Cara Kondusif Belanja / Membeli Barang Secara Online Di Tokopedia

Diposting pada

Cara Belanja Online di Tokopedia.com – Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik dikalangan kelas atas maupun kelas menengah, selain harga yang bersaing pembeli sanggup dengan gampang mendapat barang apa saja tanpa harus keluar rumah. Sobat tentu masih ingat dengan iklan di televisi wacana sebuah nama toko online yang di ciptakan oleh william Tanuwijaya ini dengan visi membangun indonesia lebih baik lewat internet. Tokopedia merupakan toko online gres yang sudah menjadi besar yang kini ini namanya sudah sanggup disandingkan dengan nama besar toko online ibarat OLX.co.id, lazada.com, bukalapak.com, dan nama-nama lainnya.

Nama tokopedia ini mencuat  setelah seringnya beriklan di banyak sekali media ataupun elektronik dan kini tokopedia rasanya sudah berhasil menciptakan namanya “sudah melekat” di benak kita. di jaman internet ini sudah seharusnya untuk tidak merasa ragu ragu berbelanja secara online alasannya yaitu banyak sekali toko online yang benar benar sanggup di percaya meskipun harus tetap mengikuti hukum yang berlaku semoga  jangan hingga salah membeli atau tertipu oleh calan penjual atau pembeli. hingga ketika ini saya sendiri sudah beberapa kali melaksanakan transaksi di tokopedia dan tidak ada masalah.

Kenapa sistem transaksi di tokopedia itu aman, meski antara penjual dan pembeli tidak pernah mengenal sekalipun banyak orang tetap membeli dan berbelanja disana. bagi teman yang sebelumnya belum mengetahui hukum ditokopedia mungkin masih ragu namun sesudah mengetahuinya tentu akan berpikir lain. Disini saya akan mencoba memberi pola dengan simpel saja. tokopedia merupakan mediator antara penjual dan pembeli jadi setiap ada penjual apapun disana harus melalui tokopedia terlebih dahulu gres kemudian diteruskan ke pihak penjual.

Misalkan :

Pembeli = A
Penjual = B
Tokopedia = C

Jika A membeli barang ke B maka A tranfer dahulu ke C, sesudah A mendapatkan, barang si A kemudian konfirmasi ke C semoga si C memperlihatkan uangnya ke B. Makara si A bahu-membahu percaya sama si C bukan kepada si B. jadi sentra kontrol segala aktifitas keuangan sepenuhnya ada di tangan si C.

Nah.. kalau teman ingin berbelanja secara online, tokopedia yaitu salah satu kawasan belanja terbaik. alasannya yaitu banyak sekali macam  online shop berkumpul disana mulai dari sepatu online, baju online, kaos online, watu akik online, grosir online, suppliyer online dan lain sebagainya. selain barang nya lengkap harganya pun murah. Dan kerennya lagi teman sanggup ikut menciptakan toko online sendiri di tokopedia caranyapun terbilang super gampang serta prospeknya pun sangat menjanjikan.

Mungkin teman juga ingin membaca :
Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula
Cara Membeli Domain Berkualitas Di Namecheap dengan Paypal

di tokopedia teman sanggup berbelanja online dengan puas dan kondusif dari harga eceran hingga harga grosir. Nah untuk meminimalisir rasa was was ketika melaksanakan transaksi berikut ada beberapa tips penting yang perlu teman ketahui semoga tidak gampang tetipu oleh penjual / pembeli yang berniat jahat.

Tips Penting Sebelum Membeli / Belanja di tokopedia.com 

  1. Daftar ke tokopedia – Sebelum teman melaksanakan transaksi ke tokopedia teman diwajibkan untuk mendaftar ke tokopedia terlebih dahulu. teman sanggup mendaftar dengan cepat teman sanggup mendaftar melalui akun facebook atau Google milik sobat.
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
  2. Cari Barang yang Murah dari yang paling murah : di tokopedia banyak sekali menjual produk yang sama. maka dari itu hendaknya menentukan milih barang yang paling murah namun tetap harus dengan ajaran menentukan barang murah yang masuk di akal. untuk mencari barang yang paling murah dan kualitas sama teman sanggup menggunakan fitur pencarian menurut kategori / harga. dan lokasi. 
      Keterangan gambar di atas yaitu sebagai berikut :

      1. Kololm untuk mencari Kata kunci untuk mencari barang barang Misalkan mencari barang “modem gsm
      2. Lokasi : untuk mencari lokasi yang mungkin lebih bersahabat dengan lokasi teman soalnya semakin bersahabat proses pengiriman akan semakin cepat.
      3. Harga terendah
      4. Harga tertinggi
      5. Filter menurut urutan
      6. Contoh Barang yang dipih

     

  3. Cari Penjual yang selalu Online : Biasakan kalau soba hendak membeli barang cari tahu status online si penjual biasanya penjual yang rajin megececk barang di tokopedia akan terlihat dari status online yang ada di sidebar selebelah kanan. terlihat “terakhir online hari ini” atau mungkin juga “terakhir online sekitar 2 jam yang lalu” semakin pendek jarak waktu akan semakin bagus. ini berarti penjual sering online daripada tidak. 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
  4. Cari Toko Online yang sudah terjual Banyak Item Dan Telusuri : Sebisa mungkin ketika teman ingin membeli barang di tokopedia cari barang yang sudah banyak terjual. semakin banyak akan semakin anggun misal barang terjual 100, 500, 1000 bahkan lebih,  tujuannya yaitu semoga kita sanggup melihat kualitas dari produk tersebut melalui toppers (pengguna tokopedia) yang memperlihatkan review / komentar produk tersebut, teman sanggup melihat komentar nyata dari pembeli produk yang akan teman beli di bab bawah di situ juga terlihat banyak yang memperlihatkan 5 bintang. artinya penjual ini profesional. 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia

     

     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
  5. Hubungi Penjual terlebih dahulu dan cari isu sebanyak banyaknya (track record) Si penjual : Meskipun sudah melihat status penjual  yang terlihat”selalu online” bukan berarti teman tidak menghubungi penjual terlebih dahulu ketika ingin melaksanakan pembayaran. teman sanggup mmenghubungi nya lewat “pesan” di tokopedia. atau kalau penjual mencantumkan nomer HP, PIN BBM teman sanggup mengirim SMS terlebih dahulu kepada nya. silahkan cari tahu lebih detail lagi wacana penjual tersebut di bab “informasi toko“. tujuannnya yaitu semoga barang yang teman pesan sanggup eksklusif segera di proses. Dan jangan lupa mencari isu track recordnya di tokopedia cara tahu lewat profilenya misalkan di bab tab penjualan (transaksi berhasil), apa kata orang-orang yang sudah membeli barang penjual tersebut, cari rating / bintang nya lebih banyak yang 5 bintang atau tidak,  pokokya isu apa saja,  gali lebih dalam dan lebih detail lagi semoga tidak lagi menyesal di kemudian hari. 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia

     

  6. Pastikan ketika mengakses alamat situs tokopedia alamat situsnya yaitu WWW.TOKOPEDIA.COM jangan yang lain bahkan satu aksara pun jangan hingga salah.. ini sangat PENTING alasannya yaitu banyak sekali hacker dengan segala cara mencuri username + password melalui situs palsu yang ibarat tokopedia dengan alamat dan tampilan situs yang ibarat sehingga bagi mereka yang kurang teliti akan gampang terjebak. jadi jangan gampang percaya dengan iming iming apapun yang mengatasnamakan situs tokopedia yang biasanya mereka mengirim lewat email, SMS, sosial media, dan lain sebagainya. teliti dahulu alamat situs yang teman akses. sebelum memasukkan alamat email dan password kesana. 
  7. (PENTING) Jangan mentransfer Uang ke rekening penjual secara langsung– Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa setiap adanya transaksi jual beli di tokopedia itu harus melalui pihak tokopedia terlebih dahulu jadi pastikan bank yang teman transfer yaitu bank milik tokopedia bukan milik  penjual barang di tokopedia.
  8. Dan lain-lain yang mungkin teman temukan sendiri.. hmmm
Setelah teman melaksanakan beberapa tips di atas selanjutnya yaitu bagaimana cara membeli barang di tokopedia. ketika teman hendak tetapkan untuk membeli persiapkan alat pembayarannya disini sanggup berupa ATM, Mobile/ SMS Banking, Internet Banking, atau transfer ke Bank. semua alat pembayaran di atas tentu saja yang paling gampang dan cepat yaitu Mobile/sms banking alasannya yaitu teman sanggup membayar tanpa harus keluar rumah. cukup menggunakan handphone dengan melaksanakan SMS ibarat biasa.

Cara Belanja Barang di  Tokopedia.com 

  1. Disini saya mengambil sampel sebuah halaman penjual tokopedia. Klik “beli”
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia

  2. Akan muncul sebuah pop up. untuk mengisi alamat milik sobat. pastikan alamat yang di tulis disana di tulis dengan benar semoga barang sanggup hingga pada tujuan. 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
      Keterangan :

      1. Jumlah item yang akan di beli
      2. nama sobat
      3. Nama yang akan dikirim / sanggup sbat sendiri sanggup orang lain
      4. Pilih sesuai dengan propinsi, kabupaten, kecamatan.
      5. tulis alamat dengan selengkap lengkapnya.
      6. Pilih jasa pengiriman barang
      7. Pilih paket
      8. Ongkos kirim
      9. total biaya yang secara otomatis muncul sesuai dengan jarak kota dan jumlah item yang teman masukkan
      10. Untuk melanjutkan
      11. Isi keterangan misalkan saja Warna Baju yang Merah. yang kuning dan lain sebagainya. 

     

  3. Dihalaman selanjutnya yaitu menentukan Nama Bank yang teman anggap paling bersahabat atau paling mudah. sebagai pola disini saya menggunakan Transfer ke bank MANDIRI. 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
  4. Scroll ke bawah dan klik “ceck out” 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
  5. Berikutnya yaitu “bayar” 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
  6. Pilih bank mana yang dirasa paling bersahabat dari rumah. kemudian klik “konfirmasi” catat rek bank tersebut dan lakukan transfer ke rek yang ada disana. Jika teman melaksanakan tranfer lewat ATM jangan lupa untuk menyimpan struk ATM sebagai bukti pembayaran. rekening bank tersebut yaitu rek milik tokopedia.com bukan milik penjual yang ada di tokopedia. 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
  7. Setelah teman sudah selesai melaksanakan transfer ke rekening resmi tokopedia, segera lakukan konfirmasi lewat sajian “pembelian” di tab “Konfirmasi pembelian
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia

      

  8. INi yaitu halaman penting alasannya yaitu disinilah teman melaksanakan konfirmasi bahwa teman sudah melaksanakan transfer sesui dengan jumlah yang tertera. halaman ini sebagai bukti bahwa teman sudah melaksanakan tranfer ke pihak tokopedia.com 
     Membeli barang lewat online di internet kini ini sepertiya sudah menjadi animo baik d Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia

      Keterangan Gambar :
      1. Tanggal kapan teman melaksanakan transfer ke tokopedia
      2. Cara Pembayaran apakah lewat ATM, Internet banking, Mobile Banking, atau setoran tunai.
      3. Nama Bank yang teman pergunakan.
      4. Bank yang teman gunakan untuk transfer
      5. Rekening yang teman gunakan untuk transfer
      6. Jakarta
      7. Tujuan bank (milik tokopedia) yang teman transferkan.
      8. Jumlah uang yang di tranfer ke tokopedia
      9. Struk ATM (jika transfer menggunakan ATM)  bisa teman upload.
      10. Keterangan yang mungkin di perlukan
      11. pilih “Ya“.. untuk mengirim konfirmasi

  9. Setelah itu silahkan tunggu barang yang teman pesan. jangan lupa untuk melacak barang yang teman pesan melalui kiriman resi yang biasa akan muncul di bab sajian “pembelian
Terima kasih. semoga sanggup tips cara belanja online di tokopedia memberi manfaat untuk siapa saja, khususnya bagi yang membutuhkan isu ini.