banner 728x250

Cara Mudah Menjalin Ikatan Dengan Pelanggan Lewat Sosial Media

  • Share
banner 468x60

Untuk mengembangkan pemasaran, mulai dari para pemilik usaha, para marketing dan sales berlomba-lomba memberitahukan dan mempromosikan tentang produk atau jasanya lewat sosial media kepada para followernya. Berbagai cara dilakukan baik dengan memperlihatkan giveaway, membalas komentar, memberi gratis ongkis kirim, hingga dengan memperlihatkan potongan harga atau harga khusus.

Apakah cara pendekatan tersebut salah? pastinya tidak. Tetapi di luar cara-cara tersebut ada satu cara yang ternyata (saat ini) tidak banyak dikerjakan oleh para pemilik usaha atau merek dalam rangka menjalin ikatan emosional dengan customer atau kandidat pelanggannya di sosial media.

banner 336x280
lomba menginformasikan dan mempromosikan mengenai produk atau jasanya melalui sosial media Cara Mudah Menjalin Ikatan Dengan Konsumen Melalui Sosial Media
Optimasi sosial media – Cara pendekatan pada pelanggan di sosial media

Sebelum aku lanjutkan, ada kisah singkat sebagai citra tentang pendekatan terhadap follower.

Nita yakni seorang penggemar artis Korea. Nita memfollow akun si artis tersebut baik akun Instagram maupun Twitternya. Karena Nita memfollow akun tersebut, maka Nita senantiasa mendapat info terbaru dari artis Korea pujaannya dari setiap potingan yang diupdate sang artis.

Suatu hari, Nita terkejut, ternyata sang artis idolanya membalas komentarnya, dan yang lebih menciptakan Nita sungguh gembira dan sungguh-sangat tidak yakin yaitu sang artis memfollow balik akun Instagram dan juga akun Twitter miliknya.

Dari Nita kita beralih ke Dio

Dio sungguh suka makanan dari restoran terkenal yang ada di kota tempat tinggalnya. Restoran itu mempunyai sosial media dan Dio memfollownya. Pada sebuah hari Dio menunjukkan komentar dan ternyata tanpa Dio duga restoran itu membalas komentarnya dan bahkan memfollow akunnya. Dio sungguh senang mendapat respon tersebut apalagi restoran itu memfollow balik akun sosial medianya.

Dari kisah Dio, kita kembali ke bahasan berikutnya.

Baca juga:  Cara Edit File Pdf Gratis, Sejda Pdf Aplikasi Alternatif Selain Adobe Acrobat

Bagaimana dengan kita yang memiliki sosial media untuk merek / merk / produk / usaha yang masih kecil dan belum besar atau populer?

Dari polling yang aku lakukan dan di tanggapanoleh 21 orang dengan pertanyaan “Bagaimana jikalau akun sosial media kamu difollow balik oleh merek perjuangan makanan/minuman (atau perjuangan lainnnya) yang belum terkenal?” 

  • 33,3% menjawab senang sebab jikalau mereka difollow balik artinya mereka juga mendapat follower (jumlah follower mereka akan bertambah)
  • 4,8% menilai brand / merek / usaha yang memfollow balik mereka tidak bersikap sok artis (brand / merek / usaha yang hendak memfollow balik mereka anggap low profile alasannya artis biasanya tidak inginmemfollow balik)
  • 61.9% baiklah semua dengan pernyataan di atas

Berdasarkan kisah dan polling di atas, saya, anda dan siapapun kita tentunya mempunyai kesamaan, yaitu akan merasa bahagia dikala ada artis, merek, merk, perusahaan atau apapun itu yang selain membalas komentar yang kita berikan mereka juga memfollow balik kita. Kita pun akan lebih merasa dihargai jikalau ada akun yang akan memfollow balik kita bukan?

Supaya antara anda sebagai pedagang tercipta / terjalin ikatan dengan follower anda di sosial media maka caranya adalah : Selain membalas komentar, seharusnya anda mulai memfollow balik siapa saja yang memfollow anda baik di Instagram, Twitter atau media sosial yang lain yang mempunyai fitur “Follow Back”.

Memang ini tidak biasa alias tidak biasa, dan cara ini kembali terhadap anda apakah ingin anda terapkan atau tidak dalam melaksanakan taktik pendekatan kepada konsumen / customer / follower. Mau tampil beda (mau memfollow balik akun sosial media pelanggan yang memfollow anda baik ketika perjuangan anda masih kecil atau pun telah besar nanti) maka brand dan produk anda akan lebih gampang diingat oleh konsumen. Semoga bermanfaat
banner 336x280
banner 120x600
  • Share