banner 728x250

Cara Menampilkan Soal Online Format Html5 Di Blog Guru

  • Share
banner 468x60

Pada posting Sebelumnya aku sudah menerangkan Bagaimana cara menampilkan file SWF di blog guru dengan hosting berbayar di mana pada postingan tersebut saya jelaskan bagaimana cara mengupload file SWF hasil pengerjaan soal online memakai aplikasi seperti wondershare quiz creator ataupun ispring Quiz Creator yang outputnya salah satunya adalah tipe file flash atau SWF.

Pembuatan soal online menggunakan aplikasi ispring Quiz Maker outputnya mampu berupa file html 5 di mana dengan menggunakan file html 5 ini maka soal online yang dihasilkan dari aplikasi ispring Quiz Maker mampu ditampilkan di perangkat Android di samping juga mampu ditampilkan di perangkat komputer atau laptop, untuk cara menciptakan soal online menggunakan aplikasi ispring Quiz Creator bisa anda baca pada artikel ini: Cara Membuat Soal Online dengan iSpring Quizmaker dan Integrasikan ke Blog Guru.

Langsung saja untuk posting kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengintegrasikan hasil pembuatan soal online menggunakan ispring Quiz Maker yang outputnya berupa file HTML 5 kemudian kita upload di hosting berbayar yang telah kita sewa di mungbisnis.com.

banner 336x280

Langkah #1
Publish soal online dari Quiz Creator dengan memilih pilihan HTML5 dan centang pada pilihan kompres memakai ZIP.

Langkah #2 
Login ke cpanel hosting Anda lalu masuk ke File Manager – public_html atau domain yang ada di cPanel hosting Anda lalu buatlah satu folder dengan cara klik file folder Tuliskan misalkan usbntik.

Buka folder yang sudah anda buat, contoh pada bimbingan ini saya buat folder usbntik, kemudian klik tombol upload untuk mengupload file html 5 dalam format zip yang dihasilkan dari aplikasi ispring Quiz Maker.

Langkah #3
Berikutnya ekstrak file zip yang sudah terupload di dalam cPanel dengan cara klik kanan pada file yang telah terupload, pilih Extract:

Berikutnya Anda mampu menghapus file zip yang telah tidak digunakan lagi dan anda selanjutnya mampu mengakses alamat domain dengan folder usbntik.

Baca juga:  Pandangan Baru Cara Membuat Sms Gateway Android Dengan Database Mysql

Langkah #4
Silahkan anda coba jalan masuk soal online yang sudah selesai terupload ke cPanel  hosting anda, pola disini aku buka dengan alamat: http://quiz.mung.web.id/usbntik/ , bila telah berhasil tampil mirip gambar berikut:

Selanjutnya anda panggil soal online tersebut dengan memakai isyarat iframe berikut:

Silahkan anda ganti teks warna biru dengan alamat soal online anda, sedangkan untuk lebar dan tinggi (teks warna merah) tampilan soal online silahkan anda sesuaikan dengan desain yang sudah anda buat.

Jangan lupa ketika memposting iframe tentukan mode yang dipilih yakni mode HTML bukan Compose lalu Klik tombol publikasikan dan kini soal online yang dihasilkan dari ispring Quiz Maker dalam format HTML 5 mampu tampil di blog guru Anda.

Demikian bimbingan bagaimana cara mengintegrasikan soal online hasil output dari aplikasi ispring Quiz Maker, Semoga bermanfaat.

Lebih jelasnya simak video Cara Menampilkan Soal Online Format HTML5 di Blog Guru:

Download Video Panduan
banner 336x280
banner 120x600
  • Share