banner 728x250

Cara Mudah Melihat Ip Address Pada Laptop/Komputer Dan Gadget Kita

  • Share
banner 468x60

Tekno-G. Banyak orang yang mencari cara menyaksikan IP Address pada Laptop atau komputer nya, atau bahkan mereka ingin tahu melihat IP Address yang ada pada perangkat android, Iphone, smartphone lain dan bahkan pada perangkat yang terhubung ke jaringan internal ataupun publik yang terhubung dengan internet global. Cara untuk melihat IP Address sangatlah gampang dan beragam antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Makara silahkan ikuti postingan ini semoga lebih gampang bagi kita untuk dapat melihatnya.

IP Address yakni angka unik yang dipakai pada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internal ataupun publik yang mengidentifikasi perangkat tersebut untuk berkomunikasi dalam jaringan. Dari pemahaman tersebut maka diperoleh dua jenis IP yakni IP Statis/Static dan IP Dinamis. IP Static lazimnya digunakan dalam satu jaringan internal dan tidak berubah-ubah, sedangkan IP Dinamis sering digunakan untuk mengakses jaringan luar (internet publik) lazimnya ini dipakai oleh Modem, Koneksi WIFI dan lainnya.
Baik berikut cara gampang menyaksikan IP Address pada Laptop atau Komputer Kita yakni :

1. Melalui CMD.exe atau Command Prompt bawaan Microsoft Windows

a. Tekan Tombol Logo Windows sekaligus dengan Huruf R (Windows + R) pada Keyboard, kemudian akan timbul Jendela Run

b. Ketik cmd lalu tekan Tombol Enter, akan timbul Jendela Command Prompt
c. Ketik ipconfig, lalu akan timbul daftar IP Address Laptop atau Komputer kita

2. Melalui Network and Sharing Center (Control Panel)

banner 336x280
a. Klik Kanan Icon Koneksi Jaringan / Internet di bagian Kanan Taskbar Windows, Lalu Klik Network and Sharing Center, Akan muncul Jendela Control Panel>All Control Panel Items>Network and Sharing Center
b. Pada Section : View Your Active Networks, Klik Connection yang aktif, akan muncul Jendela Status Koneksi

c. Pada Jendela Connection Status, Klik Tombol Details, akan timbul Jendela Network Connection Details, Pada Property IPv4 Address valuenya ialah IP Komputer Kita.

Baca juga:  Cara Pasang Video Youtube Di Blogger Autoplay Eksklusif Jalan

3. Melalui Google

Cara melihat IP Address melalui Google pastinya mesti terkoneksi dahulu ke Internet Publik, dengan cara ini kita juga bisa melihat IP yang ada di Gadget kita seperti Smartphone Android, Tablet, Iphone, Modem dan perangkat lain yang terhubung ke Internet.
a. Buka Browser Chrome, Mozilla, Safari atau bawaan dari perangkatnya, Lalu Akses Google.com, pada kotak pencarian masukkan keyword (kata kunci) What is my ip address , atau mampu juga yang ringkas yaitu : what is my ip.
b. Lalu Klik Cari dan akan muncul IP Laptop kita

c. Ini IP Address dari Android atau dari Gadget

4. Melalui PasarHosting.com

a. Buka web pasarhosting.com, Lalu Scroll kebawah dan klikĀ  Tool Cek IP Address

b. Berikut IP Address yang diperoleh

5. Melalui Aplikasi Internal Yang Terinstall di Komputer

a. Cara ini kebetulan untuk aplikasi yang ada di kantor kawasan aku melakukan pekerjaan
b. Klik Start Menu, Lalu Klik All Programs, Cari Folder Ipos, Klik iposKonfigurasi

c. Berikut Akan di dapat IP Komputer Kita

Kemungkinan ada sedikit perbedaan ketika kita mengakses melalui WIFI dimana IP yang kita cek dengan cara 1, 2 dan 5 berbeda dengan cara 3 dan 4 penjelasannya sebagai berikut :
  • IP Address yang diperoleh dengan cara 1, 2 dan 5 ialah IP Internal yang diperoleh dari Perangkat yang terbentuk di laptop, IP ini mampu dipakai untuk berkomunikasi antar perangkat yang serupa-sama mengakses WIFI tersebut.
  • Sedangkan untuk cara 3 dan 4 adalah IP yang diperoleh untuk mengakses internet publik yang digunakan oleh perangkat WIFI tadi.

Demikian sharing kali ini perihal Cara MUdah Melihat IP Address Pada Laptop/Komputer dan Gadget Kita supaya mampu menambah khazanah keilmuan teman. Jika rasanya bermanfaat, silahkan bagikan atau share kepada yang lain. Jika ada kesalahan silahkan komen dibawah ini.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share