Cara Gampang Menciptakan Qr Code Dengan Google Sheets

Pernah melihat QR Code seperti gambar diatas? Tentu pernah dong, contohnya yang suka dengan BBM atau Kode ini juga sering kita jumpai pada aplikasi tertentu atau pada suku cadang kendaraan, bahkan kini lebih luas lagi sering dipakai untuk logo-logo perusahaan, untuk menciptakan link tertentu dan sebagaikan. Menurut https://id.wikipedia.org “Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code ialah bentuk evolusi arahan batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan arahan QR telah sungguh biasa di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada arahan batang sehingga bisa mengkodekan isu dalam bahasa Jepang sebab mampu menampung karakter kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah dipakai secara luas melalui ponsel di Jepang”

Untuk membuat lebih mudah sahabat tekno-g juga menyediakan link untuk eksklusif melihat file Google Sheets yang telah ada formula untuk membuat qr code dan juga video cara membuatnya di bagian bawah artikel ini.

Kode QR didapatkan di Jepang dalam sebuah observasi yang di pimpin oleh Masahiro Hara, dimana sebelumnya kita mengenal barcode batang yang satu dimensi lalu dikembangkan menjadi Barcode dua dimensi yaitu QR Code.
Nah sekarang mari kita coba langsung ke teknis menjadikannya di google sheets. Sahabat niscaya dong telah tahu apa itu Google Sheets. Google sheets ialah aplikasi pembuatan data yang dimiliki oleh google yang sangat mirip dengan Microsoft Excel, namun Google sheets harus di akses melalui internet dan penggunanya harus sudah memiliki Google Account atau email google. Untuk mengaksesnya sobat tinggal mengaktifkan Aplikasi Drive Google.
Tahap Membuat QR Code dengan Google Sheets :

  1. Aktifkan Google Sheets dari Google Drive
  2. Buatlah Tabel sesuai keperluan, tekno-g menciptakan seperti ini, Kolom No, Data dan Barcode QR / Code QR, pola di Kolom Data masukkan Link, Teks atau angka, atau kombinasi seluruhnya.
  3. Pada Kolom C (Barcode QR/Code QR), isikan formula yang membaca data yang dibuat di kolom B (Data), lihat gambar..
  4. Untuk Lebih Jelas Perbesar Gambar
Mudah bukan??? Jadi sesuaikan saja dengan keperluan sobat, contohnya menciptakan link yang pribadi menuju ke situs web kita, membuat klarifikasi singkat produk kita, menciptakan kata-kata belakang layar. Semua bisa dibaca oleh perangkat yang memiliki kemampuan menscan QR Code, beruntungnya kita pada periode ini, hampir semua ponsel pintar sudah bisa membaca kode QR dengan aplikasi kamera pembaca aba-aba tersebut.

Trik Mengatasi Error Jika ada spasi di Data yang akan dibentuk QR Code

Pada Formula sobat tinggal tambahkan formula =REGEXREPLACE() pada rumus atau formula diatas, caranya bisa lihat gambar berikut :

Klik Gambar atau Buka di Desktop untuk Melihat Lebih Besar

Download File Membuat QR Code Dengan Google Sheets
Untuk membuat lebih mudah sahabat kami sudah menawarkan link untuk mendownload file atau mengembangkan file Barcode QR nya, silahkan ikuti tautan berikut :

Untuk lebih rinci ayo kita lihat video berikut ini :

Terima kasih sudah berkunjung ke blog tekno-g ini, Jika teman menemukan hal yang salah dalam artikel ini silahkan komentar yang membangun untuk perbaikan, kami akan berusaha mencari penyelesaian secepatnya mungkin. Apabila merasa berguna yang besar silahkan like and share. Terima kasih