banner 728x250

Cara Menyertakan Ukuran Kertas F4 Di Settingan Printer Dan Ms Word

  • Share
banner 468x60

Ukuran kertas patokan yang ada di Indonesia lumayan banyak macamnya, mulai dari ukuran kertas A4 (Ukuran kertas A4 = 210 x 297 mm), F4 (Ukuran kertas F4 = 215 x 330 mm), A3 (Ukuran kertas A3 = 420 x 594 mm), tetapi ada ukuran kertas yang tidak tersedia di pengaturan kertas komputer, ialah ukuran kertas F4 (HVS Folio) dengan ukuran 21,5 cm X 33,0 cm.

Mungkin anda akan mengajukan pertanyaan, kenapa disettingan pengaturan kertas komputer ada ukuran kertas letter dan legal padahal ukuran itu khususnya ukuran legal lebih panjang dari kertas kebanyakan yang ada di Indonesia? ukuran kertas Letter ataupun ukuran kertas Legal ialah ukuran kertas kantor tolok ukur Amerika Serikat, dan di Indonesia ternyata tidak menggunakan ukuran itu.

banner 336x280

Ukuran kertas A4 kebetulan sudah ada pilihanya di komputer, sedangkan ukuran F4 belum ada, dan jika kita mau mencetak/ print out menggunakan jenis kertas F4 ini, maka mau tidak inginkita harus menertibkan atau menambahkan jenis ukuran kertas ini ke komputer supaya dilain waktu kita tinggal pilih saja mirip halnya dikala menentukan jenis kertas lainnya yang tersedia di komputer.

Berikut Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Komputer 

  1. Buka Control Panel, caranya klik start-ketik Control Panel,
  2. Klik View device and Printers
  3. Pilih printer yang mau disetting, klik kanan dan pilih Printing Preferences
  4. Pilih dan klik tab menu Paper/ Quality, lalu pada bab Paper Option, klik tombol Custom,
  5. Pada jendela Custom Paper Size, silahkan anda isi pada kolom Name: F4 (atau dengan nama lain, bebas), sedangkan pada isian size silahkan anda atur dengan Width: 215,0 mm dan Height: 330,0 mm, lalu klik Close.
  6. Sekarang anda mampu memilih ukuran kertas pada pengaturan printer ini, lalu anda klik tombol OK.
  7. Anda bisa mengecek dan mencobanya di acara aplikasi pengolah kata mirip Ms. Word, anda mampu buka di tab hidangan Page Layout, dan cek sajian Papers seperti ditunjukan pada gambar berikut:
Baca juga:  Domain Gratis S/D 31 Desember 2018, Mau?

Demikian, Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Settingan Printer dan Ms Word, semoga berguna.

Simak Video Tutorial

Untuk memperjelas panduan di atas, silahkan simak video Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Settingan Printer dan Ms Word di bawah ini:

banner 336x280
banner 120x600
  • Share