banner 728x250

Cara Meniadakan Page Break Dan Section Break

  • Share
banner 468x60

Panduan pada postingan ini berawal dari banyaknya kasus kesulitan dalam pengeditan dokumen, soal-soal, di sekolah yang rata-rata masalah ini timbul dikarenakan dokumen/ koleksi soal yang sedang dibuat adalah hasil copy paste dari dokumen lain baik yang didapat dari internet maupun dokumen langsung tahun-tahun sebelumnya.

Kasus yang aku maksud adalah seperti ini: Saat mengedit/ membereskan dokumen, teks pada halaman tertentu tidak mampu dinaikan ke halaman sebelumnya, jadi akan ada ruang kosong pada bab bawah halaman tersebut, persoalan ini setelah ditelusuri rata-rata sebab hasil copy paste teks dari file lain yang telah diatur atau di setting dengan format lain, misal dokumen yang dicopy sebelumnya yakni berupa kolom-kolom, sedangkan pada dokumen yang sedang dibuat kolomnya dihilangkan menjadi satu kolom, pengeditan dokumen mirip ini akan menemui masalah, dan tidak jarang yang karenanya menciptakan dokumen baru dan mengetik ulang.

banner 336x280

Cara mengatasi masalah di atas ialah dengan Cara Menghapus Page Break dan Section Break. Sebelum aku bahas langkah-langkahnya, alangkah lebih baik kalau kita bahas dahulu apa itu Page Break dan apa itu Section Break.

Page Break dalam program Microsoft Word merupakan tool yang berfungsi untuk mengakiri halaman tertentu lalu memulai halaman berikutnya tetapi masih dalam satu section (bagian). Sedangkan Section Break dalam acara aplikasi pengolah kata Microsoft Word berfungsi menyelesaikan suatu bagian (section), yang kemudian memulai section gres dalam satu dokumen, hal ini dilakukan alasannya mungkin anda menginginkan format berbeda pada tiap bagiannya.

Fitur Page Break terdapat pada sajian Page Layout РBreak РPage, untuk penggunaan page break ini pernah saya diskusikan pada goresan pena Membuat Halaman Berbeda dalam satu File Ms. Word. 

Oke, mari kita praktekan tindakan Menghapus Page Break dan Section Break pada dokumen yang mau diedit:

  1. Buka dokumen Ms. Word yang akan anda edit.
  2. Klik sajian VIEW – DRAFT
  3. Berikutnya anda hapus dengan cara klik pada garis putus-putus yang ada goresan pena section break, lalu klik tombol delete pada keyboard, untuk membuat lebih mudah pengeditan silahkan hapus semua section break yang ada di dokumen anda.
  4. Setelah tamat anda hapus, silahkan anda kembali ke mode Print Layout, dan lakukan pengeditan dokumen mirip biasa.
Demikian Cara Menghapus Page Break dan Section Break, biar bermanfaat.
banner 336x280
Baca juga:  Cara Membuat Bingkai Atau Page Border Di Ms. Word
banner 120x600
  • Share