Cara Ganti Warna, Ukuran Dan Jenis Font Di Post Body Blog Melalui Html

Diposting pada

Mengerti dan memahami instruksi HTML di Blogger memang susah susah gampang. Untuk menganti warna teks, ukuran teks dan jenis font pada artikel blog ternyata tidak mudah. Semua template Premium Blogger tidak sama cara mengeditnya. Seperti Template yang aku gunakan ini (Template Kompi Flexible) berbeda dengan Template Evo Magz milik Mas Sugeng.

Disini aku akan coba bagikan cara menganti font, ukuran dan warna teks di artikel blog semoga lebih yummy dilihat. Beberapa template Blogger biasanya memakai warna teks yang cendrung kurang terang (keabu abuan). Sedangkan untuk memudahkan pembaca kita harus sediakan warna teks yang terang semoga kerja mata tidak terasa di paksakan ketika membaca.

Sedangkan ukuran teks akan menghipnotis halaman sebuah artikel menjadi lebih panjang atau terlihat simpel. Jika teks atau goresan pena pada artikel blog anda terlalu besar maka pembaca akan simpel membacanya tetapi artikel tersebut terlihat panjang. Sebaliknya kalau ukuran font anda terlalu kecil pembaca akan kesulitan terlebih lagi yang matanya sudah minus (menggunakan beling mata).

Warna, ukuran dan jenis font yang sempurna pada postingan blog akan menghipnotis pengunjung atau visitor bertahan lebih lama. Dengan begitu kemungkinan besar penghasilan Adsense anda akan bertambah. Gunakan jenis Font Roboto, sans-serif yang yummy dibaca. Lihat lebih dahulu versi desktop dan versi mobile, kalau sudah yummy dilihat jangan lupa klik Save.

Ganti Warna, Ukuran dan Jenis Font di Post Body melalui Fasilitas Blogger


Jika anda memakai template bawaan Blogger sudah niscaya cukup simpel menganti semua tampilan yang ada di blog. Mulai dari Judul Blog, Description Blog, Judul Post, hingga dengan penentuan penentuan warna Link yang ada di artikel tersebut. Berikut ini ialah caranya, cukup simpel dan anda dapat berimajinasi semoga tampilan blog lebih menarik. Sebagai rujukan aku menampilkan Template Evo Magz pada blog racikanbumbu.com.

Masuk ke Daskboard Blogger >> Tema >> Sesuaikan >> Silahkan anda pilih Lanjutkan (menu paling bawah) menyerupai gambar di bawah ini. Silahkan anda ganti sesuai keingginan alasannya ialah sajian warna, jenis dan ukuran teks sudah di sediakan. Dengan cara ini maka anda tidak perlu masuk ke HTML dan pusing menyusun kode.

Ganti Warna, Ukuran dan Jenis Font di Post Body melalui Edit HTML


Tutorial ini dapat anda gunakan kalau Desainer Tema Blogger tidak tampil baik Tema, Latar Belakang, Tata Letak dan Lanjutan. Ini terjadi kalau anda memakai Template Premium Kompi Ajaib milik kang Adhy Suryadi. Jika hal ini terjadi maka untuk melaksanakan pengeditan tampilan blog harus melalui Kode HTML dan ini membutuhkan skill khusus.

Untuk menganti ukuran font, warna dan jenis font di artikel blog melalui edit HTML maka teman dapat ikuti cara aku ini. Cara ini sudah aku praktekkan di blog lagikepo.com dimana warna dan ukuran teks ketika ini sudah berubah. Blog lagikepo.com memakai template Kompi Flexible jadi kalau anda memakai template ini silahkan ikuti.

Masuk ke daskboard Blogger >> Tema >> Edit HTML >> maka akan tampil menyerupai gambar di bawah ini. Klik Cntrl + F maka akan tampil kolom pencarian di pojok kanan atas, silahkan ketik post-body dan pencet Enter. Lihat tanda panah pada gambar, itulah Jenis Font, Ukuran Font dan Warna Teks.

Jenis Font terbaik yang banyak dipakai banyak Blog : Arial, Times New Roman, Tahoma, Verdana, Georgia, Helvetica, Courier New, Palatino Linotype dan Trebuchet MS. Untuk mendapat instruksi Warna anda dapat lihat di HTML Color Picker. Pilih warna yang anda suka maka akan tampil instruksi di samping kanan bawah dan itulah instruksi warna yang dapat anda gunakan.

Bagaimana cukup simpel bukan mendesain tampilan blog lebih menarik. Dengan menyesuaikan ukuran, jenis dan warna font artikel Blog yang sempurna maka pengunjung akan semakin suka. Jika masih ada yang belum terang silahkan teman sampaikan melalui kolom komentar. Dengan bahagia hati aku akan menjawab, sekian dan terimakasih.