banner 728x250

Cara Agar Smartphone Tak Lemot dan Memori Tidak Penuh – LAGIKEPO

  • Share
Cara Agar Smartphone Tak Lemot dan Memori  Tidak Penuh
banner 468x60



LAGIKEPO |

Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak orang saat ini yang menggunakan smartphone cukup sering dalam satu hari untuk kegiatan pribadi maupun pekerjaan. Namun jadi tidak enak saat HP tiba-tiba jadi lelet.

banner 336x280

Salah satu masalahnya memori ponsel yang hampir penuh. Salah satu caranya memang harus menghapus baik file dari foto, video atau audio hingga aplikasi yang ada dalam HP.

Namun untuk membuat memori sedikit lega sebenarnya bisa dengan menghapus cache. Cara ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki aplikasi yang bermasalah.

Sebagai informasi saat menggunakan aplikasi, di saat bersamaan juga akan disimpan file yang menjadi referensi nantinya. File tersebut yang disimpan dalam chache.

Laman Android Central mencontohkan saat menggunakan web browser, maka akan disimpan gambar yang dilihat jadi mereka tidak perlu mengunduh setiap kali aplikasi membutuhkannya. Cache akan menghemat waktu dan data pengguna ponsel.

Untuk menghapusnya, berikut caranya dikutip dari Android Central, Jumat (13/8/2021).

1. Buka pengaturan ponsel.
2.Lalu klik Storage dan menuju ke laman pengaturan. Jika ponsel menjalankan Android Oreo atau yang lebih lama maka bisa memmbukka laman pengaturan App Manager.
3.Klik Other Apps untuk melihat daftar aplikasi yang dipasang dalam ponsel.
4.Temukan aplikasi yang ingin cache dihapus dan tekan daftarnya.
5.Klik tombol Clear cache.

Saat nanti menggunakan aplikasi itu, maka akan mengunduh semua yang dibutuhkan dari internet seperti pertama kali menggunakan. Selain itu perlu diingat menghapus data cache tidak akan menghapus data lain sepet login atau game yang disimpan.

Ini sering memperbaiki berbagai hal, termasuk saat aplikasi menarik konten dari website yang selalu berubah dan menambah konten baru. Jika ingin menghapus storage secara sepnhnya bisa mengulangi cara tadi dan pilih Clear storage pada tahapan terakhir.

Baca juga:  NASA Coba Prediksi Waktu Asteroid Bennu Hantam Bumi - LAGIKEPO

Namun cara itu akan menghapus seluruh data di aplikasi. Termasuk user name dan password serta progress dalam game.

Sebagai catatan juga, setiap ponsel Android mungkin punya penampilan berbeda. Namun pada dasarnya semua sama dan panduan ini akan berfungsi pada ponsel Anda.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)



2021-08-13 11:35:00

Source link

banner 336x280
banner 120x600
  • Share