Cara Menghitung Ahad Efektif

Diposting pada
Rincian Minggu Efektif tahun pelajaran 2019/2019

Untuk bapak dan ibu guru tentu sudah mengenal dan memahami dengan yang namanya ahad efektif. Minggu efektif ialah jumlah ahad yang dipakai dalam acara pembelajaran tiap semester menurut kalender pendidikan. Setiap semester tentu ahad efektifnya selalu berubah-ubah disesuai dengan kalender tahun berjalan. 

Cara menghitung ahad efektif bahwasanya sangat mudah, dalam setiap awal bulan yakni tanggal 1 akan jatuh pada hari yang berbeda. Jika dalam satu ahad tersebut mempunyai 3 hari atau lebih hari efektif maka terhitung 1 ahad efektif. Sedangkan untuk ahad yang kurang dari 3 hari efektif maka tidak dihitung ahad efektif.

Kalender Bulan Juli 2019 (Foto kalender-indonesia.com)
Nah tentu masih ada yang gundah cara menghitung jumlah ahad efektif. Sebagai pola kalender bulan Juli 2019, tanggal 1 jatuh pada hari Jumat maka hari efektif hanya hari Jum’at dan Sabtu maka tidak dihitung ahad efektif alasannya ialah hanya 2 hari. Mulai dihitung dari hari Senin tanggal 4 hingga Sabtu tanggal 9 masuk ahad pertama, kemudian hari Senin tanggal 11 hingga Sabtu tanggal 16 masuk ahad kedua, kemudian hari Senin tanggal 18 hingga Sabtu tanggal 23 masuk ahad ketiga, dan hari Senin tanggal 25 hingga Sabtu tanggal 30 masuk ahad keempat. 
Karena awal semester ganjil jatuh pada tanggal 18 Juli maka ahad efektif untuk bulan Juli hanya 2 ahad efektif. Begitu juga dengan perhitungan ahad efektif bulan-bulan berikutnya. Minggu efektif dapat berkurang jumlahnya alasannya ialah ada beberapa hal yang sudah berkala menyerupai UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), UKK (Ulangan Kenaikan Kelas), UN (Ujian Nasional), Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) dan lain sebagainya. 
Bagi Anda yang membutuhkan Minggu Efektif Tahun Pelajaran 2019/2019 silakan download di sini. Download Minggu Efektif Tahun Pelajaran 2019/2019. Tinggal diubah jumlah jam pelajaran dalam seminggunya diadaptasi dengan mata pelajaran yang diampu. Selamat mencoba