banner 728x250

Cara Mengetahui Cell Yang Berisi Formula Atau Rumus Dengan Conditional Formatting Di Microsoft Excel

  • Share
banner 468x60
Sahabat tekno-g kali ini kita akan membaca bagaimana cara mengetahui cell yang berisi formula atau rumus dengan conditional formatting di Microsoft Excel. Artikel ini pernah di Publish di salah satu Tabloid Komputer yang terkenal yaitu PC-Plus dimana waktu itu kami menjadi kontributor pada salah satu halaman tips dan trik di tabloid tersebut.

Ok, sebelum kita lanjut bagaimana caranya, kita mesti tahu dulu kenapa kita butuh tahu cell yang berisi formula ? Baik berikut karena :
  • Terkadang kita butuh mengolah data dengan excel namun tanpa sengaja telah menginput atau mengganti isi dari sebuah cell dengan data yang kita miliki, celakanya cell tersebut mengandung formula khusus atau fungsi yang kita buat, namun diakhir proses kita menyimpan file, menutup worksheet kesudahannya kehilangan formula tersebut.
  • Bisa jadi formula yang kita miliki adalah rumus yang kompleks misalnya rumus yang memiliki nalar pencabangan yang banyak dan bekerjasama (link) dengan sheets atau bahkan file excel yang yang lain. Jika tanpa sengaja terhapus pasti akan sungguh merepotkan untuk membuatnya kembali.
  • Kita tergolong orang yang suka melaksanakan Cut dan Paste atau Copy Paste Mania, tanpa sengaja mem paste di cell yang justru disitu ada rumus yang penting maka ini pastinya akan menyusahkan kita.

Apa solusinya ? Ada beberapa solusi diantaranya yaitu :

banner 336x280
  1. Menyembunyikan baris (row) atau kolom (column) dengan kemudahan hide
  2. Memproteksi cell dan mengaktifkan perlindungan workbook sehingga hanya cell tertentu saja yang mampu di edit.
  3. Memberi tanda khusus pada cell yang mempunyai formula dengan mempergunakan conditional formatting.

Dalam artikel ini kita akan menggunakan cara yang ketiga, jikalau ada kesempatan kita juga akan menerangkan cara 1 dan 2. Baik mari langsung kita lihat cara menciptakan conditional formattingnya.

  1. Dalam worksheet, klik [Insert]>[Name]>[Define].
  2. Dalam kotak obrolan Define Name, ketik pada kotak Names in Workbook. SEL_PUNYA_FORMULA (ini mampu diubah sesuai cita-cita)
  3. Masukkan rumus berik ut kotak Refers to: =GET.CELL(48,INDIRECT(“rc”,FALSE)) lalu klik Klik [Add]>[OK].
  4. Perhatikan tanda , (koma) bisa jadi berubah menjadi ; (titik koma) sesuai dengan setting Excel yang sahabat miliki. 
  5. Kemudian blok seluruh sel dalam range kerja Anda, kemudian klik [Format]>[Conditional Formatting].
  6. Dalam kotak Conditional Formatting, pilih Formula Is yang terletak di bawah Condition 1, lalu masukkan rumus berikut di sebelahnya: =Sel_Punya_Rumus
  7. Lalu klik [Format] dan sesuaikan format sel yang berisi rumus sesuai dengan impian Anda, contohnya klik [Pattern] pilih warna hijau muda lalu klik [OK] dan [OK] sekali lagi (pergeseran dapat dipraktekkan pada, border dan warna latar sel).
Baca juga:  Cetak Secara Masal Alamat Paket Kiriman DagangOnline Dengan Microsoft Excel


    Jika tidak ada kesalahan dalam mengikuti semua petunjuk diatas, maka setiap cell yang berisi rumus akan ditandai dengan warna hijau muda.

    Terima kasih sudah berkunjung ke blog tekno-g ini, Jika teman memperoleh hal yang salah dalam postingan ini silahkan komentar yang membangun untuk perbaikan, kami akan berusaha mencari penyelesaian secepatnya mungkin. Apabila merasa berguna yang besar silahkan like and share. Terima kasih
    banner 336x280
    banner 120x600
    • Share