banner 728x250

Cara Membuat Surat Masal Tanpa Mail Merge Dengan Microsoft Excel

  • Share
banner 468x60
Tekno-G. Kali ini kita akan sharing membuat surat masal tanpa mail merge dengan Excel. Sebenar dalam postingan ini masih menggunakan rancangan Mail Merge, namun database yang dipakai tidak terpisah. Mungkin sobat telah sering memakai kemudahan Mail Merge antara Microsoft selaku master dari suratnya dan Microsoft Excel sebagai Database dari data yang dipakai pada master surat tersebut.
Secara besar pemahaman Mail Merge yaitu Proses Entri Otomatis Nama dan Alamat serta variabel lain pada Master Surat atau Amplop atau Label, untuk mengantarsurat atau penawaran khusus kepada banyak alamat sekaligus. Dengan demikian pengerjaan surat masal akan sangat menolong bab admin atau manajemen dalam membuat surat yang ditujukan pada banyak alamat sekaligus.
Bayangkan kalau kita mempunyai 100 (seratus) atau bahkan hingga ribuan Nama dan alamat yang akan diproses pengiriman datanya, maka kalau tidak menggunakan fasilitas surat masal atau mail merge, maka proses itu akan sungguh sulit dan makan waktu, sebab pasti aku kita akan membuat banyak file atau melakukan proses copy paste yang lumayan banyak.
Oke, agar tidak panjang-panjang penjelasannya mari kita mulai cara menciptakan surat masal tanpa mail merge di Excel. 
1. Buat Master Surat di Sheet1, kemudian untuk membuat lebih mudah Ubah Name Sheet1 menjadi MASTERSURAT
2. Siapkan Data Nama pada Sheet2, lalu untuk membuat lebih mudah ubah Name Sheet2 menjadi DATA
3. Blok Tabel Nama Undangan yang ada di Sheet DATA dan berikan nama untuk Tabel tersebut menjadi DATAUNDANGAN di Name Box dan Tekan Enter
4. Kembali ke Sheet MASTERSURAT, masukan FORMULA :
=VLOOKUP(N2,DATAUNDANGAN,2,FALSE)
di Cell C6
5. Ubahlah Data nomor urut seruan di Cell N2, dan perhatikan Nama Undangan di Cell C6 maka otomatis akan berganti-ubah sesuai dengan data yang kita masukkan.
Untuk mempermudah sahabat, File Contoh Cara Membuat Surat Masal Tanpa Mail Merge Dengan Microsoft Excel.xls sudah mampu di download disini (Klik Untuk Download)
Untuk Mudahnya sahabat mampu menyaksikan video berikut ini :
Beberapa catatan dalam Membuat Surat Masal Tanpa Mail Merge Dengan Excel :
  • Keuntungan Membuat Surat Masal Tanpa Mail Merge Dengan Excel
  1. File Master Surat dan Data Nama atau Alamat berada dalam 1 Lokasi File Excel sehingga proses terhubungnya lebih cepat
  2. Praktis di Modifikasi untuk kebutuhan lain, contohnya untuk membuat Kwitansi (Akan Tekno-G buat pada artikel terpisah)
  3. Konsumsi space media penyimpanan lebih kecil dan source memory juga jadi lebih minimal
  4. Tidak perlu setting ulang jikalau di copy ke lokasi lain, jikalau memakai mail merge Microsoft Word dan Excel diperlukan setting ulang saat file berganti kawasan penyimpanan.
  • Kelemahan Membuat Surat Masal Tanpa Mail Merge Dengan Excel
  1. Kurang Flexible dalam menciptakan format surat, perataan text, tabulasi, border dan lain-lain
  2. Proses pencetakan masih manual dengan mengganti nomor urut usul satu per satu balasannya cukup menyibukkan, namun hal ini mampu tertuntaskan sehingga menjadi otomatis (Akan Tekno-G buat pada postingan terpisah)
Baca juga:  Semakin Mudah Membuat Animasi Gif Dengan Ponsel Pintar Asus Zenfone Max

Demikian sharing kali ini perihal cara Membuat Surat Masal Tanpa Mail Merge Dengan Microsoft Excel semoga dapat menginspirasi sobat untuk menciptakan Dokumen yang lain dengan menggunakan meteode diatas. Jika bermanfaat silahkan sharing ke sahabat kita lainnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share