banner 728x250

Cara Memperbaiki Asus Zenfone Max Yang Terendam Air Basah Total

  • Share
banner 468x60
Kali ini tekno-g berbagi cara memperbaiki Asus Zenfone Max yang terendam air sehingga berair total, ini yaitu pengalaman pribadi yang sungguh-sungguhterjadi dimana Smartphone asus masuk tanpa sengaja ke kolam mandi, selengkapnya begini kronologis dan cara memperbaikinya.

Cara ini jika sahabat beruntung bisa juga dipakai pada ponsel pintar yang lain, berikut kronologis yang terjadi sehingga Handphone asus masuk kedalam air. Pada pagi hari ketika di kamar mandi kebetulan kami menenteng smartphone, lalu tiba-tiba ada kejadian aquarium di ruangan tamu retak dan tidak tahu apa penyebabnya sehingga air keluar dan membanjiri lantai. Lalu kami mendengarnya dari kamar mandi sebab suaranya cukup kuat (bunyi air yang keluar meluncur dari dalam aquarium ke lantai).

Cara Perbaikan ini mudah-mudahan mampu juga dipakai pada perangkat handphone yang lain.

banner 336x280
Nah dengan peristiwa tersebut dengan terburu-buru tanpa menghiraukan kondisi kami langsung saja melempar handphone asus yang ada ditangan dan tidak mengenali ternyata handphone tersebut masuk ke dalam kolam mandi yang sedang banyak airnya. Baru kami sadari kembali setelah simpulan membersihkan air yang keluar dari aquarium dikala masuk balik ke kamar mandi. 

Jadi artinya ada sekitar 15 sampai dengan 30 menit HP Asus Zenfone Max seri ASUS-Z010D berada dalam air dengan kedalaman lebih kurang 60 cm terendam dan berair total.

Inilah perlindungan pertama dikala handphone basah total 

  1. Ambil segera handphone lalu kibas-kibaskan sekuat mungkin sehingga air yang ada di dalam komponen atau casing bisa keluar.
  2. Ambil tisu lalu buat mirip meruncing, masukkan ke dalam lobang jack earphone atau lobang yang lain untuk mengeringkan air yang berada disana
  3. Jika Baterai bisa dilepas, lepas secepatnya baterai dan pisahkan, keringkan pada posisi tersendiri.
  4. Buka casing, lepas baterai (jika baterai tanam semestinya juga bisa dilepas banyak caranya silahkan searching di youtube) lalu letakan HP pada posisi miring, jangan terlentang. Dengan posisi miring di inginkan air yang masih tersisa tidak menggenang di dalam komponen dan mengalir keluar dari sela-sela bagian.
  5. Jangan sekali-sekali masukkan ke dalam microwave atau pemanas, justru akan merusakan perangkat
  6. Kalau bisa boleh pakai hair dryer atau blower, namun kami letakan di atas kipas rak server atau bisa di ganti dengan kipas lain, dengan posisi miring.

Jika HP Asus Zenfone Max Hang baca ini untuk solusinya : Cara Memperbaiki dan Mengatasi Handphone Asus Zenfone Max Yang Hang atau Tidak Jalan

Sebelum Hal tersebut diatas kami kerjakan Kondisi Hp yakni sebagai berikut :

  1. Masih On, tetapi ada notifikasi Jack Earphone terpasang, ini mungkin alasannya korslet oleh air dan terdeteksi oleh metode sepert ada earphone.
  2. Sekitar 30 menit lalu HP Bergetar sendiri, Bootloop (hidup mati berulang-ulang)

Solusi Memperbaiki  Zenfone Max Yang Terendam Air Basah

  1. Baterai Tanam (fix), Bongkar sendiri (tutorial ada di youtube)
  2. Pisah dan buka komponen yang memungkinkan di pisah
  3. Letakkan semua bagian dalam keadaan miring dan bangun atas kipas
  4. Biarkan dalam waktu cukup lama sekitar 3 hingga dengan 4 jam untuk memastikan bila betul-betul telah kering
  5. Pasang kembali baterai dan unsur lain dan Alhamdulillah, Asus Zenfone Max kami mampu dipakai kembali
Mau coba rendam asus zenfone max??? Do With Your Own Risk…hahaha

Terima kasih sudah berkunjung ke blog tekno-g ini, Jika teman memperoleh hal yang salah dalam artikel ini silahkan komentar yang membangun untuk perbaikan, kami akan berusaha mencari penyelesaian secepatnya mungkin. Apabila merasa bermanfaat yang besar silahkan like and share. Terima kasih

banner 336x280
Baca juga:  Cara Memperbaiki Handphone Android Yang Muncul Pesan Google Play Telah Terhenti
banner 120x600
  • Share