banner 728x250

Cara Gampang Menciptakan Link Whatsapp Langsung Chat Di Website

  • Share
banner 468x60

Sudah banyak website yang memasang link whatsapp biar memudahkan pengunjung web untuk chat dengan pemilik website tersebut. Tujuannya yaitu memudahkan pengunjung untuk menghubungi pemilik website tanpa mesti mengetik nomor HP pemilik website ke aplikasi whatsapp, cukup cuma meng klik link, langsung menimbulkan whatsapp dan menuju nomor pemilik situs web dengan kalimat atau teks yang telah ditentukan.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut :
Gambar 1 : Link Whatsapp Dengan Image
Gambar 2 : Link Otomatis Memunculkan Whatsapp
Nah dari gambar diatas, pada gambar 1, sebuah link di pasang pada gambar/logo whatsapp. Lalu link tersebut di klik, kemudian menunggu sebentar, maka pada gambar 2, sistem smartphone akan mencari aplikasi whatsapp dan langsung mendeteksi nomor yang telah di siapkan pada link tersebut, dengan teks yang sudah disisipkan di dalam link, sehingga pengunjung tinggal menekan tombol > (send/kirim) yang ada di whatsapp, maka pesan / chat pertama akan secepatnya di mulai.
Lalu bagaimana cara menjadikannya :

1. Link yang digunakan

banner 336x280
Link yang digunakan yakni selaku berikut :
https://api.whatsapp.com/send?phone=628127577440&text=Halo%20Admin,%20Saya%20mau%20daftar%20jadi%20agenpos%20mohon%20petunjuk%20lebih%20lanjut.....
mari kita jelaskan sedikit :
https://api.whatsapp.com/send?phone=628127577440&text=Halo%20Admin,%20Saya%20mau%20daftar%20jadi%20agenpos%20mohon%20petunjuk%20lebih%20lanjut…..

Tulisan warna hijau dan digaris bawah mampu sahabat tukar dengan keperluan teman sendiri, phone adalah nomor handphone yang telah terdaftar (register) di whastapp dan text adalah kalimat yang akan disampaikan kepada nomor yang dituju tadi. Sedangkan %20 (persen dan 20) ialah character spasi.

2. Cara memasang link

Lalu bagaimana cara memasang link tersebut di website pribadi baik dengan menggunakan html atau php, atas sekedar men sharenya di media umum tanpa mesti memakai suatu website???  berikut trik nya 

a. Memasang di situs web

asumsinya sobat sudah memahami html atau php ya… berikut scriptnya :

Baca juga:  Keunggulan Atau Perbedaan Telegram Dibandingkan Whatsapp
Script (Klik utk Memperbesar)

Lalu ini hasilnya :

Ujicoba di Localhost

b. Memakai penyingkat/pemendek link

Gunakan salah satu diantaranya : https://bitly.com/, https://goo.gl/,  dan yang lain, perhatikan contohnya saya coba dengan goo.gl ialah penyingkat url yang dimiliki google maka risikonya ialah :

Klik link diatas memakai Smartphone anda untuk menyaksikan kesannya.
Setelah mendapatkan link tersebut, tinggal copy paste di sosial media seperti facebook, line, twitter nanti saat sobat atau orang lain meng klik link tersebut maka beliau pribadi terhubung ke kita dengan menggunakan whatsapp tanpa mesti mengetik nomor

c. Memasang di Link di Website Blogger atau WordPress

Di Blogger silahkan susukan Menu Layout, lalu tambahkan gadget atau script pada posisi yang diinginkan, pilih HTML/Javascript, copy dan pastekan kode berikut ke gadget dan simpan, tentukan telah mengganti nomor hp dan pesan yang diinginkan.

Penutup

Sangat gampang membuat link whatsapp pribadi chat di website, bahkan tanpa situs web pun mampu kita kerjakan, ini adalah kemudahan api (application programming interface) yang disedikan oleh whatsapp, sehingga memperlihatkan alternatif bagi kita untuk memudahkan audiens berinteraksi memakai whastapp. Semoga menunjukkan faedah, jangan lupa komentar dan sharing ya… 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share