Bumi Perkemahan Cenderawasih Kwarda Papua

Diposting pada

Bumi  Perkemahan Cenderawasih  Gerakan Pramuka Kwarda Papua, diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke 2  Bapak Soeharto  bertepatan dengan  pelaksanaan Munas Gerakan Pramuka tanggal 2 November tahun 1993. Letak tempat Bumi Perkemahan Cenderawasih Jayapura , Papua secara administratif berada di distrik Hedam kabupaten Jayapura.

Luas wilayah bumi perkemahan  660 Ha,  merupakan tempat perbukitan dengan panorama yang sangat indah.  Potensi karakteristik yang berupa keindahan alamiah tersebut menimbulkan bumi perkemahan Cenderawasih memiliki  daya tarik untuk dikunjungi. Kini keberadaannya selain sebagai tempat acara kepramukaan juga menjadi  tempat tujuan rekreasi dan olahraga,  tempat pelatihan  dan pembinaan  kader organisasi kepemudaan dan  juga tempat pembinaan aneka macam instansi  pemerintah maupun swasta.

Untuk mencapai tempat Bumi Perkemahan Cenderawasih sanggup melalui jalur darat dengan kondisi dan kualitas jalan yang memadai.  Jarak bumi perkemahan  dari sentra kota Waena kurang lebih 2,5 Km,  sanggup ditempuh  dengan angkutan umum. Jalan menuju bumi perkemahan beraspal mulus, berkelok dan menanjak sehingga kota Abepura dan Danau Sentani tampak indah di kejauhan pandangan mata. Wilayah Bumi perkemahan Cenderawasih berada diantara sentra kota Abepura dan kota Sentani. Dengan letaknya yang sangat strategis tersebut maka pengunjung yang tiba umumnya berasal dari penduduk sekitar wilayah kabupaten Jayapura dan kabupaten Kerrom.

Bumi perkemahan Cenderawasih dilengkapi dengan aneka macam sarana rekrasi menyerupai bak pemancingan, stadion mini dan sarana olah raga, sarana acara event out door, sarana  lintas alam dan juga sarana olahraga otomotif menyerupai road race dan lintasan motocross.

Pada tanggal 8 – 15 Oktober 2019  di Bumi Perkemahan Cenderawasih diselenggarakan Raimuna Nasional X yang diikuti oleh Para Pramuka Penegak Pandega dari seluruh Indonesia dan beberapa kontingen tamu dari luar negeri.

Lihat Entri/Topik Terkait :
Kwarda Papua, Raimuna, Bumi Perkemahan.

Sumber :
Dokumen Pengembangan Buper Cendrawasih Papua –  Kwarda Papua & Kwarnas Gerakan Pramuka 2019

 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke  Bumi Perkemahan Cenderawasih Kwarda Papua Print this page