Beberapa Teladan Puisi Pendek Karya Sastrawan Besar Indonesia

Diposting pada
Berikut disajikan contoh-contoh puisi karya penyair dan sastrawan populer Indonesia. Penyair-penyair tersebut yaitu pencetus dan tokoh di angkatannya masing-masing.
Sebuah puisi yaitu karya sastra yang singkat dan padat. Singkat dan padat berarti pendek tapi berisi. Bukan sekadar singkat, dalam setiap baris atau larik puisi yang pendek, terdapat makna yang sangat dalam dan panjang.

Meskipun sebuah puisi hanya terdiri dari beberapa baris yang singkat dan tidak panjang, tetapi kedalaman maknanya bisa diuraikan dengan sangat panjang lebar. Pendeknya sebuah puisi, menawarkan kepiawaian penyair atau penulisnya yang bisa menggambarkan puisi hanya dengan beberapa kata.
Bukan berarti puisi yang tidak pendek justru puisi yang bertele-tele. Ada kalaya puisi penyair justru sangat panjang tetapi untuk menggambarkan kelengkapan pikiran. Misalnya puisi-puisi WS Rendra yang memang tidak pernah (mungkin) menulis puisi dengan syair yang pendek.
Lain halnya dengan puis Sitor Situmorang, Puisi Chairil Anwar, dan Puisi Sapardi Djoko Damono
Puisi Pendek Karya Sitor Situmorang
Malam Lebaran
Bulan di atas kuburan
Menurut saya, puisi Karya Sitor Situmorang yang berjudul Malam Idulfitri di atas yaitu puisi paling pendek yang lengkap. Ada beberapa puisi yang pendek, tetapi termasuk puisi kontemporer yang bahkan tidak memakai kata.
Puisi Pendek Karya Sapardi Djoko Damono
Aku Ingin
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu
kepada api yang menjadikannya abu.
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan arahan yang tak sempat disampaikan awan
kepada hujan yang menjadikannya tiada.
Puisi di atas terdiri dari dua bait yang masing-masing bait hanya terdiri dari tiga baris. Maka puisi di atas termasuk pada puisi pendek.
Puisi pendek Karya Chairil Anwar
Selamat Tinggal
Aku bekaca
Ini muka penuh luka
Siapa punya
Kudengar seru menderu
Dalam hatiku
Apa hanya angin lalu
Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta
Ah
Segala menebal, segala mengental
Segala tak kukenal
Selamat tinggal
Puisi di atas juga termasuk puisi yang pendek. Seperti ciri khasnya, Puisi Chairil Anwar selalu pendek-pendek. Tidak ada yang lebih dari dua halaman jikalau dituliskan dalam buku kumpulan puisi. Dalam puisi-puisinya yang pendek, Chairil bisa menumbuhkan semangat di zamannya.

Sekian contoh-contoh puisi pendek dari para sastrawan besar Indonesia. Mari buat puisi pendek kita sendiri.