Budi Utomo

Diposting pada

Budi Utomo yaitu sebuah organisasi perjaka yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA  lainnya seperti  Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908. Pendirian Budi Utomo didasarkan pada gagasan  Dr. Wahidin Sudirohusodo yang dikala ini dikenal sebagai Pahlawan Nasionao. Budi Utomo merupakan organisasi  bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik.

Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada dikala itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa. Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Pada tahun 1912  Budi Utomo mendirikan  Nationale Padvinderij  (Kepanduan Nasional) yang dipimpin oleh Daslam Adi Warsito. Melalui pendirian Gerakan Kepanduan Budi Utomo bercita-cita untuk mendidik generasi muda menjadi tunas-tunas bangsa yang berkepribadian untuk membangun masa depan bangsa sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Budi Utomo yaitu sebuah organisasi perjaka yang didirikan oleh Dr Budi Utomo Print this page