner 336x280
Baca juga:  Cara Mudah Mengubah Nama Domain Blogspot Dengan Nama Lain
banner 120x600
  • Share