Berkemah : Pasak Tenda, Jenis & Pemakaiannya

Diposting pada

Fungsi Pasak

Pasak (pin/peg) sangat pentng untuk mendirikan tenda dalam sebuah perkemahan. Memang adakalnya kita sanggup memakai pohon atau benda-benda lain (batu, banguan, dll) untuk kepeluan mengikatkan tali tenda. Pasak merupakan peralatan utama dalam mendirikan tenda, oleh alasannya yaitu itu harus sudah tersedia sebelumnya biar tenda sanggup didirikan dengan cepat. Pramuka yang andal sanggup mendirikan tenda dengan dua orang dalam wakru kurang lebih  5 menit.
Bahan & Bentuk Pasak
Bahan dan bentuk pasak sanggup bermacam-macam, pekemah sanggup menciptakan sendiri sesuai pilihannya. panjang pasak biasanya 25 cm. Bahan besi berpengaruh tetapi berat, materi bambu/kayu ringan tetapi gampang rusak (aaat menancapkan dipukul-pukul palu); materi yang baik dari alumunium atau besi beton .
 
 
Memelihara Pasak
Memelihara pasak bagi mereka yang tidak teliti akan terasa repot, lantaran harus membersihkan tanah yang menempel dan malas menghitung. Akibatnya pasak penuh karat dan setiap habis digunakan  jumlahnya berkurang – lantaran sangat mungkin ada yang hilang. Pasak biar kondusif dan terawat dengan baik sehabis digunakan perlu dimasukan ke dalam kantung pasak, tentu saja sesudah dibersihkan dan dihitung jumlahnya. Agar tidak gampang hilang penyimpanan kantong pasak harus dipisahkan dengan penyimpanan tenda.

Cara Menancapkan Pasak
Menancapkan pasak sebelum diikatkan harus dalam posisi miring 45° ke belakang dari arah tali tiba dan bukan tegak. Karena posisi pasak yang tegak tidak mempunyai kekuatan, gampang tertarik tali dan gampang lepas,

Bila angin terlalu kencang bertiup, pasak-pasak yang kedudukannya,lemah perlu diperkuat dengan pasak lain, biar tenda tidak terbongkar lantaran pasak-pasaknya terlepas.

Mengikat tali pada pasak

  • Cara mengikat tali pada pasak harus dikuasai setiap pekemah. Biasanya digunakan simpul/tali pangkal, lantaran simpul itu tidak gampang terurai atau melorot. Tali tenda harus senantiasa kencang biar tenda bangun teguh.
  • Untuk memudahkan mengencangkan tali tanpa membuka simpul atau memindahkan pasak, pekemah sanggup menciptakan sendiri alat pengencang tali dari kayu, dengan syarat tali tenda yang digunakan tidak licin. Kayu persegi berlubang dua yaitu alat simpel yang selalu dapat  mengencangkan tali, hanya dengan cara menaikkannya ke arah atas.

Selamat berkemah.

Sumber :
Buku Petunjuk Mudah Berkemah, Idik Sulaeman, Penerbit Grameda Jakarta, 1983
Buku Pedoman Kepramukaan, Kwarnas Gerakan Pramuka, Penerbit Kedai Pramuka Kwarnas, 1980