banner 728x250

Cara Enable Macro Ms. Excel Dan Ms. Word 2010, 2013, 2016

  • Share
banner 468x60

Cara enable/ mengaktifkan fitur macro pada Ms. Excel dan Ms. Word 2010 atau 2013 lokasi pengaktifanya sama saja pusatnya ada pada pengaturan Trust Center Settings – Macro Settings. Kenapa fitur macro ini perlu diaktifkan? Perlu dimengerti bahwa Excel, Word, Power Point bisa menjad power full, bisa menjadi suatu aplikasi yang mutakhir yang bisa menolong menuntaskan dilema kita, mampu Anda pakai untuk mengotomatisasi peran yang berulang, dan bisa dilakukan saat Anda mesti mengerjakan tugas tersebut, oleh tangan programer handal mampu menjadi aplikasi pendamping yang mampu terhubung dengan database situs web yang dengan sekali klik mampu tersinkronisasi sehingga bisa memperlihatkan dalam tabel yang telah disiapkan di Ms. Excel, anda bisa melihat tampilan gambar di bawah ini, gambar satu situs web UBK Online, gambar kedua laporan hasil yang ditampilkan di file Excel:

 
Gambar satu: ubk online


banner 336x280
 
Gambar dua: laporan hasil yang ditampilkan di file Excel



Apakah makro itu, siapa yang menjadikannya, dan apa risiko keamanannya?

Makro mengotomatisasi tugas yang sering digunakan untuk meminimalkan waktu pemfokusan tombol dan tindakan mouse. Banyak hal yang dibentuk dengan menggunakan Visual Basic for Applications (VBA) dan ditulis oleh pengembang perangkat lunak. Namun, beberapa makro bisa menjadikan kesempatanrisiko keselamatan. Orang dengan niat jahat, yang juga diketahui sebagai hacker, mampu memperkenalkan makro perusak dalam file yang bisa membuatkan virus pada komputer Anda atau ke dalam jaringan organisasi Anda. (sumber: support.office.com)

Mengaktifkan/ Enable Makro cara pertama:
Ketika Anda membuka file yang mempunyai makro, akan muncul pesan berwarna kuning dengan ikon perisai dan tombol Aktifkan Konten/ Enable Content. Jika Anda mengetahui satu atau beberapa makro berasal dari sumber tepercaya, anda bisa mengklik tombol tersebut, sehingga fitur makro pada file yang anda buka akan aktif, dan fitur canggih yang telah ditanamkan didalam file tersebut mampu berjalan:

Cara mengaktifkan/ Enable Macros yang kedua adalah melalui Trust Center Settings – Macro Settings:
1. Buka program Ms. Excel/ Ms. Word
2. Klik hidangan File – Options

3. Klik pada hidangan Trust Center – Trust Center Settings amati gambar dibawah ini:

 4. Akan terbuka jendela Trust Center, dan di jendela ini anda akan menyaksikan hidangan Macro Settings, silahkan anda klik pada Enable all macros (not recomended; potentially dangerous code can run), saat fitur macro diaktifkan, oleh microsoft sudah diingatkan bahwa pengaktifan macro ini sebetulnya memiliki potensi tidak baik atau bahkan berbahaya alasannya program-program jahat yang memakai arahan program ini mampu langsung berjalan dan menginfeksi komputer kita, jadi kita mesti mampu waspada, atau mungkin anda mampu aktifkan kalau memang sedang dibutuhkan saja, tetapi kalau sedang tidak dibutuhkan mampu dinonaktifkan atau disable macro ini.

Demikian Cara Enable Macro Ms. Excel dan Ms. Word 2010, 2013, agar berfaedah.

banner 336x280
Baca juga:  Sah! Ujian Nasional (Un) Dihapus Tahun 2021, 2020 Un Terakhir
banner 120x600
  • Share