banner 728x250

Cara Menulis Dengan Mulut (Voice To Text) Di Komputer

  • Share
banner 468x60

Pada posting terdahulu pernah aku bahas perihal cara menulis dengan lisan atau voice to text memakai aplikasi Gboard yang ada di hp android, anda bisa baca di artikel dengan judul postingan “Permudah Guru Menulis Buku, Aplikasi Voice to Text Menjadi Jawabanya“, mengetik dengan tangan apalagi mengetik dengan teknik 10 jari memang tidak siapa saja mampu melakukanya, jadi kadang menjadi salah satu hambatan dalam menuntaskan penulisan buku dengan cepat denga alasan tidak bisa mengetik cepat.

Tes kesanggupan mengetik 10 jari anda disini.

banner 336x280

Solusi mengetik dengan cepat tanpa menggunakan tangan, cukup anda berbicara dan biarkan komputer yang hendak mengetikannya buat anda, sehabis tulisan cukup panjang, anda berikutnya tinggal edit secara manual, untuk menganalisa penulisanya, besar kecilnya abjad, tanda bacanya, ganti paragraf atau tidak, dst, tetapi jikalau anda menginginkan ketika menulis sekaligus mengontrol dan mengedit tiap paragraf itu juga bisa, tergantung nanti aplikasi yang hendak anda pakai.

Aplikasi Voice to Text Online Gratis

Google Translate

Untuk melaksanakan voice to text atau menulis dengan lisan, anda mampu menggunakan fitur dikte yang tersedia di google translate, caranya ialah: buka browser google chrome, kunjungi situs: translate.google.com, pilih bahasa yang hendak dipakai –  klik ikon microphone di pojok kiri bawah, dan mulailah mengatakan, aplikasi google translate akan menuliskannya buat anda.

Kekurangan pada fitur dikte di google translate ini adalah tidak mampu ganti bahasa dalam satu paragraf, tidak bisa ganti baris dengan suara, tidak bisa menuliskan tanda baca seperti titik, koma, tanda tanya, sehingga teks akan nyambung menjadi satu paragraf. Untuk mengatur paragraf, anda mesti mengcopynya terlebih dulu ke acara pengolah kata mirip Ms. Word.

Baca juga:  Bimbingan Xiaomi Mi A1 - Menghapus Akun Google Atau Gmail Di Android

SpeechTexter.com

Aplikasi kedua yang aku rekomendasikan adalah aplikasi voice to text yang disediakan gratis oleh situs speechtexter.com, fitur voice to text pada situs ini mendukung google chrome model terbaru.
Cara penggunaanyapun cukup gampang, anda hanya cukup membuka situs speechtexter.com, kemudian anda klik tombol START DICTATING, maka akan timbul lembar teks editor. Selanjutnya Anda pilih bahasa yang hendak digunakan di pojok kanan atas, kemudian anda klik tombol start di pojok kiri atas.

Aplikasi ini mendukung dikte tanda baca, seperti titik dua, ganti paragraf, tanda tanya, juga yang menurut saya keren ialah, aplikasi ini bisa digunakan untuk mendikte beberapa bahasa dalam satu lembar kerja, lalu tersedia juga kamus yang bisa kita custom sesuai impian kita, hal ini bisa kita manfaatkan untuk tanda baca tertentu yang belum tersedia pada posisi defaultnya. Setelah anda akhir mendikte, anda bisa langsung mendapatkan naskah yang siap cetak atau siap dipublikasikan.

Demikian Cara Menulis dengan Mulut (Voice to Text) di Komputer, semoga berfaedah.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share