Belajar Cara Membaca Al-Quran Menyerupai Hafiz Indonesia Terbaru! – Pramuka Muslim

Diposting pada
Pict By Rudisign.deviantart.com | Edit By M. Rizki Riswandi


LagiKepo – Membaca Al-Quran ialah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Muslim, alasannya pada hari simpulan nanti Al-Quran lah yang akan menyelamatkan kita dari panas teriknya matahari yang hanya berada sejengkal dari atas kepala kita, Al-Quran juga yang akan mengangkat derajat kita di dunia dan alam abadi bila kita membacanya, serta masih banyak lagi manfaat – manfaat yang sanggup kita dapatkan dari membaca Al-Quran.
Nah, membaca Al-Quran itu sendiri akan lebih menyenangkan apabila kita lakukan dengan hati tulus dan penuh rasa kegembiraan, bukan merupakan paksaan dari orang lain atau alasannya sesuatu, akan tetapi lillahi ta’ala. Membaca Al-Quran dengan baik dan benar juga merupakan suatu kewajiban bagi kita umat muslim semoga arti dan maknanya tidak salah.
Jika kita sudah berguru membaca Al-Quran dengan tajwid yang baik dan benar, barulah kita sanggup membacanya dengan berirama, jangan kita sanggup membaca Alquran dengan berirama tapi tajwidnya salah, kan sangat disayangkan. Maka dari itu utamakan terlebih dahulu untuk mempelajari tajwid dengan baik dan benar.
Nah untuk postingan kali ini, iky akan membagikan sebuah tutorial membaca Al-Quran dengan berirama menyerupai hafiz-hafiz Indonesia yang ada di Tv. Tutorial ini dibentuk oleh Ustadz Kris, baiklah eksklusif saja kita simak dengan seksama bagaimana tutorialnya! Agar lebih terang sahabat semua sanggup lihat video tutorial berikut ini, atau sanggup juga dengan mengikuti klarifikasi yang ada di bawah. (Saya sarankan untuk melihat videonya semoga lebih terang dan gampang untuk memahaminya.)



RUMUS IRAMA BAYATI – Irama yang dipakai untuk berguru langgam bayati ini ditentukan oleh Ustadz kris sebagai berikut :
1.    Nada yang pertama naik
2.    Nada yang kedua datar
3.    Nada yang ketiga turun
Untuk Surah yang panjang, rumus iramanya ialah naik-datar-turun, tidak perlu berurutan dan boleh dibolak-balik sesuai dengan impian sobat.
Hal yang harus diperhatikan adalah, apakah sebuah ayat perlu untuk dibagi 2, 3, atau lebih atau eksklusif habis satu nafas.
Irama naik-datar-turun ditentukan menurut panjang nafas sahabat dan daerah berhenti.
Kita ambil tumpuan surah Al An’am (Dari ayat yang pertama), tidak perlu full naik alasannya panjang irama yang direkomendasikan oleh ustadz kris ialah kombinasi NAIK + DATAR.
Nah Bagaimana kalau ayat panjang memakai irama naik? Alternatifnya ialah dengan cara dua kali putaran kombinasi Naik + Naik.

Ingat yang harus dihindari ialah sebisa mungkin jangan pakai satu irama untuk ayat yang panjang, alasannya akan membuat nada yang monoton.
Nah, ayat pertama surah Al-An’am dibagi menjadi 2 sempurna pada waqof cuilan pertama NAIK – DATAR, kemudia cuilan yang kedua turun.
Tips selanjutnya adalah, ayat pertama surah Al-An’am totalnya memakai irama (NAIK + DATAR) + TURUN, naik dan datarnya digabung.
Bagaiman kalau nafas pembaca pendek? Alternatifnya ialah dengan cara, satu ayat dipotong menjadi 3 irama masing-masing NAIK-DATAR-TURUN. Bagi sahabat yang nafasnya berpengaruh sanggup membaca satu ayat dengan sekali tarik nafas.
Bagi sahabat yang sudah terbiasa dengan irama tersebut niscaya tidak akan memikirkan lagi dimana akan naik dan turunnya, pastilah akan lebih fokus dengan tajwid sehingga iramanya pun ikut terbawa.
(Saran Dari iky semoga sahabat melihat video tutorial yang ada diatas alasannya lebih terang dan gampang untuk memahaminya).
Cukup sekian dan terimakasih, jangan lupa untuk share artikel tutorial ini ya! Semoga Berkah, Aamiin. Wassalamu’alaikum!