Cara Daftar Dan Syarat Bergabung Jadi Anggota Umkm Di Depok

Anda sudah memiliki usaha dan ingin bergabung menjadi anggota UKM di kota Depok? Tentunya yang muncul menjadi pertanyaan ialah bagaimana cara atau langkahnya untuk menjadi anggota organisasi/komunitas UMKM yang ada di kota Depok? Mesti tiba ke mana dan menelepon siapa?

Tips Cara Bagaimana Mendapatkan Pelatihan Dan Bimbingan Usaha Dari Pemerintah.

2. Memiliki produk sendiri

Untuk bergabung menjadi anggota organisasi UMKM di Depok bisa dari sektor buatan kuliner, craft ataupun fashion asalkan produk tersebut yaitu produk hasil buatan dari pelaku UKM itu sendiri dan pelaku UKM bukan menjual produk milik orang lain atau merek lain (produk pelaku usaha UKM bukanlah produk reseller).

Apa tolok ukur lainnya?

Persyaratan di atas adalah patokan umum. Biasanya calon anggota juga diminta untuk mengisi formulir dan melengkapinya dengan fotokopi KTP atau foto KTP dan juga foto produk.

Apakah ada iuran bulanan atau uang registrasi?

Mengenai ongkos, kembali tergantung kepada kebijakan/peraturan masing-masing organisasi UMKM karena tiap organisasi UMKM yang ada di kota Depok tersebut pastinya memiliki peraturan yang berbeda.

Apakah ada manfaatnya jikalau bergabung menjadi anggota UMKM?

Tentunya dengan bergabung menjadi anggota organisasi UMKM Anda akan menerima aneka macam faedah. Detail faedah apa yang diperoleh mampu Anda simak pada postingan saya yang berjudul Apa Manfaat Dan Keuntungannya Jika Bergabung Dengan Komunitas UMKM

Apakah bergabung dengan organisasi UMKM akan mendapatkan dana derma dari pemerintah?

Untuk menerima bantuan dana UMKM dari pemerintah saya ulas dalam artikel yang berjudul Cara Dapat Bantuan Uang Modal Dana Usaha Rp 2,4 Juta Untuk UKM Dari Pemerintah

Di mana daerah mendaftar untuk bergabung menjadi anggota UKM di Depok?

Di Depok ada 11 kecamatan ialah
  1. Kecamatan Beji
    (Nama organisasi UMKMnya ialah UBM yang merupakan kependekan dari Usaha Beji Mandiri)
  2. Kecamatan Bojongsari
    (Nama organisasi UMKMnya yaitu BOSAMA yang merupakan abreviasi dari Bojongsari Maju Bersama)
  3. Kecamatan Cilodong
  4. Kecamatan Cimanggis
  5. Kecamatan Cinere
  6. Kecamatan Cipayung
  7. Kecamatan Limo
  8. Kecamatan Pancoran Mas
    (Nama organisasi UMKMnya ialah MAPAN yang ialah akronim dari Mandiri Pancoran Mas)
  9. Kecamatan Sawangan
    (Nama organisasi UMKMnya ialah SASUMA yang ialah singkatan dari Sawangan Sukses Bersama)
  10. Kecamatan Sukmajaya
  11. Kecamatan Tapos

Tiap-tiap kecamatan di atas memiliki organisasi UMKMnya sendiri dan organisasi UMKM tersebut resmi dimengerti dan juga dibuat oleh pihak kecamatan.

Untuk mendaftar ke organisasi UMKM tersebut, Anda dapat datang ke kelurahan sesuai dengan KTP Anda. Setibanya di kelurahan Anda mampu menemui bagian Seksi Ekonomi Dan Pembangunan (Ekbang) dan menanyakan nomer contact person pengurus organisasi UKM setempat alasannya adalah dengan divisi inilah organisasi UKM bekerjasama dengan pihak kelurahan.
Sebagai catatan, untuk dikala ini di Depok ada organisasi UMKM yang solid dari tingkat kecamatan hingga tiap-tiap kelurahan yang ada di kecamatan tersebut di mana organisasi UMKM kecamatan itu membuat grup WhatsApp untuk seluruh anggota UMKM dari tingkat kecamatan sampai kelurahan sedangkan untuk di tiap wilayah kelurahan dibuat lagi grup WhatsApp lagi khusus untuk member perkelurahan menurut KTP para membernya. Di tiap grup WhatsApp kelurahan tersebut diketuai oleh koordinator kelurahan yang juga ialah pengurus di UMKM kecamatan. Tujuan dibentuk grup perkelurahan tersebut adalah untuk mempermudah koordinasi jikalau ada gosip dan pelatihan dari kelurahan karena pembinaan ketika ini lebih banyak diadakan oleh tingkat kelurahan. Di dalam grup WhatsApp tersebut juga ada pihak dari kelurahan baik lurah dan juga ekbangnya.
Namun di Depok ada juga organisasi UMKM yang ketika ini masih bangun sendiri di tingkat kelurahan dan belum menyatu dengan UMKM kelurahan lainnya di daerah kecamatan yang sama dan belum terkoneksi dengan organisasi UMKM yang ada di tingkat kecamatan.
Untuk lebih jelasnya apakah organisasi UMKM yang mau anda tuju sudah terkoneksi antar kelurahan dan semuanya sudah tergabung di UMKM kecamatan atau belum nanti Anda dapat menanyakannya terhadap Ekbang kelurahan Anda berada.
Seluruh organisasi UMKM kecamatan di atas bergabung dalam perkumpulan umkm di Depok yang bernama Asosiasi UMKM Depok.